OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Pilihan di Lingga

Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten, dan salah satunya menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Kabupaten itu adalah Kabupaten Lingga. Saat berkunjung ke Kepulauan Riau, tentunya jangan sampai terlewat mengunjungi Kabupaten Lingga, karena banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi di sana. Berikut ini adalah tempat wisata pilihan yang bisa kamu datangi di Lingga.

Gunung Daik

Sumber: Instagram @aris.0912

Gunung Daik cocok bagi kamu yang berjiwa petualang, karena gunung ini memiliki tingkat kemiringan yang curam, meskipun tingginya tak seberapa tinggi, yaitu hanya sekitar 1.165 mdpl. Mungkin kamu berpikir bahwa mendaki gunung ini tak sulit, namun kenyataannya, hanya sedikit saja pendaki yang berhasil mencapai puncaknya. Mungkin saja kamu adalah pendaki berikutnya yang berhasil mencapai puncak Gunung Daik.

Pulau Benan

Sumber: Instagram @yahyaardis

Di sini, kamu bisa menikmati pantai dengan pasir putih, ombak tenang, dan air lautnya yang jernih. Tentu saja, di sini kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas air, seperti berenang, snorkeling, diving, sampai dengan menaiki perahu untuk menelusuri lautan yang jernih. Saking jernihnya, kamu bisa melihat kehidupan bawah lautnya hanya dari permukaan airnya saja.

Air Terjun Makunggal

Sumber: Instagram @markitrip

Aksesnya yang terbilang sulit membuat tempat ini dianggap tersembunyi. Meski demikian, bukan berarti tempat ini sepi pengunjung. Faktanya, tempat ini kerap kali dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan dari luar Lingga. Setelah melalui medan yang sulit, yaitu mendaki selama setengah jam melewati hutan dan juga sungai, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun yang memukau, dengan airnya yang dingin dan menyegarkan. Pemandangan di sekitar air terjun ini juga masih alami.

Air Terjun Resun

Sumber: Instagram @hery_lingge

Bila mengunjungi Air Terjun Makunggal dirasa cukup sulit, maka kamu bisa menuju ke wisata air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Resun. Air terjun ini lebih populer karena lebih mudah dijangkau. Kamu bisa menikmati kesegaran airnya yang jernih dengan berenang di kolam di bawah air terjunnya, dan suasana di sekitar air terjun masih asri karena ditumbuhi pepohonan rindang.

Pantai Dungun

Sumber: Instagram @fairuzuddin87

Di pantai ini jelas kamu bisa menikmati pemandangan pantai berupa pasir putih yang lembut, dan hamparan bebatuan di sepanjang pantai. Air lautnya berwarna kebiruan, dan jernih. Karena memiliki ombak yang tenang, maka tempat ini aman bagi anak-anak, dan cocok bagi kamu yang suka kegiatan air seperti berenang atau snorkeling.

Pulau Penaah

Sumber: Instagram @piersha.pira

Pulau tropis ini memiliki daya tarik utamanya berupa pantai dengan hamparan pasir yang putih lembut. Kontur pantainya juga landai dengan ombak yang tenang. Kamu bisa melihat langsung kehidupan bawah laut dari permukaan air tanpa perlu menyelam, karena airnya tergolong cukup jernih. Pulau ini bisa dibilang sebagai tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Pulau Berhala

Sumber: Instagram @nopitasaritambunan

Sumber: Instagram @ didangs_

Meski memiliki nama Pulau Berhala, di pulau ini ternyata tak terdapat berhala atau patung. Sebaliknya, pulau ini justru memiliki hal lain yang bisa disuguhkan ke kamu, yaitu pemandangan pantai yang sangat indah dengan batuan granit di tepiannya. Pemandangan ini mirip dengan pantai yang ada di Belitung. Untuk air lautnya sendiri berwarna biru kehijauan, sehingga cocok untuk lokasi foto-foto. Hal lain yang bisa kamu nikmati di pulau ini adalah pemandangan bawah lautnya, yaitu berupa deretan terumbu karang yang indah.

Pulau Duyung

Sumber: Instagram @kepriimages

Konon, penamaan pulau ini berasal dari batu yang ada di pulau ini yang mirip dengan ikan duyung. Terlepas dari asal usul namanya, pulau ini wajib dikunjungi bagi penyuka diving, karena pemandangan bawah lautnya yang bisa bikin kamu betah dan pengalaman menyelam di sini tak akan terlupakan selamanya. Tak hanya pemandangan bawah lautnya saja, pantai di pulau ini juga cukup memukau dan cocok untuk bersantai.

Pulau Lalang

Sumber: Instagram @rezkykeynez_

Meski tak setenar Pulau Penaah atau Pulau Duyung, wisatawan mulai melirik pulau ini karena pemandangannya tak kalah eksotis. Segala aktifitas yang berhubungan dengan laut bisa kamu lakukan di sini. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal yang terkenal ramah dan toleran.

Istana Damnah

Sumber: Instagram @pramanavtra

Jika bosan dengan pemandangan pantai, kamu bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi Istana Damnah. Istana ini berbentuk persegi delapan, dan konon merupakan tempat tinggal dari Sultan penguasa Kerajaan Riau-Lingga. Di sini, kamu bisa belajar sejarah mengenai Kerajaan Riau Lingga serta mengenal budaya asli Melayu.

Di antara 10 tempat wisata di atas, kamu pilih yang mana untuk kamu kunjungi?

Comments

Loading...