OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Sambas

Hai traveler, sudah tahu belum kalau Kalimantan Barat mempunyai berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik loh. Selain Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten yang memiliki tempat wisata tak kalah keren ialah Kabupaten Sambas. Kabupaten yang memiliki luas wilayah sekitar 6. 395.70 Km2  ini pun sukses menarik para wisatawan untuk menengok keindahan alam di dalamnya.

Bahkan pada tahun 2017 lalu, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia sukses menggelar acara Wonderful Indonesia Festival di Kabupaten Sambas, tepatnya di Lapangan Terminal Sajingan Besar. Wah keren sekali ya. Pasti penasaran kan tempat wisata apa saja sih yang ada di Kabupaten Sambas ? Ini dia 10 tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Sambas :

Pantai Tanjung Kemuning

Sumber Gambar : Jalanwisata.id

Jangan salah, Kabupaten Sambas juga memiliki pantai yang tak kalah indah dari pantai yang berada di daerah lain. Pantai kebanggaan Sambas yang pertama ialah Pantai Tanjung Kemuning. Pantai yang terletak di Desa Kecamatan Paloh ini memiliki keindahan alam luar biasa berupa air laut yang jernih serta posisi pantai yang berhadapan langsung dengan Laut Natuna. Suasananya yang sejuk dan nyaman pastinya membuat kamu betah berlama-lama di pantai ini.

Pantai Tanjung Batu

Sumber gambar : indonesiakayacom

Pantai tanjung batu yang terletak di Kecamatan Pemangkat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati matahari terbenam dengan suasana pantai yang sangat nyaman dan tenang. Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai tanjung batu pun cukup lengkap mulai dari tempat penginapan, restoran, café, dan fasilitas pendukung lainnya yang akan memanjakan kamu.

Pantai Bukit Raya Putri Serai

Sumber gambar : indonesiakaya.com

Sesuai dengan namanya, pantai ini dilatarbelakangi oleh legenda seorang puteri bernama Serai. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu pantai bukit raya putri serai juga memiliki perbedaan tersendiri dibandingkan pantai lainnya, yakni alih-alih dipenuhi oleh terumbu karang disepanjang bibir pantai, pantai ini justru dipenuhi dengan bebatuan di sepanjang bibir pantainya. So, jika kamu berkunjung ke pantai ini dengan anak-anak jangan biarkan mereka lepas dari pengawasanmu ya.

Pantai Selimpai

Sumber gambar : bermas.id

Pantai Selimpai sebenarnya merupakan bagian dari kawasan konservasi di Kalimantan Barat, yaitu Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Karena itulah pantai yang terletak di desa Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas ini menjadi tempat penangkaran penyu langka. Jenis penyu yang dikembang biakan di pantai ini ialah penyi sisik, belimbing, hijau, dan lekang. Selain menjadi tempat penangkaran penyu, daya tarik lain yang dimiliki ialah hamparan pasir putih serta air laut yang sangat jernih dan deretan pohon pinus yang mengelilingi pantai selimpai jelas membuat siapapun ingin mengunjunginya.

Pantai Dungun Laut

Sumber gambar : youtube.com

Ini dia pantai paling indah yang dimiliki oleh Kabupaten Sambas. Pantai yang berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota ini memiliki air laut berwarna hijau tosca yang dipadukan dengan hamparan pasir putih serta bebatuan disepanjang garis pantai. Letaknya berada di Desa Dungun Laut Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas. Jika ingin berkunjung, jangan lupa siapkan amunisi untuk menunjang swafotomu ya.

Pantai Tanjung Dato

sumber gambar : duniadimensi.info

Pantai di Kabupaten Sambas memang banyak sekali, tapi tenang saja keindahan yang dimiliki setiap pantai pasti berbeda, jadi kamu tidak akan bosan mengunjunginya. Pantai selanjutnya ialah Pantai Tanjung Dato yang berlokasi di Desa Tamajo Kecamatan Paloh. Pantai Tanjung Dato sendiri merupakan tanjung dengan garis pantai terpanjang di Kalimantan Barat. Keindahan pantai tanjung dato pastinya tidak diragukan lagi.

Pantai Camar Wulan

sumber gambar : infobanten22.blogspot.com

Pantai Camar Wulan memiliki hamparan pasir berwarna kuning dan putih yang sangat cantik dilengkapi dengan air laut jernih yang memanjakan mata. Tak heran jika tempat wisata yang satu ini sangat terkenal di Kabupaten Sambas. Untuk sampai ke pantai ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 60 KM dari pusat kota.

Air Terjun Riam Caggat

sumber gambar : akumembagi.blogspot.com

Air terjun memang menjadi tempat wisata yang paling banyak digemari oleh semua kalangan. Selain karena suasananya yang tentram dan damai, air terjun selalu membuat siapapun ingin mandi dan merasakan kesegaran air tersebut. Kabupaten Sambas memiliki tempat wisata air terjun terkenal bernama air terjun riam caggat yang terletak di Desa Batang Air. Air terjun dengan ketinggian 67 meter ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan memiliki bebatuan besar. Cocok untuk kamu yang ingin melakukan swafoto atau sekedar bersantai menikmati suara air terjun.

Danau Sebedang

sumber gambar : google.com

Terletak di Desa Sebedang Kabupaten Sambas, danau ini memiliki luas sekitar 1 kilometer persegi dan merupakan tempat wisata andalan penduduk sekitar. Sejak zaman dahulu, Danau Sebedang memang banyak diminati karena suasananya yang sejuk dan nyaman. Pemandangan disekitarnya pun tak kalah menarik, yakni dikelilingi oleh gunung-gunung dengan ketinggian sekitar 400 mdpl.

Goa Alam Santok

sumber gambar : parokisambas.blogspot.com

Tempat wisata terakhir yang wajib kamu kunjungi ialah goa alam santok. Untuk sampai kesana kamu memerlukan waktu perjalanan selama 3 jam dari pusat kota. Goa alam santok juga dapat dijadikan wisata religi karena di dalamnya terdapat patung bunda maria yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk bersembahyang atau sekedar bermeditasi. Selain pemandangan goa yang indah, goa alam santok ini memberikan suasana yang nyaman dan tentram bagi siapapun yang mengunjunginya.

Itulah 10 tempat wisata paling menarik di Kabupaten Sambas. Setelah asyik jalan-jalan seru, jangan lupa juga untuk membeli Deretan 10 Oleh-oleh Terenak Khas Sambas, ya!

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya ?

Comments

Loading...