OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Bengkayang

Berbicara soal keindahan alam Indonesia memang tak aka nada habisnya. Selain Bali, Lombok, Raja Ampat, Indonesia masih memiliki ribuan destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para traveler lokal maupun mancanegara. Destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ialah destinasi wisata yang berada di Kabupaten Bengkayang.

Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat memiliki banyak destinasi wisata indah yang belum terjamah oleh banyak traveler. Berikut 10 tempat wisata di Bengkayang yang harus kamu kunjungi :

Pulau Randayan

Sumber gambar : indonesiakaya.com

Tempat wisata pertama yang harus kamu kunjungi ialah Pulau Randayan. Objek wisata yang terletak di Desa Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, Bengkayang, Kalimantan Barat ini memiliki spot wisata taman bawah laut yang tak kalah indahnya dari raja ampat loh. Di pulau ini kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling dengan cukup leluasa karena pulau ini tak berpenghuni dan belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak perlu khawatir soal penginapan, karena pengelola setempat sudah menyediakan villa yang dikhususkan untuk para wisatawan yang ingin menetap lebih lama di pulau randayan.

Pantai Samudera Indah

Sumber gambar : pantainesia.com

Selanjutnya ada Pantai Samudera Indah yang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal. Lokasinya berada di Dusun Tanjung Gundul Desa Karimunting, Sui Raya Kepulauan, Bengkayang, Kalimantan Barat. Selain memiliki hamparan pasir putih yang indah, pantai Samudera Indah juga memiliki bebatuan besar di pinggir pantai yang menjadi daya tarik wisatawan untuk melakukan swafoto.

Bukit Jamur

sumber gambar : sumber.com

Ingin mencoba sensasi menikmati keindahan alam di atas awan ? datanglah ke desa Belangko Kecamatan Bengkayang. Disana terdapat sebuah bukit bernama bukit jamur yang menawarkan sensasi menikmati keindahan alam disekitarnya dari atas ketinggian, disebut di atas awan karena setelah kamu sampai di puncak bukit jamur, kamu akan melihat hamparan awan putih yang mengelilingi bukit dengan mata telanjang. Sehingga seolah-olah kamu berada di atas awan.

Mimiland

sumber gambar : wisatapontianak.com

Jangan bingung untuk mengajak keluargamu berlibur, di Kabupaten Bengkayang terdapat sebuah tempat wisata yang sangat cocok untuk keluarga yaitu Mimiland Batu Payung.  Disebut wisata keluarga karena pihak pengelola menyediakan berbagai macam-macam arena bermain anak-anak. Selain itu Mimiland terletak di tepi pantai, jadi kamu tidak perlu merasa khawatir keluargamu tidak menikmati liburan. Karena selama anak-anak bermain kamu bisa menikmati keindahan pantainya.

Air Terjun Riam Merasap

sumber gambar : sporttourism.id

Bosan ke tempat wisata yang itu-itu saja ? cobalah datang ke air terjun riam merasap yang berada di Desa Batang Air Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. Panorama alam yang indah dan masih alami ini akan membuat kamu betah dan ingin berlama-lama untuk menikmati kesegaran air terjun riam merasap. Lokasinya yang dekat dengan Negara Malaysia juga menjadi daya tarik sendiri bagi warganya. Tak heran jika banyak warga Malaysia yang berkunjung ke air terjun riam merasap ini.

Goa Romo

sumber gambar : jalanwisata.id

Tempat wisata di Kabupaten Bengkayang yang wajib dikunjungi ialah Gua Romo. Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang pasti Gua Romo menjadi destinasi wisata yang cukup menantang karena letaknya cukup jauh dari pusat kota. Namun tidak perlu khawatir, keindahan alam disekitarnya akan membuatmu merasa nyaman dan lupa dengan rasa lelah. Setelah sampai, kamu bisa menyusuri gua yang memiliki bentuk unik kemudian menikmati segarnya pemandian disekitar Gua Romo.

Hutan Adat

sumber gambar : jejakrekam.com

Objek wisata yang diresmikan langsung Bupati Bengkayang  pada tanggal 15 Oktober 2002 ini terletak di Dusun Melayang Desa Sahan Kecamatan Seluas ini memiliki luas sekitar 100 Ha dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 dengan jarak 80 km dari Kabupaten Bengkayang. Sangat cocok bagi kamu para petualang nih.

Air Terjun Riam Berawan

sumber gambar : backpackerjakarta.com

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 M ini cukup popular di kabupaten Bengkayang. Pasalnya Air Terjun Riam Berawan masih dikelilingi oleh hutan asri dan alami dan merupakan air terjun tertinggi di kabupaten bengkayang.

Pulau Lemukutan

sumber gambar : tribunnews.com

Pulau Lemukutan letaknya tak jauh dari Pulau Randayan yang sudah dijelaskan di atas. Jika pulau randayan merupakan pulau tak berpenghuni, pulau lemukutan ini adalah kebalikannya yakni berpenghuni. Meski demikian hal tersebut tidak menghalangi para wisatawan untuk berkunjung ke pulau lemukutan karena keindahan alam disekitarnya juga fasilitas untuk snorkeling.

Riam Madi

sumber gambar : toptravellingindonesia.com

Objek wisata di kabupaten Bengkayang selanjutnya terletak di kecamatan Lumar dan cukup populer. Riam Madi pada awalnya hanyalah sumber air bersih untuk masyarakat di kabupaten Bengkayang, namun karena memiliki keindahan alam yang menarik, banyak orang yang mengunjungi sungai ini dan akhirnya dijadikan tempat wisata.

Setelah puas jelajahi wisata di Bengkayang, maka hal selanjutnya yang wajib kamu lakukan yaitu membeli Deretan 10 Oleh-oleh Terenak di Bengkayang untuk orang tersayang!

Jadi, objek wisata manakah yang paling menarik untuk kamu ?

Comments

Loading...