OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Bau Bau

Bau Bau merupakan salah satu kota yang berada di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Di sini, kamu bakal banyak menemukan lokasi wisata, terutama wisata alam. Apa saja wisata yang terdapat di Bau Bau? Kamu bisa langsung simak beberapa tempat wisatanya berikut ini.

Pantai Nirwana

Sumber: Instagram @anggawawan

Di pantai ini, kamu bakal menemukan keindahan pantai yang tiada duanya. Pasalnya, kamu akan disuguhkan dengan gradasi 3 warna laut, yaitu putih, biru tua, dan biru muda. Selain itu, pasir yang berada di pantai ini juga putih dan lembut. Cocok untuk kamu yang memang ingin bersantai melupakan segala masalah yang ada. Kamu juga bisa memancing, berenang, sampai menyelam di pantai ini. Pemandangan sunset dan sunrise di pantai ini juga jadi momen yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Lakeba

Sumber: Instagram @taufiktemu_

Pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi selain Pantai Nirwana adalah Pantai Lakeba, dengan keindahan yang tak kalah dengan Pantai Nirwana. Pasirnya yang putih dan lembut, air laut jernih, serta ombak yang tenang bakal membuat kamu betah berlama-lama santai di pantai ini. Kamu juga bisa menikmati makanan di restoran sambil ditemani live music. Cocok untuk makan malam bersama pasangan kamu.

Pantai Kolagana

Sumber: Instagram @wonderful_butonisland

Pantai berikutnya yang ada di Bau Bau adalah Pantai Kolagana. Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai ini lebih menawarkan keindahan bawah lautnya, sehingga cocok buat kamu yang suka snorkeling atau diving. Kamu bakal dibuat takjub oleh deretan terumbu karang bawah lautnya yang mempesona, dan tak akan terlupakan sepanjang hidup kamu.

Benteng Keraton Buton

Sumber: Instagram @laode_muhamad_hedin
Sumber: Instagram @xaverius_endro

Selain wisata pantai, kamu juga bisa berwisata sejarah di Bau Bau dengan mengunjungi Benteng Keraton Buton. Yang unik dari benteng ini adalah seluruh bentengnya dibuat dari batu kapur. Bahkan, saking luasnya, benteng ini pernah mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai Benteng Terluas di Dunia pada tahun 2006. Selain belajar sejarah, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Bau Bau di bukit di mana benteng ini berada.

Masjid Quba

Sumber: Instagram @pman_amonk

Kamu juga bisa berwisata religi dengan mengunjungi Masjid Quba. Masjid Kuba merupakan masjid tertua di Bau Bau, yang sudah dibangun sejak tahun 1826 lalu. Terdapat pula makam Sultan Buton XXIX, yaitu Sultan Muhammad Idrus Kaimuddin, bersama dengan makam-makam lainnya.

Cagar Alam Wakonti

Sumber: Instagram @richardo_dacunha

Di cagar alam ini kamu bisa melihat berbagai macam hewan secara langsung, seperti kuskus, kera, kupu-kupu, sampai berbagai jenis burung. Kamu juga bisa melihat pohon langka, yaitu Pohon Loreng. Sesuai namanya, batang pohon ini memiliki corak berloreng mirip seragam tentara. Di samping melihat hewan dan pohon langka, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sini.

Pemandian Alam Bungi

Sumber: Instagram @ethynesty

Kamu bisa menikmati sejuknya air sundai di pemandian ini. Namun, kamu sepertinya harus rela berbagi dengan warga lain yang juga berkunjung ke tempat ini. Wajar saja, karena tempat ini memang menjadi tujuan utama para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika ingin lebih sepi, sebaiknya kamu datang pada saat hari biasa atau weekdays, bukan saat akhir pekan atau weekend.

Bukit Wantiro

Sumber: Instagram @nazar_lm

Di bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah berupa perairan yang mengelilingi Bau Bau. Bukit ini sudah dilengkapi dengan beberapa warung makan, sehingga di sini kamu bisa santai menikmati pemandangan dari ketinggian sambil makan dan minum bersama teman atau keluarga, dan ditemani angin sepoi-sepoi yang sejuk.

Air Terjun Samparona

Sumber: Instagram @gme_jasman

Bila kamu ingin mengunjungi lokasi wisata alam yang masih asri dan terjaga keasliannya, maka kamu bisa datang ke Air Terjun Samparona. Di sini terdapat air terjun setinggi kira-kira 50 meter, dengan nuansa yang sejuk, karena berada di tengah hutan. Kamu juga bisa menikmati air terjunnya sambil ditemani kicauan burung yang merdu.

Gua Lakasa

Sumber: Instagram @hilmanrasyidi
Sumber: Instagram @sumurdiladang

Untuk kamu yang suka tantangan, maka bisa datang ke Gua Lakasa. Di dalam gua ini terdapat medan yang terjal dan juga berbahaya jika kamu tak hati-hati. Kedalaman gua ini juga cukup dalam, yaitu mencapai 120 meter. Setelah melewati medan yang penuh tantangan, kamu akan disuguhi dengan mata air jernih, serta stalaktit dan stalakmit dengan keindahan luar biasa.

Mana yang membuat kamu tertarik mengunjungi Bau Bau?

Comments

Loading...