OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Sekadau, Siapkan Budget-Mu untuk Berkunjung Kesini !

Jika berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa juga mampir ke Kabupaten Sekadau. Konon katanya kabupaten Sekadau ini adalah Jantung dari Indonesia karena letaknya yang persis berada di Jantung Indonesia. Karena posisi yang sangat strategis inilah, kabupaten Sekadau dilimpahi kekayaan alam yang berlimpah dan telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat untuk dijadikan destinasi wisata yang menarik. Berikut 10 Tempat Wisata di Kabupaten Sekadau :


Air Terjun Gurung Sumpit

Sumber Gambar : Instagram @sanggaustoryofficial

Air Terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter ini berlokasi di Desa Sumpit-Belitang Hilir-Sekadau-Kalimantan Barat. Untuk sampai kesana kamu harus menempuh jarak sekitar 15 km dari ibukota kecamatan belitang hilir dan jangan lupa siapkan uang untuk membayar tiket masuk serta biaya parkir kendaraanmu. Tarif masuknya cukup murah kok, hanya 5000 rupiah untuk tiket masuk dan 5000 rupiah untuk parkir Yang menarik dari air terjun gurung sumpit ialah adanya goa bernama Goa Ratu Kudung. Kabarnya, goa ini adalah tempat bertapa Ratu Kudung dari Kerajaan Sekadau dan menurut kepercayaan masyarakat setempat Goa Ratu Kudung memilki terowongan yang bisa tembus ke Goa Lawang Kuari.


Air Terjun Sirin Punti 

Sumber Gambar : Instagram @fan_1194

Air terjun yang satu ini berada di Desa Maragun tepatnya di dekat hutan lindung hulu sungai Taman Kampung Sangke. Tak usah pikirkan soal biaya kalau mau kesini, karena destinasi wisata air terjun sirin puti tidak dikenakan biaya sepersepun alias gratis. Syaratnya anda hanya harus datang ke kabupaten Sekadau kemudian langsung menuju kecamatan Nanga Taman, tidak cukup sampai situ, kamu juga harus melewati 3-4 jembatan gantung untuk sampai ke desa maragun dan menikmati segarnya percikan air terjun sirin punti.


Air Terjun Semirah Merambang

Wisata air terjun ketiga di kabupaten Sekadau adalah Air Terjun Semirah Merambang atau dikenal juga dengan nama air terjun 7 tingkat. Lokasinya berada di Dusun Belandong Desa Tinting Boyok Kecamatan Sekadau Hulu, Sekadau-Kalimantan Barat. Untuk menuju kesana, kamu perlu menempuh jarak sekitar 12 km dari kabupaten sekadau ke persimpangan desa tinting boyok, lalu dari desa tinting boyok ke air terjun semirah merambang kamu membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.

Sumber Gambar : Instagram @official.kalimantanbarat

Ternyata air terjun semirah merambang ini terbagi menjadi dua bagian loh, ada air terjun semirah merambang dan semirah putih. Kata semirah, menurut Bahasa setempat berarti merah. Tidak ada biaya apapun yang kamu butuhkan untuk masuk ke kawasan wisata ini.


Air Terjun Entugun

Sumber Gambar : Instagram @chu_leha04

Kalau yang ini adalah air terjun yang memiliki 3 tingkatan. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Lokasinya berada di Dusun Kepayang, Desa Tembaga, Kecamatan Nanga Mahap-Sekadau-Kalimantan Barat. Perjalanan menuju air terjun entugun sedikit melelahkan, tetapi rasa lelah itu akan segera tergantikan oleh segarnya udara di sekitar air terjun. Karena suasana di sekitar air terjun masih sangat alami dan jarang tersentuh banyak orang. Oleh karenanya, berkunjung ke air terjun entugun merupakan ide yang sangat bagus untuk melepaskan beban pikiran dan rasa lelah setelah beraktifitas.


Air Terjun Cuci Kain

Mungkin nama air terjun ini terdengar lucu bagi kamu. Namun ternyata ada kisah menarik di balik nama tersebut. Yaitu kisah tentang seorang gadis berambut panjang yang mencuci kain di air terjun tersebut dan menarik perhatian banyak lelaki. Namun gadis pencuci kain itupun kemudian hilang bersama salah satu lelaki yang menyapanya. Di balik kisah misteriusnya, air terjun cuci kain ini tetap memiliki pesona yang luar biasa. Tambahkan lagi jarang ada orang yang mengetahui tentang objek wisata yang satu ini, sehingga kamu akan leluasa menikmati keindahannya. Air terjun ini terletak di Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau.

Sumber Gambar : Instagram @windra_satria


Batu Jato

Sumber Gambar : Instagram @andragerry

Sekadau rupanya masih menyimpan tempat-tempat indah yang patut dikunjungi. Kali ini bukan wisata air terjun. Tetapi sungai jernih yang dihiasi oleh banyak bebatuan besar dan cantik. Tempat wisata ini dinamakan batu bajo. Jika kamu tertarik untuk berkunjung kesana, jangan lupa untuk membawa baju ganti ya, karena kamu akan tergoda untuk menyelam di air jernih atau sekedar bermain air. Suasana disekitar batu bajo pun masih sangat segar dan asri. Banyak nya pepohonan membuat suasana semakin sejuk.


Batu Tinggi

Wisata air yang satu ini hanya bisa kamu kunjungi ketika air sungainya sedang surut loh. Pasalnya ketika air sungai dalam keadaan surut, barulah batu tinggi ini akan timbul. Begitu muncul, maka warga pun akan berbondong-bondong untuk bermain disana. Entah untuk bermain air atau sekedar mengambil foto.

Sumber Gambar : Instagram @dorkasajisa’s profile picture dorkasajisa

Selain warga sekitar desa Mungguk, batu tinggi pun ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Kebanyakan mereka yang datang mengaku sangat penasaran dan ingin melihat langsung kondisi sungai saat sedang surut. Kamu penasaran juga?


Bukit Burang

Sumber Gambar : Instagram.com


Kamu ingin merasakan sensasi melihat sunrise atau sunset dari atas bukit? Sekadau punya tempatnya. Tepatnya di Desa Rirang Jati Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau, terdapat sebuah bukit yang menyajikan pemandangan indah, dari atas bukit kamu bisa melihat hamparan sawah dan pepohonan hijau menyejukkan mata. Meskipun tergolong ke dalam objek wisata yang masih baru, hal itu tidak menyurutkan langkah para wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Burang ini. Untuk mencapai punyak bukit kamu membutuhkan waktu sekitar dua jam dan hanya bisa di lakukan dengan berjalan kaki.


Goa Lawang Kuari

Sumber Gambar : Instagram @andriyanipuspitasari.13

Selanjutnya, kamu bisa mampir dan melihat ikon kebanggan Desa Seberang Kapuas yaitu Goa Lawang Kuari atau masyarakat biasa menyebutnya dengan Bumi Lawang Kuari. Disana kamu akan menemukan sebuah gua dengan tiga lubang. Konon katanya lubang pertama sebelah kanan adalah milik suku Dayak, yang kedua atau bagian tengah milik Suku Senganan (Melayu), dan yang terakhir yaitu sebelah kiri milik suku Cina (Tionghoa). Terlepas dari cerita-cerita masyarakat yang mengatakan bahwa goa lawang kuari memiliki aura mistis. Ternyata masih banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi goa ini loh.


Palak Kaba

Eits jangan pulang dulu, masih ada nih destinasi wisata sarat historis yang bisa kamu kunjungi, jaraknya hanya sekitar 9 kilomter dari Desa Seberang Kapuas. Adalah desa Landau Kodah, Kecamatan Sekadau Hilir yang menyajikan objek wisata cukup menarik, disana terdapat sebuah tempat yang menyimpan banyak tengkorang manusia, tengkorak tersebut dinamakan Palak

Sumber gambar : Instagram @iwan_tekam

Kaba’ oleh masyarakat setempat. Konon katanya 14 buah tengkorak yang ada disana ialah peninggalan kebudayaan Ngayu pada zaman nenek moyang masyarakat Dayak. Uniknya setiap masyarakat yang berkunjung harus melakukan sebuah ritual berupa persembahan sesajen. Ritual ini bertujuan untuk meminta izin kepada penunggu Palak Kaba’ terkait niat kunjungan para wisatawan. wah seru ya, apakah kamu berani mencoba?

Itulah 10 Destinasi Wisata Sekadau yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan nanti.

Comments

Loading...