OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Menarik di Padang Panjang, Negeri dengan Sejuta Keindahan

Padang Panjang adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Meskipun tidak memiliki wilayah yang luas, kota yang dijuluki Egypte Van Andalas ini pernah menjadi pusat pemerintahan Sumatera Barat di masa kependudukan Belanda. Padang Panjang sendiri terletak 97,7 km dari Kota Padang, yang tidak lain adalah ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Meskipun hanya sebuah kota kecil, namun Padang Panjang memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 10 destinasi wisata yang ada di Padang Panjang.

Air Terjun Lembah Anai

Sumber: Deskgram.net

Yang pertama adalah Air Terjun Lembah Anai, yang bisa dibilang sebagai wisata favorit di Padang Panjang. Untuk mencapai lokasi, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 66,4 km dari kota Padang melalui jalan raya Padang-Bukittinggi. Air Terjun Lembah Anai memiliki pemandangan yang menyejukkan, karena berada di Lembah Anai, yang merupakan kawasan hutan lindung.

Minang Fantasi

Sumber: gambarbagusadalahs.blogspot.com

Minang Fantasi adalah salah satu wisata air yang cukup populer di Padang Panjang. Lokasinya yang berada di kawasan Bukit Barisan membuat Minang Fantasi memiliki pemandangan yang cukup indah. Selain wisata air, di dalam Minang Fantasi juga terdapat resort yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menginap. Untuk masuk ke Minang Fantasi kamu harus membayar tiket sebesar 40.000 rupiah di hari kerja dan 50.000 rupiah di hari libur.

Masjid Asasi Sigando

Sumber: Deskgram.net

Kemudian ada juga Masji Asasi Sigando, yang disebut-sebut sebagai masjid tertua yang ada di Kota Padang Panjang. Sebagai masjid tertua, Masji Asasi Sigando disebut sebagai saksi sejarah perjalanan agama Islam di Sumatera Barat. Meskipun sudah berusia sangat tua, namun masjid ini masih sangat terawat dan terjaga kebersihannya.

Lubuk Mata Kucing

Sumber: bangmamadi.blogspot.com

Lubuk Mata Kucing adalah wisata pemandian yang sempat populer di Padang Panjang. Dinamakan demikian karena memang air di pemandian Lubuk Mata Kucing sangat jernih, sebening mata kucing. Namun sayang, saat ini Lubuk Mata Kucing mulai jarang didatangi pengunjung, karena kalah bersaing dengan Minang Fantasi. Namun jika kamu ingin menikmati pemandian dengan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang, Lubuk Mata Kucing nampaknya bisa menjadi pilihan yang tepat.

Air Terjun Tujuh Tingkat

Sumber: pituluik.com

Air Terjun Tujuh Tingkat adalah air terjun yang memiliki pemandangan luar biasa indahnya. Sementara itu, air terjun tersebut dinamakan demikian karena memang terdiri dari beberapa tingkat, sehingga air yang mengalir dari atas tidak langsung jatuh curam ke bawah. Namun akses menuju ke Air Terjun Tujuh Tingkat tidaklah mudah. Karena kamu harus melewati jalanan bebatuan yang masih alami, dan kamu akan memerlukan waktu tempuh selama satu jam untuk sampai ke sana.

Goa Batu Batirai

Sumber: pariwisata.padangpanjang.go.id

Bagi para pecinta alam, Goa Batu Batirai adalah destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Goa ini memiliki keindahan yang cukup menakjubkan, dan dinamakan demikian karena memang banyak batu-batu yang menjulur ke bawah layaknya sebuah tirai. Secara lokasi, Goa Batu Batirai terletak di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Museum Kebudayaan Minangkabau

Sumber: Deskgram.net

Selanjutnya ada Museum Kebudayaan Minangkabau yang terletak di Kecamatan Silang Bawah, Kota Padang Panjang. Berkunjung ke museum ini akan membuatmu mengetahui lebih dalam mengenai sejarah Minangkabau. Karena di sana disimpan banyak koleksi budaya Minangkabau, baik dalam bentuk visual atau pun audio.

Desa Wisata Kubu Gadang

Sumber: harianhaluan.com

Ada juga Dewa Wisata Kubu Gadang, yang terletak di Jalan Haji Miskin, Ekor Lubuk, Padang Panjang, Kota Padang Panjang. Di sini kamu akan disuguhi banyak pemandangan menawan khas pedesaan. Selain itu, di sini juga banyak disediakan spot foto yang kece abis dan tentunya kekinian.

Stasiun Kereta Api Padang Panjang

Sumber: Youtube.com

Kenapa harus stasiun kereta api? Mungkin bagi kebanyakan orang, mereka pasti akan menganggap bahwa stasiun kereta bukanlah tempat yang menarik untuk dikunjungi. Namun berbeda halnya dengan Stasiun Kereta Api Padang Panjang, karena memang stasiun ini sangatlah artistik dan memiliki nilai sejarah tinggi, karena dibangun sejak zaman penjajahan Belanda.

Lembah Anai

Sumber: Foto Dok/ANDRI EL FARUQI

Jika sebelumnya ada Air Terjun Lembah Anai, kini kamu juga bisa berpetualang di Lembah Anai. Karena di sana kamu bisa menemukan pemandangan yang sangat indah, dan tiada duanya.

Comments

Loading...