OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Tambrauw

Berbicara tentang wisata di Papua Barat, pastinya yang terpikirkan olehmu adalah Raja Ampat yang sudah mendunia. Padahal, selain Berkegiatan Seru 3 Hari 2 Malam di Raja Ampat, terdapat wisata lain yang tak kalah indahnya, seperti misalnya lokasi-lokasi wisata di Kabupaten Tambrauw. Berikut ini adalah lokasi wisata di Tambrauw yang tak kalah keren dari Raja Ampat, yang wajib kamu kunjungi.

Pantai Sausapor

Sumber: Instagram @anthony_rad4

Sumber: Instagram @laiazurdo

Lokasi wisata pertama yang bisa kamu kunjungi di Tambrauw adalah Pantai Sausapor. Pantai ini tergolong masih asri dan alami, sehingga pantainya terlihat bersih. Kamu juga bisa melihat pemandangan laut yang memanjakan mata. Jangan sampai terlewat juga untuk menikmati pemandangan matahari terbenam alias sunset di sini, sekaligus mengabadikannya lewat foto.

Pantai Werur

Sumber: Instagram @ys_aja

Selain Pantai Sausapor, ada pantai lain di Tambrauw yang bisa kamu kunjungi, yaitu Pantai Werur. Sama seperti Pantai Sausapor, di pantai ini kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan memukau, ditambah lagi dengan suasana romantis matahari terbenam di pantai ini. Selain keindahan alam, daya tarik pantai ini ada pada peninggalan Perang Dunia II, yaitu bekas landasan pacu, yang dulu digunakan tentara Sekutu.

Pulau Dua


Sumber: Instagram @hellotambraw

Sumber: Instagram @hellotambraw

Sesuai namanya, tempat ini terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Amsterdam dan Pulau Middleburg. Pulau Dua juga dikenal dengan nama lain Meossu. Kedua pulau ini menawarkan pemandangan indah, baik di permukaan laut maupun pemandangan bawah lautnya. Air laut yang ada di pulau ini sangat jernih, sampai-sampai kamu bisa melihat kehidupan bawah laut dari permukaan lautnya saja tanpa perlu menyelam.

Pantai Jamursba Medi

Sumber: Instagram @freewestpapua.australia

Jika dilihat dari kejauhan, Pantai Jamursba Medi ini memang terkesan kurang bersih karena warna pasirnya terlihat kecoklatan, bukan putih seperti pantai-pantai sebelumnya. Namun jangan salah, meski berwarna kecoklatan, pasir di pantai ini tetap lembut. Keunikan lain dari pantai ini adalah merupakan salah satu lokasi dari Penyu Belimbing untuk bertelur. Jangan heran jika suatu hari kamu melihat ada penyu sedang bertelur di pantai ini.

Kampung Senopi

Sumber: Instagram @chun_funkypapua

Di Kampung Senopi ini kamu bisa melihat secara langsung penampakan Burung Cenderawasih, atau yang kerap dijuluki sebagai Burung Surga. Saat sore hari, Burung Cenderawasih jantan akan berkumpul di satu pohon, dan melakukan ‘tarian’ untuk memikat Cenderawasih betina. Peristiwa ini bisa dikatakan sebagai peristiwa yang tak akan kamu lihat di tempat lain, jadi jangan lupa untuk mengabadikannya.

Air Terjun Anenderat

Sumber: Instagram @sitti_q

Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Papua, karena terdiri dari 7 tingkat. Untuk bisa menuju ke air terjun ini terbilang cukup menantang, karena memang belum memiliki fasilitas memadai. Bahkan untuk palang namanya saja masih terbuat dari bahan seadanya dan dibuat oleh warga setempat. Karena masih jarang dikunjungi wisatawan, air terjun ini terbilang bersih. Jika kamu hendak ke sini, jangan lupa untuk menjaga kebersihan air terjunnya.

Bukit Sontiri


Sumber: Instagram @kuturotibasi

Jika ingin melihat pemandangan dari ketinggian, maka Bukit Sontiri adalah tempat yang tepat. Bukit ini berada di Distrik Kebar, dan kerap dijuluki sebagai Bukit Teletubbies dikarenakan banyak terdapat bukit yang mirip dengan Bukit Teletubbies. Di sini kamu bisa menyaksikan langsung pemandangan matahari terbit dan juga matahari terbenam. Bahkan kamu juga bisa berkemah di sini, agar tak terlewat momen matahari terbit.

Lembah Kebar

Sumber: Instagram @intanlintong

Masih dekat dengan Bukit Sontiri, kamu bisa mengunjungi Lembah Kebar. Di mana di lembah tersebut kamu bisa melihat banyak sapi yang berkeliaran. Pemandangan ini membuat kamu serasa di luar negeri, tepatnya di Swiss. Wajar saja kamu akan melihat banyak sapi, karena Kebar merupakan tempatnya populasi sapi ternak. Selain di pemukiman penduduk, sapi ini juga berkeliaran bebas d hutan.

Pemandian Air Panas Wararemi

Sumber: Instagram @kuturotibasi

Setelah puas dari Bukit Sontiri, maka kamu bisa mampir ke Pemandian Air Panas Wararemi. Uniknya, pemandian ini adalah pemandian air panas alami. Di sini kamu bisa bersantai sejenak menikmati air panas. Di sekeliling pemandian ini juga terdapat pepohonan rindang, yang membuat suasana jadi sejuk.

Pantai Jeen Wowom

Sumber: Instagram @amir_rully

Kamu juga bisa mengunjungi Pantai Jeen Wowom, dengan pemandangan khas pantainya yang indah dan pastinya bikin kamu betah. Pantai ini beberapa waktu lalu telah diresmikan menjadi kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau kecil (KKP3K). Yang unik dari pantai ini adalah adanya batu berbentuk mirip penyu. Kadang batu ini disebut dengan batu rumah.

Selain Raja Ampat, kini kamu punya alternatif lain untuk berlibur saat berada di Papua Barat.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…