OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Gunung Mas

Gunung Mas yang satu ini bukan yang berada di Bogor melainkan sebuah kabupaten yang berlokasi di Kalimantan Tengah yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kapuas. Kabupaten Gunung Mas memiliki motto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau sebuah kalimat dari bahasa Sanguang yang tiap kata berarti cita-cita, kekuatan jiwa, usaha mencapai tujuan, dan kesejahteraan.

Gunung Mas juga memiliki obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di bawah terangkum 10 tempat wisata di Gunung Mas.

Situs Betang Damang Batu

Sumber: Instagram @rindytaruna10

Betang Damang Batu adalah sebuah situs sejarah yang beradai di Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Kahayan Hulu Utara. Situs ini memiliki denah berbentuk segi empat dan menghadap ke Sungai Kahayan.

Situs Betang Toyoi

Sumber: Instagram @fairventures_worldwide

Situs Betang Toyoi berada di Desa Tumbang Malahoy, Kecamatan Rungan. Usia dari betang ini mencapai lebih dari 100 tahun. Untuk mencapai cagar budaya ini, memerlukan waktu tempuh selama 2 jam 30 menit dari kota Kuala Kurun.

Desa Tumbang Hakau

Sumber: Instagram @dwi_agha

Tumbang Hakau adalah sebuah desa di Kabupaten Gunung Mas tepatnya di kawasan Kuala Kurun. Desa ini memiliki keindahan serta sungai yang mengalir bersih, terutama saat matahari terbenam pemandangannya akan memanjakan mata.

Batu Suli

Sumber: Instagram @infopky

Obyek wisata Batu Suli terletak di antara Desa Upon Batu dan Desa Tumbang Manange, Kecamatan Tewah. Batu Suli berada di tepian Sungai Kahayan yang mengalir. Setelah sampai di obyek wisata ini, akan disuguhkan pemandangan yang indah karena masih sangat alami dan bentuk unik batu ini yang menjulang tinggi juga sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Air Terjun Batu Mahasur

Sumber: Instagram @pky.capture

Air Terjun Mahasur terkenal dengan aliran airnya yang abadi dan tidak akan pernah mengering. Air terjun ini berada di Desa Kuala Kurun, Kecamatan Kurun. Wisatawan dapat menikmati air terjun yang dengan indahnya mengalir dari ketinggian 20 meter. Satu yang harus dilakukan di air terjun adalah menjaga sikap dan perilaku untuk tetap sopan karena tempat ini sakral bagi penduduk setempat.

Air Terjun Bawin Kameloh

Sumber: Instagram @kevinrhk

Obyek wisata alam di Gunung Mas salah satunya dalah Air Terjun Bawin Kameloh. Air terjun yang sekaligus cagar alam ini menawarkan keindahan hutannya yang masih alami dan ketenangan dari percikan air dari aliran air terjun yang memiliki dua tingkat ini.

Air Terjun Campuhan

Sumber: Instagram @b_jackkrisan

Lokasi Air Terjun Campuhan tidak jauh dari Air Terjun Bawin Kameloh. Keindahan air terjun ini bagaikan surga yang tersembunyi karena belum tersentuh dan mendapat banyak gangguan dari tangan-tangan manusia.

Desa Wisata Hurung Bunut

Desa Wisata Hurung Bunut resmi ditetapkan menjadi obyek wisata oleh pemerintah setempat sejak tahun 2016 dan masih terus dikembangkan. Di desa ini, dapat berwisata kebudayaan, seperti tari, seni ukir, seni pahat serta kerajinan tradisional lain. Bila ingin menginap, masyarakat sekitar menyediakan rumah mereka sebagai home stay yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Air Terjun Sahai

Sumber: Google

Air Terjun Sahai terletak di Desa Tumbang Lapan, Kecamatan Miri Manasa. Perjalanan untuk masuk ke air terjun ini tidak terlalu jauh hanya 200 meter berjalan kaki dari desa.

Patung Selamat Datang Kuala Kurun

Sumber: Google

Tentu yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Gunung Mas adalah ke patung ucapan selamat datang. Sebelum memasuki kawasan Kuala Kurun, obyek wisata ini cocok menjadi spot untuk berfoto.

Itulah tadi rangkuman dari 10 tempat wisata di Gunung Mas. Daftar obyek-obyek wisata di atas dapat menjadi pilihan untuk berwisata ke kabupaten ini.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BTrQqHSlQLv/
instagram.com/p/BaLZTPZjHiY/
instagram.com/p/0Wix_8BuGk/
instagram.com/p/BGWfljUPz2G/
instagram.com/p/BGWfljUPz2G/
instagram.com/p/BVem9pvH0xT/
instagram.com/p/BVem9pvH0xT/

Comments

Loading...