OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Pematangsiantar

Pematangsiantar, atau kadang disingkat menjadi Siantar saja, merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Medan. Tergolong sebagai kota besar, tentunya ada beberapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi, dan lokasi wisata ini tak kalah seru dibandingkan dengan yang ada di Medan. Penasaran? Langsung simak tempat-tempat wisata di Pematangsiantar berikut ini.

Air Terjun Bah Biak

https://www.instagram.com/puanthusiast/

Suasana di sekitar air terjun ini masih alami dan asri, karena terdapat perkebunan kopi dan teh. Airnya sendiri cukup dingin, dan cocok untuk anak-anak berenang, karena kolam yang ada di bawah air terjunnya terbilang dangkal, yaitu hanya selutut orang dewasa. Bagi yang ingin liburan bersama keluarga, air terjun ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata kamu.

Air Terjun Jambuara

https://www.instagram.com/mhdrizkyzulfadlip/

Air terjun lainnya di Pematangsiantar yang juga layak dikunjungi adalah Air Terjun Jambuara. Air terjun ini terletak di Desa Aek Komangin, Simalungun. Sama seperti Air Terjun Bah Biak, suasana di air terjun ini masih alami, sehingga kamu bisa menghirup udara yang segar tanpa polusi. Pemandangan sekitar air terjun juga bisa membuat adem, karena di tebing-tebingnya tumbuh tanaman hijau, menambah kesan sejuk air terjun ini.

Patung Dewi Kwan Im

https://www.instagram.com/nataliaboshwi/

Patung ini terletak di dalam komplek Vihara Avalokitesvara, yang merupakan kompleks peribadahan orang Tionghoa. Yang istimewa dari patung ini adalah ukurannya yang besar. Patung raksasa ini memiliki tinggi 22,8 meter, dan mendapat predikat sebagai patung tertinggi di Asia Tenggara. Jika kamu kebetulan sedang berada di Pematangsiantar, tak ada salahnya untuk mampir ke sini dan berfoto dengan latar belakang Patung Dewi Kwan Im.

Perkebunan Teh Sidamanik

https://www.instagram.com/andreypoetra19/

Untuk menenangkan pikiran dan juga menyejukkan mata, maka kebun teh ini adalah lokasi yang tepat. Pasalnya, sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kebun teh yang hijau dan indah. Selain itu, udaranya juga sejuk dan segar. Pastinya udara sejuk ini bakal membuat badan kamu segar kembali setelah melakukan pekerjaan sehari-hari di kawasan perkotaan.

Pemandian Aek Manik

https://www.instagram.com/ohana.nisaa/

Lokasi lain yang cocok untuk menyegarkan badan adalah Pemandian Aek Manik. Di sini, terdapat kolam alami yang airnya sejuk dan segar. Air di sini berasal dari sungai, namun sangat jernih. Orang tak akan menyangka bahwa air ini adalah air sungai alami, bukan air biasa seperti yang ada di kolam renang buatan. Kamu bisa berenang, atau bahkan berfoto-foto di bawah air. Saking jernihnya, jika kamu berfoto di bawah air akan terlihat seperti sedang melayang.

Taman Hewan Pematangsiantar

https://www.instagram.com/phimponk/

Taman Hewan ini dikatakan sebagai taman hewan dengan koleksi terlengkap. Bahkan koleksi taman hewan ini lebih lengkap dibandingkan dengan taman hewan yang ada di Medan. Di taman hewan ini kamu bisa melihat 51 jenis mamalia, 113 jenis unggas, sampai 19 jenis reptil. Yang sering menjadi perhatian pengunjung adalah adanya singa dan juga harimau putih. Kamu bisa berfoto dengan kedua hewan buas itu, namun pastikan kamu menjaga jarak agar lebih aman.

Museum Simalungun

https://www.instagram.com/real__elyzabeth/

Untuk yang ingin berwisata sejarah dan budaya, bisa datang ke Museum Simalungun. Koleksi dari museum ini kebanyakan adalah peninggalan dari Kerajaan Simalungun, jadi kamu bisa belajar sejarah dan juga budaya Kerajaan Simalungun. Daya tarik utama dari museum ini adalah adanya rumah adat Simalungun, yang mirip dengan rumah adat Karo, namun arsitekturnya lebih rumit.

Martoba Water Park

https://www.instagram.com/ciput.chan/

Tak hanya kolam renang alami, Pematangsiantar juga memiliki kolam renang buatan, yaitu di Martobe Water Park. Di sini, seperti kebanyakan taman air lainnya, kamu bisa berenang sambil mencoba berbagai wahana air yang seru. Tempat ini cocok untuk anak-anak, karena kolamnya yang tak terlalu dalam. Meski demikian, tempat ini juga menyediakan wahana untuk orang dewasa, seperti seluncuran yang lebih besar dan juga kolam yang lebih dalam dari kolam untuk anak-anak.

Pemandian Alam Sejuk

https://www.instagram.com/aril_sinaga/

Pemandian Alam Sejuk atau PAS juga bisa dijadikan alternatif pilihan jika sudah sering ke Pemandian Aek Manik. Sesuai namanya, kamu bisa merasakan udara segar di pemandian ini, ditambah dengan airnya yang dingin dan bersih. Kamu bisa bebas berenang di sini, karena ukurannya yang cukup luas. Cocok juga untuk wisata bersama anak-anak, karena kolamnya tak begitu dalam.

Air Terjun Widuri

https://www.instagram.com/moh_faizal_affandi/

Air terjun setinggi 30 meter ini mengalir cukup deras, sehingga tak cocok bagi kamu yang ingin mandi di bawah air terjunnya. Meski demikian, kamu masih bisa menikmati air di kolam bawah air terjun, yang cukup jernih. Kamu bisa berenang atau foto-foto sampai puas di sini. Pastikan kamu selalu menjaga kebersihan air terjun ini.

Jadi, lebih memilih wisata di Medan atau Pematangsiantar?

Comments

Loading...