OUR NETWORK

10 Tempat Wisata yang Memikat di Aceh Barat

Dengan lokasi geografis berada di dekat Samudra Hindia, Aceh Barat memiliki cukup banyak pantai dengan panorama yang menawan. Begitu juga dari sisi keanekaragaman Budaya dan kearifan lokal, karena wilayah Aceh Barat pada abad XVI merupakan wilayah dari Kerajaan Aceh Darussalam.

Banyaknya objek wisata itulah yang membuat wisatawan bakal dimanjakan saat berkunjung ke Kabupaten yang beribukota di Meulaboh ini. Berikut 10 tempat wisata di Aceh Barat yang memikat.

Pantai Lhok Geudong

Sumber: Instagram @saweuabar_

Hamparan pasir putih yang berpagar berbagai macam tanaman di pinggir pantai menjadi daya tarik  dari Pantai Lhok Geudang, karena selain terlihat menawan, udara yang ada di kawasan pantai terasa sejuk.

Berbagai macam fasilitaspun juga tersedia di pantai ini, mulai dari kamar mandi dan WC umum, kamar ganti, mushollah, serta warung-warung yang menjual berbagai jenis makanan. Tidak heran jika pengunjung yang datang tidak hanya masyarakat yang tinggal di Aceh Barat, tapi juga dari luar kota.

Pantai Ujong Karang

Sumber: Instagram @kimahaulussy

Sunset yang eksotis menjadi daya tarik utama dari Pantai Ujong Karang. Pantai ini pada tahun 2004 pernah diluluhlantakkan oleh gelombang Tsunami, namun demikian tidak mengurangi daya tariknya. Terbukti Hingga kini masih banyak pengunjung yang menghabiskan waktu dengan duduk santai di pondok-pondok beratap rumbia sambil menikmati deburan ombak yang menghantam karang.

Pantai Ujong Karang memang hanya untuk dinikmati keindahannya, karena terlalu berisiko untuk digunakan mandi dan berenang mengingat pantai ini masuk kawasan pantai barat yang dikenal dengan ombaknya yang besar.

Pantai Kasih

Sumber: Instagram @dansvader

Banyak aktifitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Pantai kasih, karena destinasi wisata yang satu ini tidak hanya menyuguhkan wisata pantai, tapi juga wisata sejarah dan wisata kuliner.

Hamparan pasirnya yang luas, menjadi tempat yang menarik untuk dipakai beraktifitas atau hanya sekedar menikmati pemandangan dengan duduk di atas tikar. Salah satu dari 5 Pantai terbaik di Aceh yang Wajib Kamu Kunjungi ini memiliki laut yang cukup menggoda untuk dipakai mandi dan berenang sepanjang memiliki nyali yang cukup mengingat ombaknya yang besar.

Bagi yang tertarik dengan objek-objek wisata bersejarah, di kawasan Pantai Kasih dapat ditemui sejumlah peninggalan Perang Dunia II seperti benteng dan meriam yang dapat disaksikan oleh masyarakat umum.

Sedang bagi yang suka memanjakan lidah, tidak perlu harus berkeliling mencari warung, karena di sekitar pantai banyak penjual makanan yang menawarkan aneka menu khas Aceh, seperti sate gurita, mie kepiting, bakpiah spesial serta yang lain.

Pantai Lhok Bubon

Sumber: Instagram @rockstartiket

Pantai yang berlokasi di Desa Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga ini menghadirkan keindahan lewat hamparan pasirnya yang berwarna kecoklat-coklatan dengan air lautnya yang jernih berwarna biru toscha. Wisatawan juga dapat melihat hilir mudik perahu nelayan yang keluar masuk tempat pelelangan ikan, bila perlu membeli ikan-ikan yang dijual, karena kondisinya masih segar.

Bagi yang ingin bersantap, para penjual makanan utamanya berbagai olahan hasil laut dapat denganb mudah ditemui di kawasan pantai dengan harga yang terjangkau. Fasilitaspun juga terbilang lengkap di pantai ini, mulai dari area parkir, mushollah, sampai dengan kamar mandi dan WC umum.

Pantai Suak Ribee

Sumber: Instagram @ajnurjaya

Berkunjung ke Aceh terasa belum lengkap sebelum menikmati lezatnya kopi Aceh yang terkenal. Kenikmatan kopi Aceh tersebut menjadi semakin sempurna saat diminum di pinggir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan alam.

Sensasi itulah yang bisa dirasakan oleh wisatawan saat berkunjung ke Pantai Suak Ribee, karena di sepanjang jalan menuju ke lokasi wisata, banyak ditemui warung-warung dan cafe-cafe yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman dan yang tidak pernah ketinggalan adalah suguhan kopi Aceh.

Pantai yang berlokasi di JL. Iskandar Muda, Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap termasuk penginapan. Sehingga wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan pantai sepuas-puasnya dapat menginap di kawasan pantai.

Danau Geunang Geudong

Sumber: wisatakita

Danau yang masih perawan ini berada di Desa Putim, Kecamatan Kaway XVI yang jaraknya sekitar 20 km dari pusat Kota Meulaboh. Geunang Geudong dalam Bahasa Aceh memiliki arti “Genangan Air yang Besar” dan nama dari danau ini memang menggambarkan bentuk danau yang menyerupai cekungan raksasa.

Karena masih belum banyak yang tahu keberadaannya, membuat Danau Geunang Geudong sepi dari pengunjung. Padahal pemandangan di pantai danau ini sangat eksotis lewat hamparan air yang sebagian permukaannya ditumbuhi bunga-bunga yang indah mempesona.

Pulau Gosong Sangkalan

Sumber: tempat.me

Pulau Gosong Sangkalan atau Puson adalah salah satu dari 3 pulau di Aceh yang tenggelam pada saat terjadi bencana Tsunami, sebelum akhirnya timbul lagi. Pulau ini berada di wilayah kecamatan Susoh yang jaraknya sekitar 3 km dari Pantai Jilbab.

Memiliki luas sekitar 1 hektar, Puson dikelilingi oleh pantai dengan pasirnya yang putih bersih. Sementara bagian daratannya didominasi oleh vegetasi cemara dan pohon waru. Perpaduan itulah yang membuat Pulau Puson terlihat mempesona.

Tidak hanya bagian daratan, alam bawah laut di perairan pulau ini juga seperti taman dengan berbagai jenis terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni. Dengan airnya yang jernih dan kawasan perairannya yang dangkal, membuat taman bawah air di Puson dapat dinikmati dengan jelas dari atas permukaan air.

Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar

Sumber: alhabsyitour

Ingin berwisata ziarah sambil mengenang perjuangan dari salah satu Pemimpin rakyat Aceh saat melawan penjajah Belanda? Datang saja ke Makam Teuku Umar yang berada di Desa Meugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu. Lokasi makam ini terletak di kawasan hutan lindung sehingga selain asri oleh pepohonan, udara sekeliling juga terasa sejuk dan segar.

Meski berada di kawasan hutan lindung, untuk menuju ke makam Teuku Umar tidaklah sulit. Pengunjung bisa membawa kendaraannya menuju ke kawasan hutan sejauh 1 km dengan kondisi jalan yang baik, dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati anak tangga yang naik turun sejauh 100 meter.

Di kompleks makam suami dari Cut Nyak Dien ini, pengunjung juga dapat menjumpai sebuah pohon besar yang terus menerus mengeluarkan air, meskipun pada musim kemarau. Berbagai fasilitas juga sudah disiapkan bagi peziarah, seperti toilet, balai-balai, mushollah serta yang lain.

Masjid Agung Meulaboh

Sumber: Instagram @masjidinfo

Masuk dalam daftar 100 masjid terindah di Indonesia, membuat Mesjid Agung Meulaboh layak untuk dijadikan tujuan wisata religi saat berkunjung ke Aceh Barat. Terletak di JL. Imam Bonjol No.100, Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, masjid terlihat indah dan memukau lewat perpaduan berbagai gaya arsitektur yakni gaya arsitektur Asia Barat, Timur Tengah serta gaya tradisional Aceh.

Monumen Kupiah Meukeutop

Sumber: erawisata

Monumen berbentuk Kupiah Meukeutop ini didirikan untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan dari Teuku Umar, karena di lokasi monumen inilah pada 11 Pebruari 1899 Teuku Umar gugur saat bertempur melawan pasukan Belanda. Selain dapat melihat sebuah tugu unik berbentuk kupiah tradisional Aceh sebagaimana yang dikenakan Teuku Umar, pengunjung yang datang ke lokasi juga dapat membaca sejarah perjuangan Teuku Umarm lewat relif yang menempel di dinding.

Comments

Loading...