OUR NETWORK

10 Tempat Wisata yang Memukau di Boalemo

sumber gambar: https://www.indonesia-tourism.com

Kabupaten yang beribukota di Tilamuta ini terbentuk pada tahun 1999, hasil pemekaran dari Kabupaten Gorontalo. Meski belum genap 2 dasawarsa menyandang status Kabupaaten, Boalermo sebenarnya merupakan kota tua, karena pada abad ke-17 telah memiliki struktur pemerintahan berbentuk kerajaan.

Seperti halnya kota-kota tua yang lain, destinasi wisata bertebaran di sana-sini. Bedanya, Boalemo memiliki panorama alam yang memukau, sehingga wisata alam justru memiliki nilai jual yang lebih dibanding wisata sejarah. Diantara sekian banyak destinasi wisata yang ada, inilah 10 tempat wisata paling memukau yang ada di Boalemo.

Taman Laut Boalemo

sumber gambar: http://bangmamadi.blogspot.com

Alam bawah laut Boalemo merupakan Mega Biodiversity alias taman laut yang memiliki keanekaragaman biota sangat besar. Terumbu kararng yang menghiasi kawasan perairannya sekitar 40 genera yang sebagian besar dari jenis Acropora. Terumbu karang tersebut berada pada kedalaman 2 – 35 meter.

Banyaknya terumbu karang dengan berbagai jenis yang kesemuanya dalam kondisi stabil tanpa terpengaruh oleh aktifitas nelayan tersebut tentu saja merupakan surga bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. Itu sebabnya Taman laut Boalemo menjadi salah satu tujuan dari turis-turis mancanegara yang memiliki hobby diving dan snorkeling.

Pantai Bolihutuo

sumber gambar: http://wisatapantai2.blogspot.com

Keindahannya yang memukau membuat pantai ini dikenal dengan nama Pantai Boalemo Indah. Keindahan tersebut terbentuk dari perpaduan pantainya yang landai berselimut pasir putih serta pohon-pohon pinus yang berjajar rapi di bagian tepi pantai.

Selain suasana pantai yanag asri, wisatawan akan dibuat betah karena fasilitas yang tersedia di pantai ini terbilang lengkap mulai dari pusat informasi, rumah makan, persewaan perahu, berbagai macam wahana permainan dan olah raga air, bahkan cottage bagi mereka yang ingin menginap.

Pulau Cinta Boalemo

sumbere gambar: https://www.indonesia-tourism.com

Tidak hanya eksotis, nuansa yang disuguhkan oleh pulau ini juga syahdu dan romantis serta banyak disandingkan dengan Pulau Maldives. Betapa tidak, di kawasan perairannya dibangun 15 cottage dengan bentuk yang menarik dan satu sama lain dihubungkan dengan jembatan kecil membentuk gambar jantung yang melambangkan cinta. Cottage dan jembatan tersebut mengelilingi Pulau Cinta yang diselimuti pasir putih dan dikelilingi air laut dangkal yang sangat jernih.

Destinasi yang pas untuk honeymoon atau untuk  foto pre-wedding ini juga menyuguhkan sunset yang memukau sertta menjadi objek favorit bagi mereka yang memiliki hobby diving dan snorkeling.

Pantai Langala

sumber gambar: http://psp3tabongo24.blogspot.com

Cukup dengan berkunjung ke satu tempat, yakni Pantai Langala, Anda akan dapat menikmati 4 jenis wisata sekaligus, yakni wisata pantai dengan pasir putihnya yang indah, wisata bahari baik diving maupun snorkelinmg di perairannya yang jernih dan memiliki terumbu karang yang alami, wisata alam menyusuri hutan bakau serta wisata caving alias susur gua.

Nama Pantai Langala memang tidak setenar pantai-pantai yang ada di Bali, Lombok maupun Jogjakarta, namun jika dibandingkan dengan pantai-pantai tersebut, keindahan Pantai Langala tidak kalah. Hanya saja, lokasi dari pantai ini cukup tersembunyi yakni di Desa Tabongo, Kecamatan Dulupi yang hanya dapat ditempuh dengan motor jika lewat jalur darat, karena harus melewati jembatan gantung.

Pantai Mananggu

sumber gambar: https://lelungan.net

Sebagaimana pantai-paantai lainnya yang ada di Boalemo, Pantai Mananggu berselimutkan pasir putih dengan airnya yang jernih kebiru-biruan. Pohon-pohon klelapa yang berdiri berjajar dan melambai-lambaikan daunnya menambah kecantikan pantai yang berlokasi di desa dan kecamatan Mananggu ini.

Selain menikmati indahnya pemandangan dengan suasana yang tenang dan nyaman karena jarangnya pengunjung, wisatawan yang datang ke sini juga dapat melihat aktifitas para nelayan yang mencari ikan di atas perahu yang dipermainkan oleh ombak.

Pulau Mohupomba 

sumber gambar: http://www.pictame.com/tag/tenilo

Keberadaan pulau yang ada di kawasan perairan Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta ini sempat misterius, karena  terkadang muncul terkadang lenyap ditelan laut.  Setelah dilakukan penelusuran sekitar tahun 2008 barulaah diketahui kalau pulau pasir ini hanya tampak di permukaan air pada sekitar pukul 10 pagi dan tenggelam lagi setelah pukul 3 sore.

Pulau Mohupomba yang dikelilingi air laut yang jernih tersebut sangat menawan meskipun masih belum dikelola dan diberdayakan. Wisatawanpun telah banyak yang berkunjung ke sini. Sehingga tidak heran jika pulau ini menurut rencana akan dikembangkan sebagai destinasi wisata yang menyerupai Pulau Cinta.

Air Terjun Ayuhulalo

sumber gambaar: https://wisata-tanahair.com

Selain sejumlah wisata pantai yang menawan, Kabupaten Boalemo juga mermiliki wisata air terjun yang juga sangat cantik, yaitu Air Terjun Ayuhulalo. Air terjun ini memang tidak sebegitu besar, namun kecantikannya dan juga kesegaran airnya bakal membuat siapapun betah untuk berlama-lama.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Ayuhulalo yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik milik pribadi maupun transportasi umum selama 15 menit. Setelah turun dari kendaraan, perjalanan harus dilanjutkan dengan menembus kawasan hutan. Cukup melelahkan memang, namun begitu sampai di lokasi, rasa lelah tersebut akan terbayar.

Pulau Asiangi

sumber gambar: http://wonderfultravellerwithree.blogspot.com

Berlokasi di Kecamatan Tilamuta, Pulau yanag tidak berpenghuni ini jaraknya sekitar 3 mill dari pantai Kecamatan Tilamuta yang dapat ditempuh dengan menggunakan perahu selama 1 jam. Sementara jarak Pelabuhan Tilamuta dengan Kota Gorontalo sejauh 105 km yang butuh waktu sekitar 3 jam untuk mencapainya.

Pulau Asiangi tidak hanya memiliki pantai yang eksotis dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi hutan bakau. Tapi juga dijadikan sebagai tempat penangkaran berbagai jenis ikan hias. Di sisi lain juga terdapat spot untuk memancing serta area bawah laut yang dihiasi terumbu karang yang menarik bagi mereka yang menyukai diving dan snorkeling.

Waterpark Bolihutuo

sumber gambar: http://satugorontalo.blogspot.com

Tidak hanya memiliki wisata alam dan wisata pantai yang sangat memukau,  Bolihutno juga mempunyai wisata buatan yang dapat dibanggakan yaitu Waterpark Bolihutuo yang terletak di Desa Bolihutuo Kecamatan  Botumoito.

Objek wisata ini dikelola secara modern dengan mengintegrasikan beberapa fasilitas, seperti wahana rekreasi dan olah raga air, rumah makan dan restaurant, gedung pertemuan serta yang lain.

Waterpark Bolihutuo yang diresmikan pada 20 Desember 2014 ini pembangunannya menelan anggaran Rp.14 Milyar dari dana APBD dan merupakan waterpark sekaligus wahana rekreasi terbesar di Provinsi Gorontalo.  

Pantai Batu Buaya

sumber gambar: http://kesiniaja.com

Berlokassi di Desa Kramat, Kecamatan Mananggu, Pantai Batu Buaya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan dari pusat kota kabupaten selama 30 menit. Disebut Pantai Batu Buaya karena kontur dari pantai jika dilihat dari kejauhan memiliki bentuk seperti buaya dengan mulut yang panjang.

Daya tarik dari pantai ini tidak hanya dari hamparan pasir putihnya, tapi juga dari batu-batu  bersusun dengan aliran air di bawahnya. Batu-batu yang ada di pantai ini memiliki bentuk yang unik dan menarik. Salah satunya berbentuk seperti perempuan yan g oleh warga sekitar disebut batu nenek menangis. (*)

Comments

Loading...