OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Favorit di Supiori

sumber gambaar: https://merahputih.com

Supriori adalah nama pulau sekaligus nama kabupaten terkecil di Indonesia yang letaknya berdekatan dengan Pulau Biak dan hanya dipisahkan oleh Selat Sorendiweri. Di atas selat itulah berdiri sebuah jembatan sepanjang 100 meter yang menghubungkan kedua pulau tersebut.

Supriori hanya memiliki 5 kecamatan/distrik yang membawahi 38 desa/kampung. Meski luas kabupaten ini relatif kecil, namun keindahan alamnya yang luar biasa khas tanah Papua, membuatnya memiliki potensi yang besar di sektor paariwisata.

Banyak destinasi-destinasi wisata di Supriori yang menarik untuk dikunjungi. Diantara sekian banyak objek wisata tersebut, berikut 10 tempat wisata favorit di Supriori.

Air Terjun Wabudori

sumber gambar: https://travel.detik.com

Air terjun yang terletak di Desa Sambar Mikore ini merupakan rangkaian air terjun yang terdiri atas tujuh tingkat di sepanjang Sungai Wabudori. Berada di tengah kawasan hutan, membuat spot wisata ini cukup sulit untuk dijangkau karena harus melewati hutan mangrove dan hutan cagar alam.

Karena itu, pengunjung yang membawa kendaraan harus memarkir kendaraannya di tempat pemberhentian yang oleh masyarakat setempat dinamakan “Indas Murem” selanjutnya berjalan kaki selama 40 menit sebelum akhirnya tiba di lokasi.

Jangan salah, lokasi yang dimaksud hanya merupakan air terjun tingkat pertama. Untuk menjelajah ketujuh air terjun yang ada, dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi dengan tenaga yang ekstra dan persiapan yang matang, karena medan yang harus ditempuh jauh lebih ekstrim.

Namun, di lokasi Air Terjun Wabudori tingkat pertama itupun sudah lebih dari cukup untuk memanjakan mata, karena keeksotisan dari pemandangan air terjun tersebut plus pemandangan di sekitarnya sulit untuk diungkap dengan kata-kata.

Air Terjun Masriv

sumber gambar: https://www.instagram.com/p/BY2Kjhqjv_8/

Berlokasi di Kampung Odori, Distrik Supiori Selatan, objek wisata ini dapat ditempuh selama 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan dari ibukota kabupaten. Pengunjung juga tidak perlu bersusahpayah untuk tiba di lokasi karena lokasi air terjun cukup dekat dengan jalan raya.

Air terjun yang juga sangat menawan ini memiliki curahan air yang sangat deras dari atas, namun di bagian bawah arusnya sangat tenang. Sehingga pengunjung akan aman saat mandi dan berenang untuk merasakan kesegaran airnya. Di sekitar lokasi air terjun banyak terdapat batu-batu besar dengan berbagai bentuk yang menarik untuk dijadikan spot foto.

Selain dijadikan sebagai objek pariwisata, Air Terjun Masriv juga dimanfaatkan sebagai sumber energi PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro) yang memberikan energi listrik bagi masyarakat sekitar hingga ke kampung Odori.

Pantai Sorendiweri

sumber gambar: https://insta-stalker.com/tag/supiori/

Kondisinya yang masih alami membuat pasir putih yaang terhampar di pesisir pantai terlihat sangat bersih dan indah. Keindahan tersebut masih ditambah lagi dengan panorama sekitar yang dikelilingi perbukitan serta hamparan laut lepas yang menjadi bagian dari Samudra Pasific dengan perahu-perahu nelayaan tradisional yang bercadik.

Pantai yang berada di ibukota Kabupaten Supiori ini cukup mudah dijangkau karena dihubungkan dengan jalan beraspal. Pengunjung yang datang dari Biak tinggal menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaaraan selama kurang lebih 1,5 jam dan menyeberangi jembatan yang menghubungkan Pulau biak dengan Pulau Supiori.

Pulau Rani

sumber gambar: http://wisata222.blogspot.com/

Perjalanan lewat jalur air dari Supiori menuju Pulau Rani yang berada di Distrik Kepulauan Aruri dapat ditermpuh selama kurang lebih 30 menit. Menariknya, selama diperjalanan wisatawan berkemungkinan menjumpai sekawanan lumba-lumba yang berenang dan melakukan atraksi melompat-lompat di atas permukaan air.

Pulau Rani merupakan salah satu objek wisata unggulan di Supiori. Dengan dikelilingi pantai berpasir putih, membuat mata wisatawan serasa dimanjakan begitu menginjakkan kaki di pulau ini. Sebagian kawasan pantainya juga dihiasi dengan area hutan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa sehingga membuatnya semakin indah.

Pulau Mapia

sumber gambar: https://dokteraldi.files.wordpress.com

Pulau Mapia merupakan Pulau terbesar yang ada di Kepulauan Mapia dengan luas 332 hektar. Kepulauan terluar Indonesia yang berbataasan dengan Rapublik Palau ini terdiri atas 5 pulau yang dikelilingi karang seluas 37.760 hektar dan memiliki laguna seluas 3.000 hektar.

Lagoon tersebut memiliki kedalaman 4 – 22 meter sehingga sangat menarik bagi mereka yang menyukai aktifitas diving dan snorkeling. Terlebih lagoon  tersebut berhiaskan berbagai jenis terumbu karang, ikan dan berbagai macam habitat laut.

Selain memiliki panorama pantai yang menawan, Pulau Mapia juga dihuni oleh berbagai jenis hewan yang jarang dijumpai di tempat-tempat lain, seperti penyu, bebek laut, ikan serta burung endemik. Sehingga meski lokasinya cukup terpencil, namun tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke sini, termasuk wisatawan dari manca negara.

Pulau Brassi

sumber gambar: https://redransel.wordpress.com

Seperti halnya Pulau Mapia, Pulau Brassi juga merupakan salah satu pulau yang menjadi bagian dari gugusan kepulauan Mapia. Selain menyuguhkan keindahan panorama pantai dengan alam bawah laut yang memukau, wisatawan yang datang ke pulau ini juga dapat melihat sisa-sisa Perang Dunia II.

Dahulu, pulau ini memang dijadikan sebagai salah satu basis pertahanan Tentara Jepang sebelum akhirnya dibombardir dan dihancurkan oleh pasukan Sekutu. Sisa-sisa Perang Dunia tersebut tersebar di hampir semua kawasan di pulau ini. Bahkan, sampai sekarang penduduk yang menggali tanah cukup dalam, tidak jarang menemukan bom dan proyektil yang masih aktif.

Di pulau ini juga dapat ditemui makam orang-orang Palau yang pertama kali mendiami Pulau Brassi. Makam-makam tersebut berbentuk susunan batu karang yang mirip dengan makam-makam zaman pra-sejarah.

Pulau Insumbabi

sumber gambar: http://biak-anglers.blogspot.com

Memiliki skor 35 berdasarkan penilaian Dirjen Penyerasian Riset dan Eksplorasi Laut Departemen Kelautan dan  Perikanan, membuat Taman Laut Pulau Insumbi menduduki peringkat teratas sebagai Taman Laut terindah di dunia bersama dengan taman Laut yang ada di Kepulauan Padaido, Tukang Besi dan Takabonerate yang kesemuanya ada di Indonesia.

Berada di daerah Supiori Selatan tepatnya di sebelah Barat Pulau Rani, wisatawan dapat menuju ke Pulau Insumbabi dengan melakukan perjalanan darat dari Biak menuju ke Korido. Sesampai Korido perjalanan dilanjutkan dengan melalui jalur laut selama kurang lebih satu jam.

Pantai Wafor

sumber gambaar: http://wisata222.blogspot.com/

Inilah pantai yang digadang-gadang akan menjadi primadona pariwisata di Supiori, karena keindahannya tidak kalah dari Raja Ampat dan ombaknya tidak kalah dahsyat dari Pantai Kuta di Bali. Untuk itulah Pemerintah Daerah Supiori membangun berbagai fasilitas bagi para wisatawan seperti gazzebo, cottage, hotel, dan beberapa fasilitas yang lain.

Pantai Warawe Nyiben

sumber gambar: http://supiroiindah.blogspot.com

Meski belum dikelola secara serius oleh pemerintah dan terbilang sepi dari kunjungan wisatawan, namun pantai yang satu ini bakal memberi kepuasan kepada siapapun yang datang berkunjung. Bahkan, suasana sepi di kawasan pantai justru akan menjadi bonus bagi wisatawan yang menginginkan suasana yang tenang dan nyaman.

Seperti halnya pantai-pantai lain yang ada di Supiori, Pantai Warawe Nyiben dihiasi hamparan pasir putih dan dikelilingi pepohonan di pinggir pantainya, terutama pohon-pohon kelapa yang membuat panorama ssemakin indah.

Kepulauan Padaido

sumber gambar: http://formalitas-travel.blogspot.com

Bukan hal yang aneh jika Kepulauan Padaido menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi turis mancanegara, karena kawasan perairan yang ada di kepulauan ini merupakan salah satu taman laut terbaik di dunia.

Kepulauan yang letaknys di sebelah Timur Biak ini terdiri atas 21 pulau, 8 diantaranya tidak berpenghuni. Sebagai akuarium raksasa, berbagai aktifitas menarik di kawasan perairan dapat dilakukan oleh para wisatawan, mulai dari memancing, berperahu, berenang di tepi pantai hingga diving dan snorkeling. (*)

Comments

Loading...