OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Tanah Datar

Mungkin beberapa dari kamu masih asing dengan Kabupaten Tanah Datar yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Ternyata, Tanah Datar menyimpan potensi wisata yang cukup besar, karena terdapat beberapa lokasi wisata yang bisa ditemui di sini, mulai dari wisata alam, sampai wisata budaya. Berikut ini adalah tempat wisata di Tanah Datar yang sayang untuk dilewatkan.

Istana Pagaruyung

https://www.instagram.com/rudiandriano/

Istana yang terletak di Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas ini merupakan replika dari istana asli yang berada di Bukit Batu Patah. Di sini kamu bisa menikmati megahnya bangunan istana, yang bakal membuatmu terpukau. Kamu juga bisa melihat benda-benda peninggalan dari Kerajaan Pagaruyung, yang tentunya bernilai sejarah tinggi.

Cagar Budaya Batu Batikam

https://www.instagram.com/afzan_yusuf/

Di cagar budaya ini kamu bisa melihat batu yang cukup unik. Kabarnya, batu ini memiliki lubang di tengahnya, yang menurut sejarah merupakan bekas tusukan keris Datuak Parpatiah Nan Sabatang. Rupanya, batu ini merupakan bukti adanya Kerajaan Minangkabau pada zaman Neolitikum. Bila kamu penasaran dengan batu ini, langsung saja kunjungi Cagar Budaya Batu Batikam ini di Dusun Tuo, Kabupaten Tanah Datar, sekitar 10 menit perjalanan dari kota Batusangkar.

Danau Singkarak

https://www.instagram.com/erwindeje/

Karena memiliki pemandangan yang indah, Danau Singkarak ini tak pernah sepi dari pengunjung, baik pengunjung lokal maupun dari luar kota. Ada beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan di danau ini, seperti berenang, memancing, berkeliling danau menggunakan perahu, atau menangkap ikan bersama dengan nelayan lokal. Daya tarik lainnya dari danau ini adalah terdapat beberapa spesies ikan yang hidup di sini. Dikatakan ada 19 spesies ikan di danau ini.

Benteng Van Der Capellen

https://www.instagram.com/elizahmuliyani/

Benteng ini merupakan peninggalan Belanda, yang sekaligus menjadi saksi bisu zaman penjajahan Belanda. Keberadaan benteng ini erat kaitannya dengan Perang Padri pada tahun 1821, yang merupakan peperangan antara kaum Adat dengan kaum Padri. Buat kamu yang menyukai sejarah Indonesia, wajib untuk mengunjungi benteng ini. Selain belajar sejarah, kamu juga bisa foto-foto di sini.

Air Terjun Lembah Anai

https://www.instagram.com/wrangland/

Berkunjung ke Tanah Datar, maka wajib untuk mengunjungi Air Terjun Lembah Anai, karena letaknya berada persis di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang. Di air terjun ini kamu bisa menikmati segarnya air, serta mencoba kuliner khas Minangkabau yang dijual oleh pedagang di sekitar air terjun ini. Tentu saja, mengunjungi air terjun ini kurang lengkap tanpa foto-foto berlatar air terjun yang indah.

Mifan (Minang Fantasi)

https://www.instagram.com/prof_classic_art/

Mifan bisa dibilang merupakan Dufan-nya Minang. Di sini terdapat berbagai wahana seru yang bisa dicoba, mulai dari wahana air, sampai wahana daratan.  Asyiknya lagi, kamu bisa menjajal berbagai wahana sambil menikmati udara sejuk, karena letak Mifan berada di tengah perbukitan. Meski tersedia wahana daratan seperti komedi putar, namun yang paling banyak dikunjungi adalah wahana airnya.

Panorama Tabek Patah

https://www.instagram.com/r_hidayat90/

Buat yang ingin menenangkan diri, bisa mengunjungi Panorama Tabek Patah. Pasalnya, di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah berupa bentangan persawahan dengan siluet gunung di kejauhan. Kamu bisa bersantai-santai di sini untuk membuat pikiran tenang, dan pastinya tempat ini cocok dijadikan lokasi foto-foto.

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

https://www.instagram.com/nurulsukma.p/

Wisata budaya lainnya yang bisa kamu kunjungi di Tanah Datar adalah Rumah Gadang Kampai Nan Panjang, yang merupakan rumah adat dengan arsitektur khas Minang. Konon, rumah ini sudah didirikan sejak 300 tahun lalu oleh Datuk Penghulu Basa dari Suku Kampai Nan Panjang, dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Di dalamnya, terdapat 7 kamar, dengan ruang tengah tanpa sekat. Pastinya bangunan ini bakal membuat kamu terpana.

Gua Ngalau Pangian

https://www.instagram.com/rockstartiket/

Tanah Datar juga tak ketinggalan memiliki wisata gua, yaitu Gua Ngalau Pangian. Di gua ini terdapat air yang dikatakan terus mengalir sepanjang waktu, tanpa kenal musim. Air ini juga terbilang jernih, dan kejernihan air ini bisa memukau siapa pun yang mengunjungi gua ini. Tak hanya airnya saja, pemandangan lain yang disuguhkan gua ini adalah stalaktit dan juga stalakmit, yang akan membuat kamu sadar akan kebesaran Tuhan.

Puncak Pato

https://www.instagram.com/hiisdjambak/

Puncak Pato menawarkan pemandangan yang indah di sekelilingnya berupa persawahan yang hijau. Karena di sini banyak ditumbuhi pohon pinus, maka sudah pastinya udaranya sejuk dan membuat nyaman. Namun yang membuat tempat ini berbeda adalah selain bisa menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa berwisata sejarah. Tempat ini merupakan saksi bisu dari peristiwa yang disebut dengan Sumpah Satiah Bukit Marapalam, yang menjadi puncak kesepakatan antara kaum agama dan kaum adat Minangkabau.

Bagi kamu yang sedang di Tanah Datar, jangan lupa untuk mengunjungi lokasi-lokasi di atas ya.

Comments

Loading...