OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Terbaik Milik Kotawaringin Timur

Kotawaringin Timur adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah dengan ibukotanya bernama Kota Sampit. Kabupaten dengan luas wilayah 16. 496 kilometer persegi ini banyak tempat wisata yang menarik dan patut dikunjungi. Wisata apa sajakah itu ?

Pantai Satiruk

Sumber; Google

Pantai satiruk merupakan pantai yang bisa dibilang masih ‘perawan’ karena keadaannya yang masih alami dan memiliki suasanya yang asri. Berada di desa Satiruk Kecamatan Pulau Hanaut, pantai ini memiliki hamparan pasir putih lembut sepanjang 25 km yang memanjakan siapa pun yang menginjaknya. Tak heran jika perlahan Pantai Satiruk mulai banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Untuk sampai ke Pantai Satiruk kamu harus menempuh perjalanan sekitar satu jam menuju Kecamatan Teluk Sampit. Selanjutnya kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speed boat atau klotok dengan biaya Rp 1.4 juta untuk antar jemput.

Pantai Ujung Pandaran

Sumber: Instagram @ernilistyolestari

Untuk sampai ke Pantai Ujung Pandaran, kamu perlu menempuh jarak sekitar 80 kilometer dari Sampit atau sekita 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Sesampainya disana kamu akan disambut oleh pemandangan pantai yang menarik hati, tidak hanya itu kamu juga akan dibuat kagum oleh aktivitas para nelayan yang tinggal di sekitar pantai ujung pandaran.

Jika ingin bermalam, kamu tinggal memilih tempat penginapan ternyaman menurutmu dari sekian banyak penginapan-pengianapan yang berderet. Tak jauh dari Pantai Ujung Pandaran juga terdapat wisata religi berupa makam seorang ulama bernama Syekh Abu Hamid.

Susur Sungai Mentaya Sampit

Sumber: Instagram @infokalteng

Kotawaringin Timur punya wisata paket lengkap nih teman, ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Wisata Susur Sungai Mentaya Sampit ialah objek wisata baru yang digagas pemerintah setempat, yakni dengan menyusuri bantaran sungai melintasi beberapa objek wisata lainnya seperti ikon patung ikan jelawat, perkampungan, landasan pacu Bandara Haji Asan

Sampit, hingga beristirahat di dermaga Sagonta Kota yang berada di Kelurahan Baamang Hulu. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pengalaman wisata yang puas dengan biaya yang hemat

Rumah Betang Tumbang Gagu

Sumber: Instagram @thisis_borneo

Tempat wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi ialah Rumah Betang Tumbang Gagu. Bukan sekedar rumah adat biasa loh, pasalnya Rumah Betang Tumbang Bambu ini masuk dalam nominasi Situs Sejarah Terpopuler dalam ajang Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) pada 2017 lalu.

Siapkan tenagamu ya, karena untuk sampai ke Rumah Betang Tambang Gagu kamu membutuhkan waktu sekitar 10 jam dari kota Sampit. Memang cukup melelahkan, tapi semua itu akan terbayar dengan suasana disekitar rumah yang masih sangat asri dan terjaga kealamiannya.

Taman Miniatur Budaya Kotawaringin Timur

Sumber: Instagram @arya.topograph93
Sumber: Instagram @arya.topograph93

Taman Miniatur Budaya salah satu objek wisata yang dikelola langsung pemerintah Kotawaringin Timur. Letaknya berada di jalan Pramuka yaitu berdekatan dengan kawasan tugu perdamaian. Di taman ini kamu akan menemukan rumah betang dengan ukuran kecil dan beberapa rumah adat lainnya.

Sekedar informasi tambahan buat kamu, Taman Miniature Budaya Kotawaringin ini dibangun dengan tujuan untuk menunjukkan adanya plurarisme etnis, Bahasa lokal, agama dan latar belakang sejarah dalam satu tempat. Cobalah berkunjung kesini.

Sampit Waterpark

Sumber: Instagram @saadassalimi

Buat kamu yang berwisata bersama keluarga, kamu bisa coba berkunjung ke taman air yang bernama Sampit Waterpark. Taman air yang dibangun mulai tahun 2014 ini berada di tengah perumahan Wengga Metropolitan di Jalan Tjilik Riwut. Wahana yang bisa kamu coba ialah wahana air, floating market, kampung kuliner jajanan ringan, bukit teletubies, serta area lampion yang instagramable.

Kamu bisa berkunjung ke Sampit Waterpark mulai dari pukul 08.00 WIB. Tetapi jika di hari libur seperti hari Libur Nasional pengunjung Sampit Waterpark akan membludak hingga dua kali lipat, maka pastikan kamu datang satu jam sebelumnya agar tidak kehabisa tiket masuk.

Danau Alam Salju

Sumber: Google

Danau yang berlokasi di Pangkalan Bun ini menurut masyarakat setempat dulunya merupakan tempat pemancingan umum. Disebut Danau Salju karena danau ini hampir keseluruhan di tutupi oleh pasir putih halus yang menyerupai sajlu. Terdapat beberapa permainan air seperti bebek air dan penyewaan perahu karet. Sementara kolam untuk pemancingan berada di luar danau alam salju. Untuk sampai disana, kamu bisa mulai perjalanan dari Bundaran Polres Kotawaringin Timur ke arah Pangkalan Bun.

Pantai Sungai Bakau

Sumber: Google

Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang sangat unik, sudah pantai sungai pula. Bisakah kamu membayangkannya? Sebenarnya pantai ini merupakan muara dari sungai bakau sehingga kamu akan melihat 2 perpaduan yang unik. Perjalanan untuk sampai ke pantai sungai bakau pun sangat menyenangkan, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan padang rumput dengan ilalang dan deretan pohon nipah yang rindang. Sesampainya di pantai sungai bakau kamu harus merogoh kocek sebesar 5000 rupiah per orang. Sangat murah bukan ?

Wisata Aqui

Sumber: Instagram @meellysaaaa

Wisata Aqui Sampit adalah tempat rekreasi dengan konsep unik dan inovatif yang memiliki fasilitas lengkap. Buka mulai pukul 08.00-22.00 WIB, wisata air sampit ini mampu menampung hingga 5000 orang. Kamu juga tidak akan bingung mencari tempat parkir, karena wisata air sampit memiliki area parkir yang sangat luas.

Biaya masuk nya pun cukup terjangkau yakni 20.000 rupiah untuk hari senin-jumat dan 30.000 rupiah pada akhir pekan. Keunggulan lainnya adalah pengelola Wisata Air Sampit juga menyediakan live music dan akses internet gratis. Wah paket lengkap yaa, wajib masuk daftar wisata kamu nih !

Taman Jelawat

Sumber: Instagram @aaipeiruri

Ini nih tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan selama berada di Kotawaringin Timur. Meskipun berada di tengah kota, namun Wisata Taman Jelawat ini memiliki pemandangan yang indah dan suasananya yang sangat nyaman. Cocok untuk kamu yang ingin bersantai di sore hari sambil menikmati semilir angin yang sejuk.

Di taman jelawat ini ada spot foto favorite masyarakat, yaitu ikon ikan jelawat. Tempatnya yang bagus dan instagramable sangat pas untuk menambah koleksi foto kamu di sosial media.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BpJurkNAKTG/
instagram.com/p/Bjo4gKxg91x/
instagram.com/p/BpQQO8qnYnZ/
instagram.com/p/BbYBZnPFAfS/
instagram.com/p/BJMJqBJB9us/
instagram.com/p/1FpGLaBcmN/
instagram.com/p/BCVnZSUHtCZ/

Comments

Loading...