OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Di Cirebon

Cirebon merupakan suatu wilayah yang ada di Provinsi Jawa Barat dan juga ada pada pesisir utara Jawa dan sering kali disebut dengan jalur pantura. Hal tersebut karena lokasi geografisnya yang mana Cirebon tersebut menjadi salah satu dari jalur utama yang mana menghubungkan kota Jakarta – Semarang – Surabaya. Sama seperti beberapa daerah lainnya, Cirebon juga memiliki berbagai tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi selama liburan di sana. Oleh karena itu berikut ini adalah 10 tempat wisata di Cirebon yang wajib untuk Anda kunjungi saat berwisata di Cirebon:

Wanawisata Ciwaringin

Sumber: Instagram @wandie_putra_loh

Yang pertama adalah Wanawisata Ciwaringin, objek wisata ini ada di Desa Ciwaringin, di lokasi ini nantinya Anda dapat berjalan kaki untuk bisa menikmati pemandangannya yang sangat indah. Nantinya Anda dapat menemui banyak pepohonan yang masih rindang, terutama pohon kayu putih. Hal ini juga menjadi keunikan tersendiri dari tempat wisata ini. Selain itu jika memang Anda gemar memancing, maka Anda bisa memancing di Danau Ciranca serta bisa juga untuk membawa ikan segar pulang hasil dari memancing itu sendiri. Selain itu juga terdapat arena untuk pertandingan balap.

Desa Wisata Cikalahang

Sumber: Instagram @hilmanbosa

Kemudian untuk Anda yang memang gemar memancing dan juga kuliner, maka Desa Wisata Cikalahang bisa menjadi pilihan Anda. desa ini merupakan suatu tempat yang ada di Cirebon dan banyak diminatio oleh wisatawan, terutama untuk keluarga. Nantinya Anda bisa menikmati berbagai menu ikan yang diolah dengan sangat lezat. Bahkan nantinya Anda bisa memancing di beberapa kolam yang sudah disediakan dan tentu saja ikan tersebut masih dalam kondisi yang segar pada saat dimasak. Untuk lokasinya sendiri ada di Kecamatan Dakupuntang.

Situ Sedong

Sumber: Instagram @julaeha_dede

Lalu yang ketiga adalah Situ Sedong, wisata ini merupakan sebuah waduk buatan yang memang dimanfaatkan untuk tempat wisata di daerah Cirebon. Tempatnya sendiri ada di Kecamatan Sedong dan juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan, terutama pada akhir pekan. Selain nantinya Anda dapat menikmati pemandangannya, di sana juga terdapat beberapa permainan yang dapat Anda manfaatkan untuk bisa bersantai atau bersenang – senang dengan keluarga. Contohnya saja seperti bebek air yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi Danau Situ Sedong. Untuk waktu terbaik datang ke tempat wisata ini sendiri adalah sore hari karena nantinya cuaca tidak panas, dengan demikian Anda bisa menikmati pemandangan di tempat ini lebih nyaman.

Keraton Kasepuhan

Sumber: Instagram @suciyuanisa

Lalu yang keempat adalah Keraton Kasepuhan, keraton ini pada dasarnya merupakan keraton kesultanan yang pertama di Cirebon dan dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin ke 2 di tahun 1529. Selain menjadi keraton tertua yang ada di Cirebon, keraton ini juga bisa dibilang menjadi keraton yang termegah dan juga paling terawat yang ada di kota Cirebon ini. Keraton tersebut juga dikelilingi dengan tembok bata yang berwarna merah, sedangkan untuk bangunan utama dari tempat ini berwarna putih dan di dalamnya terdapat suatu singgasana sultan dan juga ruang untuk tidur. Untuk sekarang ini bangunan peninggalan bersejarah tersebut dijadikan sebagai salah satu tempat wisata dan menjadi favorit dari masyarakat serta wisatawan. Nantinya Anda dapat melihat beberapa benda pusaka yang merupakan milik sultan terdahulu serta sebuah Kereta Singa yang mana hanya dikeluarkan di setiap tanggal 1 Syawal Hijriyah untuk dimandikan.

Wahana Bermain Apita Waterboom

Sumber: Instagram @sabanana.id

Kemudian ada juga Wahana Bermain Apita Waterboom, untuk Anda yang ingin berwisata bersama dengan keluarga terutama dengan anak – anak, maka tempat wisata ini merupakan pilihan yang tepat. Nantinya anak – anak bisa puas dengan bermain air dan juga menikmati wahana permainan air pada saat berwisata di tempat ini. Untuk harga tiket masuknya sendiri bisa dibilang cukup murah yaitu berkisar antara Rp 10.000,- sampai dengan Rp 15.000,-. Dan untuk alamatnya sendiri ada di Jalan Kedawung, lebih tepatnya di samping Hotel Apita. Dengan demikian tak heran jika objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih lagi anak – anak.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Sumber: Instagram @winggiferdian

Lalu objek wisata sejarah seperti Taman Sari Gua Sunyaragi ini juga bisa menjadi pilihan Anda sebagai tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi saat di Cirebon. Bangunan peninggalan sejarah yang ada di Cirebon ini memang menarik dan juga memiliki keunikan tersendiri. Untuk lokasinya sendiri adalah di Jalan Brigjen Darsono, Kelurahan Sunyaragi, Cirebon. Cagar budaya ini sendiri ada di atas lahan dengan luas 1,5 Ha, bangunan tersebut dulunya didirikan oleh Pangeran Kararangen atau yang Pangeran Arya Carbon pada tahun 1703 lalu. Untuk filosofi namanya sendiri adalah sunya yang berarti sepi, kemudian ragi yang berarti raga, dan sunyaragi tersebut berarti tempat untuk menyepi atau bermeditasi. Untuk tiket masuknya sendiri hanya Rp 10.000,- dan Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore.

Bukit Gronggong

Sumber: Instagram @disty24

Untuk Anda yang merupakan pasangan yang baru saja menikah, maka Bukit Gronggong bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk Anda kunjungi. Tempat wisata ini bisa dibilang tempat wisata yang paling romantis di Cirebon. Pada saat malam hari, maka Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini, pada dasarnya Bukit Gronggong ini sendiri merupakan salah satu tempat makan yang memang sangat digemari oleh masyarakat, terutama pasangan – pasangan karena memang memiliki suasana yang sangat romantis. Lokasinya sendiri ada di tengah jalur di antara Cirebon dan Kuningan. Tempat wisata tersebut terlihat semakin romantis dengan keindahan beberapa lampu kota Cirebon tersebut. Di sana Anda hanya perlu membayar tarif parkir sekitar Rp 2.000,- saja, dan Anda dapat membeli berbagai macam makanan yang sudah disediakan di beerapa resto di kawasan tersebut.

Pantai Kejawanan

Sumber: Instagram @f1tr1e_r

Lalu untuk Anda yang memang menggemari wisata pantai, maka tidak perlu khawatir karena di Cirebon juga terdapat pantai, yaitu Pantai Kejawanan. Pantai ini sendiri ada di Jalan Yos Sudarso, Cirebon. Selain itu juga dekat dengan Pelabuhan Cirebon dan juga Ade Irma Traffic Garden Cirebon. Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, nantinya Anda juga dapat menyewa perahu karet yang sudah disediakan dengan membayar Rp 20.000,-. Pantai ini juga sangat cocok untuk Anda yang hanya ingin bersantai sembari menikmati keindahan pantai dan juga merasakan angin sepoi – sepoi, dengan demikian nantinya Anda dapat melepas penat dan membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Outbound Siwalk

Sumber: Instagram @sang_aero

Untuk Anda yang gemar beberapa olahraga ekstrim atau bisa dibilang outbound, maka Anda bisa mengunjungi tempat wisata Outbound Siwalk. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang memang ingin mencoba suasana liburan yang baru dan lebih menantang, maka Anda bisa melakukan petualangan bersama teman dan juga alam. Ada berbagai pilihan wahana permainan di sini. Beberapa contoh permainan yang bisa Anda coba adalah ATV, zona petualangan, pemancingan, flying fox, speed boat dan yang lainnya. Mengunjungi tempat wisata di sini nantinya Anda tidak akan rugi dan bahkan akan merasakan pengalaman yang berbeda.

Batik Trusmi Cirebon

Sumber: Instagram @_diatri

Selain itu untuk Anda yang memang ingin belanja batik, maka Anda bisa mengunjungi Batik Trusmi Cirebon. Tempat ini sendiri merupakan sebuah tempat pengrajin dan juga penjual batik yang sudah sangat terkenal di Cirebon. Dulunya Trusmi ini merupakan seorang tokoh yang merupakan murid dari Sunan Gunung Jati, namanya sendiri adalah Ki Gede Trusmi yang mana mengajarkan agama Islam dan juga bagaimana cara membatik kepada para penduduk. Di tempat ini nantinya Anda dapat menemukan berbagai motif batik yang bagus dan juga kualitasnya terjamin. Anda bisa mendapatkan mulai dari batik tulis, batik cap maupun batik kombinasi tulis dan juga cap. Di tempat ini nantinya Anda bisa mendapatkan batik sesuai dengan keinginan Anda.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BRFrWvigigH/
instagram.com/p/BQ5qHtnh9fi/
instagram.com/p/BTgQLJIluno/
instagram.com/p/BVE3HQKAGsu/
instagram.com/p/BYSwiW8Aeg8/
instagram.com/p/BKdP_EzBt1Y/
instagram.com/p/BRkOQTuhqNc/
instagram.com/p/1Ampn3JLLW/
instagram.com/p/BLlGNtNhgZ2/
instagram.com/p/BP9GPG0h1fd/
instagram.com/p/BYAKeJKBZuZ/

Comments

Loading...