OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Mempesona di Musi Banyuasin

Tidak hanya kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, batubara, gas bumi serta mineral, Kabupaten Musi Banyuasin yang ada di Provinsi Sumatera Selatan ini juga dikenal memiliki cukup banyak objek wisata yang mempesona. Bahkan, masih ada beberapa destinasi wisata yang tersembunyi dan masih belum dikelola, baik oleh pemerintah maupun investor.

Diantara sekian banyak destinasi wisata yang ada, berikut 10 tempat wisata yang mempesona di Kabupaten yang beribukota di Sekayu ini.

Danau Ulak Lia

Sumber: Instagram @yons26

Memiliki bentuk seperti tapal kuda, danau ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, karena tempatnya yang rindang dan asri oleh jajaran pepohonan. Di kawasan sekitar danau juga disediakan semacam gazebo atau pondokan yang dapat dipakai oleh pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati indahnya alam.

Untuk menuju ke danau yang memiliki luas sekitar 75 hektar ini, wisatawan yang berangkat dari Sekayu dapat menempuh perjalanan darat sejauh 2,5 km. Danau Ulak Lia sendiri masuk ke dalam wilayah Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu.

Danau Konger

Sumber: Google

Nama Konger diambil dari nama seorang pengusaha, warga Amerika Serikat yang berjasa dalam pengeboran minyak serta pembangunan jalan yang melintasi sungai. Keindahan dari danau yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini sudah dapat dinikmati oleh wisatawan sejak dari kejauhan lewat airnya yang jernih berwarna kebiru-biruan.

Lokasi Danau Konger yang berada di Desa Sungai Dua, Kecamatan Sungai Keruh, membuat wisatawan yang datang dari Kota Sekayu harus menempuh perjalanan darat sejauh 45 km. Perjalanan yang lumayan jauh tersebut akan terbayar begitu sampai di lokasi, karena keindahan danau ini akan membuat rasa lelah seketika hilang.

Danau Air Batu

Sumber: Twitter @megaadputrii_48

Berlokasi di Desa Air batu Kecamatan Talang Kelapa, danau ini sebenarnya merupakan tanah bekas galian tambang yang digenangi oleh air. Namun karena keindahannya yang luar biasa, membuat salah satu dari 7 Danau Terindah yang Ada di Indonesia ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sehingga tanah bekas galian yang semula terbengkalai tersebut, pada akhirnya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai tempat wisata dengan memungut tarif sebesar Rp.5.000 kepada setiap pengunjung yang datang.

Indahnya danau ini berkat perpaduan antara hamparan airnya yang jernih berwarna kebiru-biruan dengan tanah dan bebatuan di tepian danau bekas kerukan alat-alat berat yang membentuk relief-relief yang indah. Karena begitu indah, membuat tempat ini kerap digunakan sebagai lokasi pengambilan foto pre-wedding.

Taman Pertanian Sekayu

Sumber: Google

Mengusung konsep agrowisata, Taman Pertanian Sekayu menempati lahan seluas 93 hektar yang terbagi atas 4 area, yaitu: Taman Eksotika atau Taman Buah-buahan, Taman Orkid yang ditanami berbagai jenis bunga yang ada di Indonesia, Taman Permainan Kanak-kanak serta Taman Rekreasi.

Karena mengusung konsep agrowisata, pengunjung yang datang ke sini tidak hanya dapat menikmati pemandangan sekeliling yang menentramkan, tapi juga dapat memetik buah-buahan langsung dari pohonnya untuk dimakan langsung di tempat atau dibawa pulang. Tentu saja jika ingin membawa pulang buah-buahan yang dipetik di taman ini, pengunjung harus mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan berat dan harga buah yang dipetik.

Taman Permata

Sumber: Google

Berlokasi di JL. Kolonel Wahid udin, Kota Sekayu, taman yang menempati area seluas 1 hektar ini dibangun oleh Pemkab Musi Banyuasin untuk menyediakan fasilitas rekreasi murah bagi masyarakat. Tidak heran jika Taman Permata setiap hari selalu ramai dikunjungi, baik anak-anak muda maupun mereka yang datang bersama keluarga.

Di taman ini, mereka yang suka berselfie ria bakal terpuaskan karena banyak spot-spot yang instagramable untuk dijadikan latar belakang foto. Beberapa diantaranya patung rakasasa Optimus Prime, salah satu tokoh Transformer dan landmark yang menjadi ikon beberapa negara, seperti Tugu Monas, Kincir Angin, Menara Eiffel, patung Liberty, Patung Merlion, Piramid, serta yang lain.

Sekayu Waterfront dan Taman Kirab

Sumber: Google

Satu lagi tempat rekreasi murah yang dibangun Pemkab Musi Banyuasin bagi masyarakatnya adalah Sekayu Waterfront dan Taman Kirab yang letaknya bersebelahan dan dihubungkan oleh sebuah jembatan berbentuk melengkung. Kedua taman yang ada di jantung kota Sekayu ini bahkan bisa dikunjungi dengan gratis.

Dibangun dengan konsep modern yang estetis dengan lokasi di pinggir Sungai Musi, akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di lokasi taman. Terlebih sejumlah fasilitas juga sudah disiapkan, seperti bangku-bangku taman, area bermain anak-anak, jogging track, serta yang lain.

Hutan Mangrove Lalan

Sumber: Google

Hutan Mangrove terbesar di Indonesia Bagian Barat ini berlokasi di Kecamatan Lalan dan menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Sembilang. Sebagaimana hutan mangrove pada umumnya, berbagai jenis fauna menempati kawasan hutan, terutama dari jenis burung.

Memancing dan menyusuri hutan mangrove dengan menggunakan perahu motor menjadi  aktifitas yang menyenangkan saat berada di kawasan hutan mangrove. Bagi mereka yang gemar berfoto ria, pepohonan di hutan ini juga menarik untuk dijadikan background.

Pantai Bongen

Sumber: Google

Nama Pantai Bongen bukan untuk menyebut tempat tertentu yang berada di pinggir laut, melainkan sebutan yang diberikan masyarakat pada Sungai Musi saat musim kemarau. Pada saat itu kondisi sungai mengering sehingga pada permukaannya muncul hamparan pasir dikelilingi aliran air yang kecil.

Surutnya Sungai Musi itulah yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk Mandi Bongen (Mandi Pasir). Tentunya bukan mandi dengan pasir, melainkan mandi di aliaran Sungai Musi yang kecil karena surut.

Fenomena yang berlangsung setahun sekali tersebut juga dimanfaatkan oleh anak-anak muda untuk melakukan berbagai aktifitas di atas hamparan pasir Sungai Musi, mulai dari bermain bola sampai berswa-foto, karena pemandangan di sekitar Sungai Musi pada saat itu terlihat lebih indah dari hari-hari biasa.

Suku Kubu Kandang

Sumber: Google

Selain wisata alam dan wisata buatan, Kabupaten Musi Banyuasin juga memiliki wisata budaya yang tidak kalah menariknya, yaitu perkampungan Suku Kubu Kandang. Keberadaan suku ini terdapat di beberapa tempat, diantaranya di Desa Muara Bahar dan Teluk Beringin yang sudah mengenakan pakaian modern, serta di Bungkai dan Telapan yang masih mengenakan pakaian adat mereka.

Perkampungan Suku Kubu Kandang dapat dikunjungi dengan menyewa speedboat menyusuri aliran sungai dan melewati kawasan hutan. Meski kehidupan sehari-hari Suku Kubu Kandang ini masih tetap mempertahankan pola kehidupan nenek moyang mereka, namun mereka terbuka dan menyambut baik kehadiran para wisatawan.

Pengunjung yang datang ke sini akan disambut dengan ramah dan tidak jarang akan diajak ikut serta dalam aktifitas mereka serta disuguhi dengan Tari Besalek yang merupakan tarian tradisional Suku Kubu Kandang. 

ChaCha Water Fun

Sumber: Instagram @chacha_waterfun99

Dibuka pada awal bulan Desember 2016, ChaCha Water Fun ikut melengkapi objek pariwisata di kabupaten Musi Banyuasin. Pemandian buatan yang beralamat di Jalan Kolonel Wahid Udin, Sekayu ini memiliki berbagai jenis kolam, mulai dari kolam bayi, kolam anak, kolam dewasa, water boom dan kolam arus.

Pengunjung yang ingin menikmati segarnya air kolam, dikenakan tarif sebesar Rp.20.000 pada hari-hari biasa dan Rp.30.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Selain berbagai jenis kolam, sejumlah fasilitas juga tersedia di sini, mulai dari area parkir, kamar mandi hingga kantin yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman.

Comments

Loading...