OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Terbaik di Pidie, Mulai Pantai Hingga Air Terjun Cantik

Tahu kan di mana letak Pidie? Ya, Kabupaten Pidie terletak di Provinsi Aceh, dan menjadi kabupaten dengan penduduk terbanyak kedua di Serambi Mekah. Meskipun letaknya berada di ujung Pulau Sumatera, namun jangan salah sangka, Pidie juga memiliki banyak potensi wisata yang layak dikunjungi.

Banyak wisata di Pidie yang bisa menyejukkan hati dan pikiran, mulai dari air terjun hingga pantai. Mau tahu selengkapnya? Simak yang berikut ini.

Pantai Mantak Tari

Sumber: Instagram @nurhalizamuhammad

Yang pertama adalah Pantai Mantak Tari, yang terlihat mempesona dengan pasir pantai yang berwarna keabu-abuan. Rindangnya pepohonan di tepi pantai seakan-akan menyambut ramah bagi setiap pengunjung yang datang. Dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, kamu pun bisa mandi di pantai tanpa harus takut tergulung oleh ganasnya ombak. Secara geografis, Pantai Mantak Tari terletak di Desa Dayah Lampoh Awe, Kecamatan Simpang Tiga.

Puncak Kule

Sumber: Google

Kemudian ada Puncak Kule, yang hanya berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Sigli, Ibu Kota Pidie. Di sini kamu akan disuguhkan oleh indahnya pemandangan khas perbukitan yang bersatu dengan pantai. Dengan keindahan yang dimilikinya, kamu dijamin tidak akan menyesal berkunjung ke tempat ini. Cocok bagi kamu yang sedang ingin menenangkan pikiran.

Air Terjun Tangse

Sumber: Instagram @keysha_maharani

Pingin yang seger-seger? Kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Tangse yang terletak di Jalan Tangse-Geumpang, atau yang tepatnya berada di Meuriya, Kecamatan Tangse. Meskipun letaknya tak jauh dari jalan raya, namun air terjun ini memiliki keindahan yang mampu menyejukkan jiwa. Namun sayang, fasilitas penunjang di sini masih kurang memadai.

Monumen Tsunami Kota Sigli

Sumber: Google

Masih ingat dengan bencana dahsyat yang melanda Indonesia di penghujung tahun 2004? Ya, bencana itu adalah tsunami, yang meluluhlantahkan Aceh dan memakan lebih dari 200 ribu korban jiwa. Dahsyatnya bencana tersebut tentunya menyisakan kesedihan yang mendalam bagi warga Aceh, tidak terkecuali bagi warga Pidie.

Oleh sebab itu, untuk memperingatinya dibangunlah sebuah museum tsunami yang terletak di pintu gerbang Pantai Pelangi, setelah alun-alun Kota Sigli. Sama seperti Museum Tsunami Banda Aceh, di museum ini juga banyak dipajang berbagai koleksi untuk mengenang bencana tersebut. Namun sangat disayangkan, kondisi museum ini tidak terawat sehingga mengurangi nilai dari estetikanya.

Air Panas Beungga

Sumber: youtube.com

Selanjutnya ada Air Panas Beungga yang terletak di Desa Jijiem, Kecamatan Keumala. Air panas ini layaknya sauna alami yang sering kali dijadikan sebagai tujuan wisata bagi mereka yang ingin sekedar relaksasi.

Letaknya yang berada di kaki Bukit Barisan juga membuat pemandian air panas ini memiliki pemandangan alam sekitar yang mampu menenangkan batin. Menariknya lagi, kamu tidak perlu membayar untuk berendam di kolam air panas ini.

Krueng Geunie

Sumber: Instagram @reza.riandy.ratama

Jika ingin mandi dengan air yang segar, kamu bisa ke Sungai Krueng Geunie. Sungai di sini jauh berbeda dengan yang ada di Jakarta atau mungkin kotamu, karena aliran air di Sungai Krueng Geunie masih sangat jernih, di tambah lagi dengan bebatuan yang menghiasi tepian sungai.

Arung Jeram Sungai Geumpang

Sumber: Google

Kamu bisa bermain arung jeram di Sungai Geumpang. Dengan arus yang deras dan banyaknya bebatuan besar yang berdiri kokoh di sepanjang aliran sungai, bermain arung jeram di sini dipastikan akan memacu adrenalinmu.

Meskipun sudah menggunakan alat keselamatan lengkap, namun disarankan agar kamu menyewa guide setempat yang telah profesional. Karena memang ada beberapa bagian dari Sungai Geumpang yang cukup membahayakan.

Gua Tujoh

Sumber: Instagram @riel_hado

Selanjutnya kamu juga bisa berkunjung ke Gua Tujoh, yang terletak di Desa Laweung, Kecamatan Muara Tiga. Kabarnya gua ini sangat panjang, saking panjangnya sampai sekarang belum ada yang bisa mencapai ujung gua.  Selain panjang, gua ini juga memiliki stalagtit dan juga stalagmit yang cukup indah.

Lingkok Kuwieng

Sumber: Instagram @ilham_jamaluddin

Kemudian ada juga Lingkok Kuwieng, Green Canyon ala Pidie. Tempat yang satu ini memang cukup eksotis, dengan adanya sebuah ngarai dengan tebing batu yang dialiri air jernih. Namun sayang, untuk bisa sampai ke lokasi ini butuh perjuangan yang ekstra karena harus melewati jalan tanah dan berbatu yang licin ketika musim hujan.

Masjid Poteumeureuhom

Sumber: Google

Jika sebelumnya kamu disuguhkan dengan wisata alam, kini saatnya kamu berwisata religi ke Masjid Poteumeureuhom. Masjid ini layak untuk kamu kunjungi, karena merupakan masjid tertua yang ada di Pidie dan memiliki arsitektut yang cukup menarik.

Comments

Loading...