OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Solok yang Wajib Dikunjungi

sumber gambar: https://bisniswisata.co.id

Sebagai salah satu kota tua yang dianugerahi alam yang indah, Kabupaten Solok memiliki potensi luar biasa pada sektor pariwisata. Kunjungan wisatawan ke wilayah yang menjadi lumbung beras Provinsi Sumatera Barat ini bahkan telah dilakukan sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Alasannya tidak lain karena banyaknya objek wisata alam yang memukau. Potensi itulah yang terus dikembangkan untuk dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi. Sehingga tidak salah, jika Anda memasukkan Solok ke dalam daftar kunjungan wisata saat menghabiskan masa liburan. Inilah 10 tempat wisata di Solok yang wajib dikunjungi.

Danau Singkarak

sumber gambar: https://histori.id

Inilah salah satu tempat yang sudah djadikan sebagai destinasi wisata sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Dengan luas 107,8 meter2, danau ini merupakan danau terluas kedua di indonesia setelah Danau Toba.

Airnya yang jernih berwarna hijau kebiru-biruan ditambah lanskap bebukitan yang mengelilingi hamparan danau, menyuguhkan lukisan alam yang menakjubkan. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung yang datang ke sini bisa melepas penat dengan berperahu mengelilingi kawasan danau, memancing , camping dan berbagai aktifitas menarik lainnya.

Danau Diateh Danau Dibawah

sumber gambar: http://merahgaruda001.blogspot.com

Danau kembar ini terletak di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang yang jaraknya sekitar 65 km dari Kota padang. Kedua danau tersebut terpisah jarak sekitar 300 meter dengan posisi topografi di atas dan di bawah.

Uniknya, masyarakat setempat menyebut Danau yang berada di posisi atas dengan sebutan Danau Dibawah sedang Danau yang berada di bawah justru disebut Danau Diateh.

Danau dengan posisi paling atas, paling banyak dikunjungi wisatawan karena jaraknya memang paling dekat. Selain itu panorama yang ada di sini lebih dari cukup untuk memanjakan mata, lewat alamnya yang berbalut pepohonan serta airnya yang jernih. Begitu jernihnya air danau ini sehingga pengunjung dapat melihat ikan-ikan yang berenang di bawah permukaan air.

Danau Talang

sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/dettkonga/18354454216

Air danau yang hijau terhampar, udara yang bersih dan segar serta panorama alam yang memukau di Danau Talang, dipastikan akan memberikan kedamaian bagi siapapun yang datang ke sini. Terlebih suasana sekeliling yang sepi karena memang cukup jarang pengunjung yang datang ke sini, akan membuat danau yang indah tersebut serasa milik pribadi.

Air Terjun Kapalo Banda Kapalo Koto Hilalang

sumber gambara: http://masihbaru.com

Keindahan air terjun yang memiliki nama cukup panjang ini tidak perlu disangsikan. Apalagi suasana sekeliling masih sangat alami karena jarangnya pengunjung yang datang ke sini dan masih belum adanya satupun fasilitas bagi para wisatawan.

Bagi penggemar travelling, nama Air terjun Kapalo Banda Kapalo Koto Hilalang ini memang masih cukup asing, karena pemerintah setempat belum menetapkan destinasi ini sebagai objek wisata. Itu sebabnya, selain tidak ada satupun  fasilitas, air terjun ini juga tidak masuk ke dalam daftar promosi wisata Kabupaten Solok.

Entah kenapa? Mungkin karena tempatnya yang terpencil dan berada jauh di dalam hutan yang butuh waktu lebih dari satu jam untuk menuju ke lokasi dengan berjalan kaki.

Air Terjun Sarasah Batimpo

sumber gambar: http://masihbaru.com

Berbeda dengan Air terjun Kapalo Banda Kapalo Koto Hilalang, objek wisata yang juga berada di kawasan hutan ini cukup dikenal dan banyak didatangi wisatawan, karena sudah dikelola dengan baik plus disediakan sejumlah fasilitas untuk membantu pengunjung.

Jaraknya yang hanya sekitar 7 km dari pusat Kota Solok membuat Air Terjun Sarasah Batimpo juga cukup mudah dijangkau. Pengunjung yang datang dengan membawa kendaraan, bisa langsung menempatkannya di area parkir. Selanjutnya akan ada petugas yang memandu menuju ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki sejauh setengah km.

Meski harus masuk ke kawasan hutan, pengunjung tidak perlku khawatir, karena rute yang menuju  ke lokasi senantiasa di bersihkan dari semak belukar, dan dijaga keamanannya agar tidak ada hewan liar yang membahayakan masuk ke kawasan wisata.

Rumah Pohon, Taman Laing, Solok

sumber gambar; http://alarifrahman.blogspot.com

Meski objek wisata ini relatif masih baru, namun cukup populer di kalangan masyarakat Solok, sehingga hampir setiap hari tidak pernah sepi dari pengunjung, baik anak-anak muda maupun mereka yang datang bersama keluarga.

Daya tarik dari objek wisata ini adalah suasananya yang menawarkan rasa sejuk dan nyaman dengan udara segar khas pedesaan. Selain suasana yang nyaman untuk beristirahat, terdapat pula sejumlah spot menarik untuk berfoto, salah satunya adalah dua buah rumah pohon yang berada pada ketinggian 10 meter. Kedua rumah pohon tersebut masing-masing berkapasitas 5 orang dewasa ditambah 10 anak-anak.

Puncak Gobah

sumber gambar: http://elzamemora.blogspot.com

Objek wisata baru lainnya yang juga sangat populer di Solok adalah Puncak Gobah. Dikelola oleh warga setempat, destinasi ini menyediakan sejumlah spot foto dan taman bunga yang cantik bagi para pengunjung, utamanya anak-anak muda yang gemar berselfie ria.

Terdapat pula persewaan paralayang bagi yang ingin mencoba memacu adrenalin. Sedang bagi yang ingin menikmati panorama alam, dapat menuju ke rumah pohon yang menghadap  langsung ke arah Danbau Singkarak.

Kebun Teh Alahan Panjang

http://jalan-jalanbasamosamo.blogspot.com

Kebun teh yang berada di Kecamatan Lembah Gumanti ini jaraknya sekitar 65 km dari Kota Padang. Berada di atas ketinggian 1400 – 1600 meter dpl, membuat udara sekeliling terasa sejuk bahkan cenderung dingin.

Kebun Teh Alahan Panjang tidak hanya menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Solok, tapi juga tidak sedikit wisatawan yang datang dari Medan, Pekanbaru dan Jambi. Mereka yang datang di sini, selain dapat menyaksikan indahnya hamparan kebun teh yang menyejukkan mata dengan dominasi warna hijaunya, juga dapat menikmati kuliner lokal yang nikmat, seperti sate dan kolak kundua dan tentunya teh asli Alahan Panjang.

Puncak Happy Guguak Sarai

sumber gambar: https://pesona.travel

Puncak Guguak Sarai atau yang lebih dikenal dengan sebutan Puncak Happy, berada di lokasi yang cukup terpencil, sehingga tidak semua warga Solok tahu, dimana lokasi dari puncak ini. Apalagi Solok dikelilingi oleh perbukitan dan masing-masing bukit memiliki puncak.

Puncak Happy berada di jalur penghubung antara Kota Sawahlunto dengan Kota Padang. Lokasi hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, itupun masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki dan memanjat tebing.

Perjalanan ekstrim dan melelahkan yang harus dilalui tersebut  akan terbayar lunas begitu sampai di puncak. Karena dari sini pengunjung dapat menikmati lanskap Kota Solok yang indah di setiap sudutnya, mulai dari rumah-rumah penduduk, area persawahan, sungai dan jalan yang berliku-liku.

Nagari 1000 Rumah Gadang

sumber gambar: http://takaitu.com

Jangan mengatakan pernah datang ke Solok sebelum berkunjung ke Nagari 1000 Rumah Gadang. Sebab disinilah pusat dari budaya Minangkabau yang memanjakan wisatawan lewat  indahnya budaya, santunnya tutur kata dan lezatnya kuliner ranah Minang.

Mata pengunjung akan dibuat terpesona saat melihat ratusan rumah gadang yang berdiri berjajar dengan gaya arsitekturnya yang memukau. Rumah-rumah adat yang masih orisinil tersebut akan membawa wisatawan ke masa lampau, apalagi saat disusul dengan atraksi tarian tradisional serta kuliner yang memanjakan lidah. (*)

Comments

Loading...