OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Hits di Konawe Selatan

Sumber: telisik.id

Sejak berdiri menjadi kabupaten sendiri pada 25 Mei 2003, hasil pemekaran dari Kabupaten Kendari, Konawe Selatan terus berbenah di sektor pariwisata. Perlahan tapi pasti objek-objek wisata yang ada terus dibenahi disamping menggali objek-objek wisata yang masih belum tereksplorasi. Semuanya dilakukan secara bertahap karena keterbatasan dana.

Namun keseriusan dari Pemkab Konawe Selatan dalam membangun sektor pariwisata, sedikit demi sedikit membuahkan hasil, sehingga memberikan sumbangan yang tidak kecil bagi PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Meningkatnya PAD dari sektor pariwisata, seiring dengan bertambah banyaknya objek wisata yang dieksplorasi. Diantara sekian banyak objek wisata yang ada di Kabupaten yang beribukota di Andoolo ini, berikut 10 tempat wisata hits di Konawe Selatan.

Puncak Ahuawali

Sumber: Instagram @riswanpaharuddin

Keindahan alam pegunungan dengan hamparan padang savana yang luas dan pepohonan yang berjajar rapi menjadi menu utama yang disuguhkan Puncak Ahuawali yang terletak di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala ini.

Menu pelengkap lain yang membuat “Negeri di Atas Awan” ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi adalah lanskap alam yang ada di bawahnya, sunrise dan sunset yang dinikmati dari kawasan pegunungan, serta menyusuri jejak sejarah para wali, karena konon  kawasan pegunungan inilah yang dijadikan titik awal para wali dalam menyebarkan Agama Islam.

Puncak Saiful Tamburaka

Sumber: Instagram @puncak_st

Jika masih belum puas menikmati indahnya alam pegunungan, wisatawan   yang telah mengunjungi mengunjungi Puncak Ahuwali dapat melanjutkan perjalanan ke Puncak Saiful Tamburaka. Bedanya, jika Ahuwali lebih banyak dikunjungi pecinta wisata minat khusus, seperti hiking, sementara Puncak Saiful Tamburaka merupakan tempat favorit anak-anak muda yang suka bersellfie ria.

Objek wisata yang berada di Desa Wowanggu, Kecamatan Kadia ini memang dilengkapi dengan sejumlah spot yang instagramable untuk berswafoto, seperti papan bundar, papan love, rumah pohon, serta yang lain. Disamping sejumlah fasilitas yang lain  seperti kursi taman, gazebo, kamar mandi serta kantin sederhana.

Desa Wisata Namu


Sumber: Instagram @ipankpiabang

Sumber: Instagram @ ilovesultra

Menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Laonti, untuk menuju ke lokasi, wisatawan hanya diberi satu pilihan akses yaitu melalui jalur laut dengan menumpang kapal dari Pelabuhan Langgapulu yang ada di Kecamatan Kolono Timur. Perjalanan di atas permukaan air tersebut memakan waktu sekitar 30 menit.

Sesampai di Desa Wisata Namu, siapapun bakal enggan untuk pulang, karena setiap sudut dari desa ini terlihat sangat menawan. Selain itu, sejumlah objek wisata alam yang eksotis juga dapat dinikmati di desa ini, mulai dari Hutan Suaka Margasatwa, danau, air terjun serta 7 pantai dan taman bawah laut yang dipenuhi terumbu karang. Belum lagi keunikan adat dan tradisi lokal serta kulinernya yang lezat.

Pantai Pulau Senja

Sumber: Instagram @nhaegerhana
Sumber: Instagram @pejalan_sulawesi

Pulau Senja merupakan bagian dari wilayah Desa Wawatu, Kecamatan Moramu Utara yang berjarak sekitar 24 km dari Kota Kendari ke tempat penyeberangan, sebelum dilanjutkan dengan menggunakan perahu menuju pulau yang eksotis ini. Jadi akses untuk menuju ke lokasi terbilang mudah, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

Alasan lainnya yang menjadikan pulau ini banyak dikunjungi wisatawan adalah pantainya yang luar biasa indah. Kawasan perairan di Pulau Senja dihiasi oleh pegunungan batu karang yang terpisah satu sama lain. Sehingga saat dilihat dari pantai, tampak seperti miniatur Raja Ampat.

Belum lagi keindahan yang disuguhkan oleh bibir pantai berpasir putih yang melengkung, bukit-bukit yang mengelilingi kawasan pantai, serta taman bawah lautnya yang berhias terumbu karang serta berbagai janis ikan dan habitat laut.

Hutan Suaka Tanjung Peropa

Sumber: Instagram @___mokipidmomoririta__
Sumber: Instagram @chris13jkt

Keanekaragaman ekosistem hutan tropis, hutan belukar, hutan bakau dan hutan pantai tentu menjadi daya tarik sendiri bagi penggemar wisata adventure untuk menjelajah kawasan Hutan Suaka Tanjung Peropa.

Terlebih di kawasan hutan suaka ini terdapat banyak tumbuh-tumbuhan endemik yang berfungsi sebagai perlindungan sistem penyanggah kehidupan serta satwa-satwa endemik seperti anoa, kuskus, monyet hitam dan berbagai jenis burung.

Air Terjun Moramo


Sumber: Instagram @canro.simamarta

Berada di kawasan Suaka Alam Tanjung Paropa, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, air terjun ini tidak hanya sekedar indah tapi sangat mengagumkan. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, Air Tejun Moramo berbentuk cascade atau bertingkat yang terdiri dari 7 tingkatan utama ditambah 60 tingkatan kecil yang fungsinya semacam kolam alami sebagaimana air terjun-air terjun yang lain.

Air terjun ini sudah dikelola secara profesional oleh Pemerintah Daerah Konawe Selatan, terbukti dengan tersedianya sejumlah fasilitas bagi wisatawan yang datang berkunjung, seperti area parkir, gazebo dan tempat duduk di sejumlah titik, kamar mandi dan WC serta tempat beribadah.

Bukit dan Permandian Batu Kapur Alebo

Sumber: Instagram @maxpater3035

Kedua lokasi yang berada di Desa Alebo, Kecamatan Konda ini menjadi hits setelah kerapkali diunggah ke sosial media, oleh mereka yang pernah berkunjung ke sini. Tidak heran, karena kedua objek wisata alam tersebut memang terlihat instagramable di setiap sudutnya.

Sumber: zonasultra.com

Bukit Alebo berupa kawasan bukit yang dipenuhi dengan ilalang, sedangkan Permandian Batu Kapur Alebo berupa permandian alam yang memiliki kedalaman 5 meter dan dikelilingi oleh bebatuan krast yang menawan.

Wisata Bahari Desa Batu Jaya

Sumber: indonesia-tourism.com

Memiliki garis pantai sepanjang 728 meter, membuat Desa Batu Jaya yang ada di kecamatan Laonti ini, kaya akan tempat wisata pantai. Salah satunya adalah Pulau dan Pantai Taba-Tabaro.

Pulau Taba-tabaro adalah pulau tidak berpenghuni seluas 1 hektar yang ditumbuhi pohon-pohon bakau, cendana, anggrek hutan dan berbagai tumbuhan lainnya. Keindahan pulau ini tercipta dari perpaduan garis pantai berpasir putih yang panjang dengan bebatuan karang yang berada di bagian belakang pulau. Keindahan taman bawah laut yang ada di perairannya juga menjadi spot menarik bagi mereka yang gemar melakukan aktifitas snorkeling.

Pantai Taba-tabaro, merupakan kawasan pantai yang lokasinya berhadap-hadapan dengan Pulau Taba-tabaro. Dengan garis pantainya sepanjang 300 meter, wisatawan dapat leluasa beraktifitas di atas hamparan pasir putihnya. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati Selat dan Pulau Buton di kejauhan.

Air panas Lamokula

Sumber: zonasultra.com

Objek wisaata yang juga berada di wilayah Desa Batu Jaya ini bisa dibilang unik, karena saat air laut sedang surut, dari sumber bawah tanah keluar air panas. Pada saat air laut pasang, air panas tersebut sebenarnya juga keluar, namun mengalir dan menjadi satu dengan air payau.

Sumber-sumber air panas yang jumlahnya ada 5 buah tersebut berada di bawah pohon beringin yang usianya sudah ratusan tahun, bahkan konon sumber air panas tersebut setua peradaban manusia yang menempati Desa Batu Jaya.

Labuan Beropa

Sumber: seringjalan.com

 

Labuan Beropa adalah nama sebuah desa yang ada di kecamatan Laonti dengan luas sekitar 20 km2. Desa ini lebih dari layak untuk dijadikan sebagai Desa Wisata, karena setiap sudutnya menyuguhkan pemandangan yang menawan, salah satunya dissebabkan karena banyaknya pohon-pohon kelapa.

Selain itu, desa ini memiliki banyak objek wisata, mulai dari wisata pantai karena desa ini memang dikelilingi oleh pantai, wisata air terjun yang airnya keluar dari bebatuan karst,  sumber mata air yang tidak pernah kering yang airnya keluar dari batu cadas, serta taman laut yang cantik di kawasan perairannya. 

Sayangnya, Labuan Beropa hingga kini masih belum tersentuh proyek pembangunan objek-objek pariwisata di Kabupaten Konawe Selatan, sehingga wisatawan dari luar daerah belum banyak yang berkunjung ke sini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…