OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Karimun yang Menjadi Magnet bagi Wisatawan

Dengan lokasi yang berada di jalur pelayaran internasional tepatnya di sebelah barat Singapura, Kabupaten yang beribukota di Kota Tanjung Balai Karimun ini memiliki potensi yang besar di sektor pariwisata, utamanya wisata bahari karena dengan wilayah seluas 912,75 km2, Kabupaten Karimun memiliki ratusan pulau yang sebagian diantaranya menawarkan panorama yang eksotis. Berikut 10 tempat wisasta di Karimun yang menjadi magnet bagi wisatawan:

Pantai Pelawan

Sumber: Instagram @luthfi.tamarin

Terletak di Desa Pangke, Kecamatan Pengka, salah satu pantai yang menjadi objek wisata andalan di Kabupaten Karimun ini cukup mudah untuk dijangkau, karena lokasinya tidak begitu jauh dari perusahaan penambangan dan shypyard yaitu PT Saipem.

Sumber: Instagram @kepriofficialtourism

Dengan kawasan pantai yang terdiri dari 2 lokasi, yaitu kawasan dengan ombak yang besar untuk menikmati keindahan panoramanya serta kawasan yang rendah dengan ombak yang tenang untuk berenang, membuat pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekaligus melakukan berbagai macam aktifitas yang menyenangkan.

Sumber: Instagram @amazingkepri

Tidak hanya itu, kawasan pantai yang dikelilingi perbukitan membuat pengunjung juga dapat menikmati wisata alam dengan melakukan camping dan trekking atau lintas alam mendaki bukit serta menyusuri jalan-jalan terjal yang tersusun dari bebatuan karang.

Pantai Tanjung Ambat

Sumber: Instagram @fiyan_narra

Selain suasananya yang masih alami karena relatif jarang dikunjungi wisatawan, pemandangan yang ditawarkan Pantai Tanjung Ambat sangat eksotis dengan lautnya yang tenang, pohon-pohon kelapa yang memagari sepanjang pinggiran pantai serta garis pantainya yang memiliki panjang sekitar 2 km dengan bentuk melebar bertabur pasir putih.

Sumber: Instagram @evaasilvana

Pantai ini cukup mudah untuk dijangkau karena jaraknya hanya sekitar 2 km dari Pelabuhan Rakyat Pulau Buru, tepatnya di Kampung Teluk Dalam, Kelurahan Lubuk Puding, Kecamatan Buru dengan letak di dekat jalan raya yang dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pantai Pongkar

Sumber: Instagram @reinkarnasi.naga

Pantai yang memiliki luas sekitar 100 hektar ini menyuguhkan panorama yang berbeda di banding pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Karimun karena di sepanjang pinggir pantai dipenuhi dengan pohon-pohon cemara yang berjajar rapi. Pasir putihnya yang bersih dan halus ditambah lautnya yang tenang dengan air berwarna kebiru-biruan membuat mata seolah tidak pernah bosan untuk memandang.

Berjemur di atas pasir, mandi, berenang, menyelam dan berbagai macam aktifitas menarik lainnya dapat dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai yang berlokasi di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing ini.

Pantai Batu Limau

Sumber: wisatago

Dinamakan Pantai Batu Limau, selain karena lokasinya berada di Pulau Ungar, Desa Batu Limau, Kecamatan Kundur alias merujuk pada nama desa tempat pantai tersebut berada, juga karena di kawasan pantai ini terdapat batu yang bentuknya menyerupai buah limau atau buah jeruk.

Tidak hanya batu berbentuk limau berukuran raksasa saja yang dapat ditemui di kawasan pantai ini tapi juga batu-batu raksasa lainnya yang memiliki berbagai macam bentuk unik menyerupai benda aslinya, seperti batu berbentuk alat kelamin laki-laki, batu yang menyerupai alat kelamin perempuan, batu berbentuk sosok pengantin, batu berbentuk sendok, panci, lesung, bilik kamar serta yang lain.

Pantai Telunas

Sumber: Instagram @wisataaku

Meraih penghargaan untuk kategori wisata dengan hotel terfavorit dalam Traveller’s Choice Awards yang digelar TripAdvisor merupakan bukti bahwa pantai yang berada di pulau kecil bernama Pulau Sugi yang letaknya diapit oleh pulau Batam dan daratan Pulau Sumatera ini merupakan objek wisata kelas dunia.

Sumber: Instagram @telunas_resorts

Terlebih mereka yang datang berkunjung ke Pulau Telunas ini sebagian besar adalah wisatawan mancanegara yang datang dari berbagai penjuru dunia, seperti dari Eropa dan Amerika. Namun pengunjung terbanyak adalah wisatawan dari 2 negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura.

Pantai yang keindahannya tidak kalah dari pantai yang ada di Maladewa ini dikelilingi lautan yang berair jernih dengan warna biru kehijau-hijauan berlatar gugusan pulau-pulau kecil di kejauhan. Penginapannya yang memiliki fasilitas setara hotel bintang lima letaknya menjorok ke tengah laut dengan konsep tradisional berbahan dasar kayu berkualitas tinggi.

Pantai Lubuk

Sumber: Instagram @hardanovvi17

Memiliki garis pantai berbentuk melengkung sepanjang 2 km dengan pohon-pohon kelapa yang berjajar rapi di sepanjang tepiannya membuat pantai ini terlihat sangat menawan. Keindahan tersebut masih ditambah dengan keberadaan batu-batu besar yang memenuhi kawasan pantai bahkan ada yang menyembul dari atas permukaan air.

Sumber: Instagram @suwandi_10

Selain menyuguhkan panorama yang indah, pantai yang berlokasi di Desa Lubuk, Kecamatan Kundur ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti gazebo-gazebo untuk beristirahat dan menikmati pemandangan, kamar mandi dan toilet serta warung-warung makanan yang menawarkan berbagai macam menu.

Coastal Area

Sumber: Instagram @karimuncorner

Diresmikan penggunaannya pada tahun 2014, Coastal Area merupakan objek wisata terpadu yang dibangun melalui dua tahap dengan total anggaran sebesar Rp 293 milyar. Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama pantai berhias kapal-kapal yang lalu lalang di lautan lepas dengan latar belakang Gunung Jantan, tapi juga disuguhi berbagai macam fasilitas untuk bermain dan berolahraga, aneka wahana permainan, beragam menu kuliner dari sejumlah rumah makan dan restoran, serta berbagai fasilitas yang lain.

Gunung Jantan

Sumber: batamclick

Berada di Kecamatan Tebing dengan status kawasan hutan lindung, Gunung Jantan merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Karimun, sehingga mereka yang berkunjung ke sini setidaknya akan dapat menikmati dua hal yaitu serunya beraktifitas hiking serta menikmati indahnya panorama Karimun dari atas ketinggian.

Menurut rencana, kawasan di sekitar Gunung Jantan akan dijadikan ekowisata dengan lokasi di 12  titik yang pembangunannya akan memakan anggaran tidak kurang dari Rp 39 miliar. Sembari  menunggu terealisasinya pembangunan 12 titik ekowisata tersebut, pengunjung yang datang ke sini untuk sementara waktu dapat menikmati indahnya air terjun Pongkar yang berada di kaki Gunung Jantan serta Pantai Pongkar yang lokasinya tidak jauh dari kawasan hutan lindung.

Makam Sibadang

Sumber: .picbon

Situs cagar budaya yang menjadi objek wisata ziarah ini letaknya di tengah kebun karet yang  ada di Pulau Buru. Untuk mencapainya harus melewati jalan setapak yang hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan roda dua.

Meski berada di tengah kebun karet, bangunan situs yang dibuat pemerintah berukuran 30 x 30 meter persegi tersebut selalu terlihat bersih, karena masyarakat sekitar ikut merawat dan membersihkannya meskipun tanpa diperintah.

Makam yang ukurannya lebih panjang dibandingkan makam pada umumnya tersebut dipercaya sebagai makam seorang panglima raja bernama Badang yang dikenal sakti dan memiliki pengaruh besar di Pulau Buru. Hingga kini, makam tersebut masih sering dikunjungi para peziarah, tidak hanya oleh mereka yang tinggal di Pulau Buru, tapi juga dari luar pulau. Bahkan tidak sedikit peziarah yang datang dari Malaysia dan Singapura.

Masjid Agung Karimun

Sumber: Instagram @journey.to.the.masjid.id

Berdiri megah di atas sebuah bukit, tepatnya di JL. Jenderal Soedirman RT/RW: 03/05 Kampung Sidodadi, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral yang merupakan kawasan poros, landmark kebanggaan masyarakat Karimun ini terlihat sangat menyolok dibanding bangunan lain yang ada di sekelilingnya karena memiliki bentuk yang unik, menarik dan instagramable.

Itu sebabnya Masjid Agung Karimun yang dibangun pada tahun 2003 ini tidak hanya dipenuhi oleh mereka yang datang untuk beribadah tapi juga wisatawan yang ingin melihat gaya arsitektur masjid yang menyejukkan mata. Dengan memasukkan unsur-unsur tradisional khas Kepulauan Karimun dari sisi arsitekturnya, masjid yang menempati lahan seluas 75.000 meter2 ini mampu menampung jamaah hingga 4.000 orang.

Comments

Loading...