OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Tomohon

Provinsi Sulawesi Utara terkenal karena merupakan lokasi Taman Laut Bunaken yang sudah mendunia. Padahal, di Sulawesi Utara masih ada lagi kota lainnya yang menawarkan destinasi wisata yang tak kalah seru. Kota itu adalah Tomohon. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Tomohon.

Danau Linow

Sumber: Instagram @danau.linow
Sumber: Instagram @danau.linow

Ternyata, danau yang memiliki 3 warna bukan hanya Danau Kelimutu saja, karena di Tomohon terdapat Danau Linow, yang juga memiliki 3 warna. Bedanya, di Danau Linow hanya terdapat satu danau, yang menampilkan 3 warna, yaitu hijau, biru toska dan coklat susu. Kadang, kamu akan melihat 3 warna tersebut secara bersamaan, namun warna yang lebih sering muncul hanya 2 warna saja. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi keindahan danau ini.

Bukit Doa

Sumber: Instagram @farlyjulio

Bagi kamu yang ingin wisata religi di Tomohon, bisa mengunjungi Bukit Doa, yang terletak di sebelah Utara Tomohon. Selain digunakan sebagai tempat ibadah umat Kristiani, tempat ini memiliki daya tarik lainnya, yaitu keindahan alamnya yang memukau. Buat kamu yang beragama selain Kristen tentunya boleh mengunjungi bukit ini untuk menikmati pemandangan alamnya, berupa siluet Gunung Lokon. Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam alias sunset.

Desa Sawangan

Sumber: Instagram @kab.minut

Selain wisata religi, kamu juga bisa wisata budaya sekaligus wisata sejarah di Desa Sawangan. Di Desa Sawangan ini terdapat Waruga, yang merupakan makam masyarakat Minahasa yang terbuat dari batu kuno. Dikatakan terdapat 144 Waruga di desa ini, dari total sekitar 2 ribu Waruga yang tersebar di seluruh Minahasa.

Puncak Temboan

Sumber: Instagram @andree_neru

Di Puncak Temboan ini, kamu bisa menikmati pemandangan kota Tomohon dari ketinggian. Kamu bisa memilih untuk datang pada pagi hari atau sore hari. Jika kamu datang pada pagi hari, maka suasananya masih sepi dan udaranya sejuk. Pemandangannya juga cukup indah meski sedikit tertutup kabut. Jika kamu datang pada sore hari juga tak masalah, karena kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Gunung Mahawu

Sumber: Instagram @pegi_pegi

Di gunung ini kamu bisa menikmati keindahan alam berupa kawah. Tenang saja, karena kawah gunung ini sudah tak aktif. Kamu bisa berkeliling kawah ini dengan berjalan kaki sambil ditemani asap belerang yang berasal dari kawah. Tak cuma menikmati kawah saja, di sini bahkan kamu bisa berburu foto berbagai jenis burung, yang dikatakan berjumlah 20 jenis, yang kebanyakan adalah hewan endemik Sulawesi, seperti Celepuk Sulawesi, atau Manguni. Terdapat pula burung jenis Ceret Coklat dan juga Kancilan Perut Kuning.

Air Terjun Tumimperas

Sumber: Instagram @ferdinandrau

Berikutnya di Tomohon kamu bisa berwisata menikmati air terjun, tepatnya di Air Terjun Tumimperas di Kelurahan Pinaras. Di air terjun setinggi 52 meter ini, kamu bisa merasakan segarnya percikan air terjun, ditambah lagi dengan nuansa sejuk karena terdapat banyak pohon rindang di sekitar air terjun. Sayangnya, air terjun ini terkesan kurang terurus. Meski demikian, kamu tetap bisa foto-foto di air terjun ini sesuka kamu. Berita paling baiknya, untuk bisa masuk ke sini kamu tak dipungut biaya alias gratis.

Perkampungan Bunga

Sumber: Instagram @kaisantigarden
Sumber: Instagram @kaisantigarden

Sesuai dengan namanya, perkampungan yang terletak di Kelurahan Kakaskasen ini diisi dengan beragam pot hias dan bunga, sehingga sejauh mata memandang, kamu akan melihat padang bunga yang indah. Selain berguna untuk keindahan, ternyata bunga-bunga yang ada di sini merupakan sumber penghasilan warga lokal. Tanpa adanya bunga ini, warganya tak akan bisa hidup makmur dan sejahtera.

Hutan Wisata Lahendong

Sumber: Instagram @david_ondang

Di sini kamu akan menemukan hutan pinus, ditambah lagi terdapat sumber air panas yang bisa digunakan sebagai pemandian. Kamu bisa datang ke pemandian ini untuk melepaskan penat, sekaligus mengembalikan semangat kamu. Setelah dari pemandian, kamu bisa mencicipi berbagai jajanan yang berada di lokasi ini, seperti pisang goreng, atau jagung rebus yang disajikan dengan sambal.

Puncak Rurukan

Sumber: Instagram @siegmund_johanez

Di Puncak Rurukan ini kamu bisa melihat pemandangan yang indah, dan membuat kamu serasa berada di luar negeri, karena sepanjang mata memandang, kamu hanya akan melihat pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Kamu bisa santai-santai di sini saat weekend atau akhir pekan bersama teman dan keluarga kamu.

Pagoda Ekayana

Sumber: Instagram @mexesscreamo

Pagoda ini merupakan salah satu dari ikon kota Tomohon, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Fungsi utama pagoda ini jelas merupakan tempat ibadah umat Buddha. Namun bagi yang ingin melihat-lihat saja tetap diperbolehkan masuk.

Sudahkah kamu mengunjungi semua destinasi di atas?

Comments

Loading...