OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Belitung yang Bikin Kagum

Film Laskar Pelangi yang booming pada tahun 2008, memotret dengan sangat sempurna keindahan alam yang ada di Pulau Belitung. Sehingga Pulau yang terbagi atas 2 kabupaten, yakni Kabupaten Belitung dengan ibukotanya Tanjung Pandan dan Kabupaten Belitung Timur yang beribukota di Manggar ini dibanjiri oleh wisatawan, baik yang datang dari luar propinsi maupun dari mancanegara.

Bagi Kabupaten Belitung yang mulai membangun sektor pariwisata pada awal tahun 2.000, boomingnya film Laskar Pelangi seolah menjadi berkah tersendiri, karena secara tidak langsung telah membantu mempromosikan sejumlah objek wisata yang selama ini jarang dilirik oleh wisatawan, padahal memiliki daya tarik yang luar biasa.

Bagi Anda yang sempat terpukau menyaksikan pemandangan yang menjadi latar belakang film Laskar Pelangi, cobalah untuk berkunjung ke 10 tempat wisata di Belitung berikut ini, dan Anda akan dibuat terkagum-kagum.

Pantai Tanjung Tinggi

Sumber: Instagram @paramatours

Inilah salah satu pantai yang menjadi lokasi shooting film Laskar Pelangi. Dengan pasirnya yang berwarna putih berhias batu-batu granit berukuran besar membuat Pantai Tanjung Tinggi terlihat eksotis. Air lautnya yang jernih dengan ombak yang tenang juga sangat menyenangkan untuk dipakai mandi dan berenang tanpa merasa khawatir akan terseret ombak.

Sumber: Instagram @agniaprl

Puas bermain dengan air dan pasir, pengunjung yang merasa lapar bisa menuju ke tepi pantai, karena di sana terdapat banyak warung yang menghidangkan berbagai menu utamanya berbagai macam olahan seafood.

Pantai Tanjung Kelayang

Sumber: Instagram @serekap_belitungtour

Berlokasi di sebelah Utara Pulau Belitung, pantai yang juga menjadi latar belakang film Laskar Pelangi ini terbagi atas dua bagian yaitu pantai sebelah barat yang dihiasi gugusan batu-batu granit berukuran besar dan pantai sebelah timur dengan pasir putihnya yang bersih dan halus.

Sumber: Instagram @hoppingisland_belitung_kelayg

Dengan air lautnya yang jernih dan tenang membuat wisatawan dapat menikmati beragam aktifitas yang menyenangkan, mulai dari berjemur, memancing, berenang hingga diving dan snorkeling. Keindahan dari Pantai Tanjung Kelayang semakin memukau karena dikelilingi oleh beberapa pulau, yaitu Pulau Kepayang, Pulau Lengkuas, Pulau Pasir serta beberapa pulau kecil lainnya.

Pantai Tanjung Pendam

Sumber: Instagram @rel_alfa

Dengan lokasi yang tidak jauh dari pusat Kota Tanjung Pandan, menjadikan pantai ini menjadi sasaran utama wisatawan lokal saat ingin menikmati suasana santai, utamanya pada sore hari, karena sunset yang dilihat dari kawasan Pantai Tanjung Pendam terlihat sangat menawan.

Pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner berupa aneka macam olahan seafood yang ditawarkan deretan rumah makan di sepanjang pinggir pantai atau melihat lukisan-lukisan dan kerajinan tangan yang dipajang di galery. Jika ingin menginap, terdapat beberapa hotel yang menghadap ke arah pantai dengan tarif ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Pulau Lengkuas

Sumber: Instagram @elfasatriyo
Sumber: Instagram @pergidulu

Sebuah bangunan mercusuar tua yang dibangun pada tahun 1882 oleh Pemerintah Kolonial Belanda, menjadi penanda keberadaan pulau eksotis yang dikelilingi pasir putih dan batu-batu granit dengan berbagai bentuk dan ukuran ini. Keindahan pantainya yang kerap dijadikan persinggahan penyu hijau menjadi semakin lengkap dengan keindahan taman bawah lautnya yang bakal memanjakan mereka yang memiliki hobby diving dan snorkeling. 

Pulau Burung

Sumber: bangkatour

Disebut Pulau Burung karena di bibir pantainya terdapat bongkahan batu granit berukuran raksasa yang bentuknya menyerupai seekor burung. Berlokasi di Kecamatan Sijuk dengan jarak yanag tidak begitu jauh dari Pantai Tanjung Kelayang pulau ini dapat dijangkau dengan menggunakan perahhu motor yang dapat disewa dari para nelayan di Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau seluas 2 hektar yang menjadi trade mark Kabupaten Belitung ini, selain memiliki pantai yang indah juga menyuguhkan taman bawah laut yang memukau. Terumbu karang dan berbagai jenis ikan serta habitat laut yang lain siap menyambut penggemar snorkeling. Tidak perlu harus diving untuk menikmati taman bawah laut tersebut, karena keindahannya sudah dapat dinikmati pada kedalaman 50 – 100 cm dari atas permukaan air.

Pulau Kepayang

Sumber: Instagram @bostourntravel

Memiliki luas sekitar 12 hektar, pulau yang oleh penduduk lokal disebut Pulau Babi ini, menjadi salah satu tempat yang dikunjungi dalam perjalanan island hopping menuju Pulau Lengkuas. Berbagai bentuk batuan granit raksasa serta koral-koral meja seolah tumbuh dari dasar laut disebabkan air lautnya yang sangat jernih. Wisatawan juga akan dimanjakan oleh terumbu karang yang berwarna-warni saat menjelajah kawasan perairannya dengan melakukan diving dan snorkeling.

Selain menyuguhkan pemandangan yang memukau, Pulau Kepayang juga merupakan destinasi eko-wisata, karena pulau ini dijadikan tempat penangkaran penyu sisik. Berbagai fasilitaspun tersedia bagi wisatawan yang berkunjung, mulai dari tempat persewaan peralatan diving dan snorkeling, rumah makan sampai dengan penginapan dalam bentuk eco-lodge.

Pulau Leebong

Sumber: Belitunginfo
Sumber: merahputih

Selain menghadirkan suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan, Pulau Leebong juga dilengkapi dengan berbagai macam fassilitas yang membuat wisatawan dipastikan akan betah saat menikmati pemandangan yang disuguhkan. Berbagai aktifitas menarik dapat dilakukan di sini mulai dari menyusuri pantai dengan menggunakan sepeda kayuh, menjelajah hutan mangrove dan bersantai di rumah-rumah pohon, menikmati panorama pantai dengan duduk di gazebo-gazebo, menjelajah pulau dengan melakukan tracking juga mencoba berbagai fasilitas water sport, seperti kano dan jetsky.

Bukit Batu Baginde

Sumber: Instagram @revelationtheory

Terletak di Desa Padang Mandis, Kecamatan Membalong, objek wisata ini berupa sepasang batu granit berukuran raksasa dengan ketinggian 250 meter dari atas permukaan tanah. Karena batu raksasa tersebut sepasang dan letaknya saling berhadapan, masyarakat setempat menjulukinya Batu Laki dan Batu Bini.

Sumber: Instagram @belleellelele

Tidak mudah untuk mendaki bukit yang menjadi bagian dari Geopark Pulau Belitung ini, karena jalan yang harus dilalui cukup curam. Tapi, begitu sampai di puncak, pendaki akan dibuat terpesona oleh indahnya pemandangan yang terhampara di kaki bukit.

Air Terjun Gurok Beraye

Sumber: Instagram @rockstartiket

Tidak hanya pantai dan pulau yang indah, Kabupaten Belitung juga memiliki wisata air terjun yang tidak kalah menawan, yakni Air Terjun Gurok Beraye yang berada di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau yang jaraknya sekitar 32 km dari pusat Kota Tanjung Pandan. Tepatnya di kawasan Hutan Lindung Gunung Tajam.

Meski masuk ke kawasan hutan, pengunjung tidak perlu khawatir karena jarak lokasi air terjun dengan tempat parkir kendaraan tidak begitu jauh. Selain aman, pemandangan yang disuguhkan air terjun beserta alam di sekelilingnya bakal membuat pengunjung lupa pulang.

Desa Nelayan Tanjung Binga

Sumber: wisatalengkap

Desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Sijuk ini merupakan perkampungan nelayan yang juga penghasil ikan asin terbesar di Kabupaten Belitung. Dihuni sekitar 100 Kepala Keluarga, Desa Tanjung Binga terlihat indah pada saat perahu-perahu nelayan berangkat melaut sekitar pukul 13.00 serta saat perahu-perahu tersebut pulang kembali sekitar pukul 03.00.

Desa ini menarik untuk dikunjungi selain karena panorama pantainya yang indah dan penduduknya yang ramah-tamah juga karena aktifitas para nelayan yang menarik untuk dilihat, mulai dari menurunkan hasil tangkapan ikan dari atas perahu sampai dengan aktifitas jual beli antara nelayan dengan pedagang. Wisatawanpun dapat membawa pulang ikan segar dengan membelinya dari para nelayan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga ikan di pasar.

Comments

Loading...