OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Pidie Jaya

Aceh memiliki berbagai potensi wisata di dalam tiap kabupatennya. Salah satu kabupaten yang memiliki potensi wisata yang cukup tinggi adalah Pidie Jaya. Di Pidie Jaya, terdapat banyak wisata, terutama wisata alam, yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Penasaran lokasi wisata apa saja yang terdapat di Pidie Jaya? Langsung simak pembahasannya di bawah ini.

Pantai Manohara

Sumber: Instagram @aulaulia3561

Pantai Manohara bisa dibilang sebagai primadona di Pidie Jaya, karena wisatawan yang datang ke Pidie Jaya, pasti akan berkunjung ke pantai ini. Meski pantai ini pernah diterjang tsunami, namun kini pantainya sudah kembali ramai dikunjungi wisatawan. Pasirnya yang putih, lautannya yang biru, ditambah dengan adanya pepohonan rimbun di pinggir pantai, membuat nyaman siapa pun yang datang ke sini.

Pantai Kuthang

Sumber: Google

Pantai lain yang layak dikunjungi di Pidie Jaya adalah Pantai Kuthang. Siapa pun yang datang ke pantai ini harus mengikuti aturannya, karena aturan di pantai ini sangat Islami. Jangan heran jika sampai ada yang kena razia karena dianggap melanggar aturan Islaminya. Ombak di pantai ini terbilang tenang, sehingga aman bagi kamu yang ingin berenang. Tersedia pula berbagai macam warung makan bagi yang ingin kulineran.

Krueng Lhok Gob

Sumber: Instagram @emreza_putra

Selain pantai, Pidie Jaya juga memiliki wisata sungai, yaitu di Krueng Lhok Gob. Air di sini cukup dingin, sehingga bisa menyegarkan badan dan pikiran kamu. Jika beruntung, di sungai ini kamu bisa menyaksikan suatu adat yang dinamakan dengan Khanduri Blang, yaitu upacara syukuran saat musim panen. Kamu juga bisa foto-foto di sini, karena pemandangannya memang mengagumkan.

Pantai Pasi Aron

Sumber: Instagram @wikhdalmi

Pantai ini juga pernah tersapu tsunami, namun kini sudah kembali ramai seperti dulu. Pantai ini memiliki pasir agak kehitaman, dan cocok untuk kamu yang suka menikmati pemandangan senja, karena suasana matahari terbenam di pantai sangat eksotis dan romantis. Karena itu, jika ingin ke sini, pastikan kamu mengajak pasangan kamu, agar suasana di antara kalian berdua jadi makin romantis.

Air Terjun Ulim

Sumber: Google
Sumber: Instagram @letu_kpl

Lokasi air terjun ini berada di kaki Gunung Sala. Selain itu, untuk bisa mencapai air terjun ini kamu harus sedikit berusaha dulu, yaitu dengan cara mendaki gunungnya. Karena berada di sekitar pegunungan, dipastikan udara di sini cukup dingin, jadi jangan lupa memakai jaket yang cukup tebal. Siapkan pula perbekalan seperti makanan atau minuman dari rumah, karena di sini fasilitasnya masih minim, sehingga kamu tak akan menemukan penjual makanan dan minuman. Terlepas dari itu, tak bisa dipungkiri bahwa pemandangan di air terjun ini cukup memukau.

Air Terjun Gunung Palang

Sumber: Instagram @muridhalmury

Sama seperti Air Terjun Ulim, air terjun ini juga hanya bisa diakses dengan mendaki Gunung Palang. Keindahan dari air terjun ini tak kalah dengan Air Terjun Ulim. Bahkan kamu bisa berkemah di sini, menyeduh teh atau kopi sambil menikmati air terjun dan udara yang dingin. Wisata ini juga masih minim fasilitas, jadi persiapkan semuanya dari rumah, mulai dari pakaian, makanan, minuman, sampai kemahnya.

Benteng Kuta Batee

Sumber: Instagram @helzami

Bagi yang ingin wisata sejarah, bisa datang ke benteng ini. Konon, benteng ini dibangun pada tahun 1620 oleh Sultan Iskandar Muda, seorang Raja Aceh. Benteng ini dulunya digunakan sebagai pertahanan. Uniknya, benteng ini dibangun dengan menggunakan campuran batu, putih telur, dan tepung ketan, karena zaman dulu belum ada semen. Tempat ini cocok buat kamu untuk foto-foto.

Krueng Lampoh Lada

Sumber: Instagram @ahlulfikri_

Sungai ini berada di sebelah selatan kemukiman Beuracan, Meureudu, Pidie Jaya. Sungai ini memiliki air yang sangat jernih, dan air itu berasal dari celah-celah bebatuan. Selain itu, suasana di sekitar sungai ini juga masih terbilang alami dan asri, sehingga kamu bisa menghirup udara segar yang bebas dari polusi. Kamu bisa juga bermain air di sungai ini, namun pastikan kamu selalu menjaga kebersihan sungai ini.

Blang Raweu

Sumber: Instagram @boyhaqie

Blang Raweu merupakan padang savana yang cukup luas. Sejauh mata memandang, kamu hanya akan melihat hamparan rerumputan hijau kekuningan. Tak cuma itu saja, di tempat ini juga terdapat berbagai fauna seperti kijang, rusa, dan babi hutan. Tempat ini cukup dikeramatkan oleh warga lokal, sehingga jika kamu ingin memasuki tempat ini, maka harus diadakan ritual terlebih dulu, agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Bendungan Cubo

Sumber: Google

Bendungan atau waduk ini terletak di gampong Meunasah Jijiem, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya. Suasana di sekitar bendungan ini masih alami, dan memiliki pemandangan yang cukup bikin adem. Selain itu, tempat ini juga Instagrammable, sehingga cocok buat kamu yang gemar foto-foto untuk memperindah akun Instagram kamu.

Meskipun dulu pernah dilanda tsunami, namun Pidie Jaya masih bisa menawarkan potensi wisata yang luar biasa. Bagaimana menurut kamu?

Comments

Loading...