OUR NETWORK

10 Wisata Kampar yang Asyik untuk Dikunjungi

Kabupaten Kampar di Provinsi Riau memang bagi sebagian orang masih asing terdengar, karena memang tak setenar kabupaten lain di Riau, seperti Pekanbaru misalnya. Namun, bukan berarti Kampar adalah tempat yang membosankan. Justru, di Kampar juga memiliki lokasi wisata yang tak kalah asyik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata di Kampar yang asyik untuk dikunjungi.

Puncak Mahligai Indah

Sumber: Instagram @dedy_pitopang

Kamu bisa menikmati pemandangan Kampar dari ketinggian di puncak ini. Disediakan satu spot selfie di tempat ini, yang cocok buat kamu penyuka selfie dengan pemandangan alam memukau, karena di spot ini kamu bisa berfoto di ketinggian dengan pemandangan alam yang memukau, berupa hutan-hutan hijau dan danau. Pastinya kamu tak akan menyesal mengunjungi tempat ini.

Puncak Kompe

Sumber: Instagram @bikerspiknik

Sumber: Instagram @ zizyla

Sumber: Instagram @ rizki_kawa

Mirip seperti Puncak Mahligai Indah, di Puncak Kompe ini kamu juga bisa berfoto di ketinggian dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Bedanya, di Puncak Kompe ini spot selfienya adalah berupa sarang burung dengan ukuran besar. Selain itu ada juga ayunan langit, yang seolah-olah membuat ayunannya melayang di angkasa. Setelah puas berfoto, kamu juga bisa menikmati kuliner lezat di sini, seperti ikan baung asam pedas atau sop tumpang.

Puncak Pukatan

Sumber: Instagram @adventure_riau

Masih satu tema dengan dua lokasi wisata di atas, Puncak Pukatan juga memiliki spot selfie di ketinggian, seperti replika jendela yang terbuat dari kayu, atau spot selfie berupa replika perahu. Tentunya kedua spot selfie ini membuat akun Instagram kamu lebih kece. Untuk bisa mencapai puncak ini, kamu harus berhati-hati karena medannya cukup terjal, namun relatif aman.

Ulu Kasok

Sumber: Instagram @yosiaambaritaa

Kalau kamu berdomisili di Kampar dan ingin mengunjungi Raja Ampat di Papua namun belum memiliki biaya dan waktu yang memadai, maka kamu bisa mengunjungi Ulu Kasok. Ulu Kasok sering dianggap sebagai Raja Ampat ala Kampar. Di sini kamu bisa berfoto dengan pemandangan eksotis mirip Raja Ampat. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling pulau menggunakan speedboat.

Green Canyon Gulamo

Sumber: Instagram @green_canyongulamo

Green Canyon Gulamo ini sebenarnya adalah Sungai Gulamo, dengan nuansa unik. Sungai ini dikelilingi oleh tebing terjal dan juga pepohonan hijau. Pemandangan ini mirip dengan pemandangan Green Canyon di Sungai Colorado, Amerika Serikat, karena itulah tempat ini pun sering disebut dengan Green Canyon Gulamo. Aliran sungai yang tenang bakal membuat hati kamu juga tenang dan betah berada di sini.

Candi Muara Takus

Sumber: Instagram @explorekampar

Bisa dibilang candi ini merupakan satu-satunya candi yang ada di Provinsi Riau. Candi Muara Takus sendiri merupakan salah satu candi yang berada di kompleks Muara Takus. Selain Candi Muara Takus, di dalam kompleks itu terdapat beberapa candi lain seperti Candi Bungsu, Candi Palangkan, dan Mahligai Stupa. Buat yang ingin berwisata sejarah, maka lokasi ini cocok untuk kamu.

Desa Buluh Cina

Sumber: Instagram @desa_buluhcina

Di sini ada beberapa variasi flora dan fauna, yang mungkin belum pernah kamu lihat, sehingga cocok digunakan sebagai wisata edukasi. Selain itu, ada beberapa spot yang bisa digunakan untuk foto-foto. Nuansa tempat wisata ini masih tergolong alami, sehingga kamu masih bisa menghirup udara segar yang berasal dari pepohonan di sekitar kamu. Kamu juga bisa berkemah di sini bagi yang ingin bermalam. Terdapat pula 7 danau di sini yang bisa kamu kunjungi.

Teluk Jering

Sumber: Instagram @zuchrinst

Teluk Jering adalah desa kecil yang berada di pinggiran Sungai Kampar. Pemandangan yang unik bisa kamu lihat di sini, berupa pasir putih yang berada di tepian sungai, dan juga pemandangan pepohonan di sekitarnya. Pemandangan ini mirip seperti di pantai, hanya saja airnya bukan air laut, namun air sungai. Pemandangannya yang eksotis ini menjadikannya lokasi yang tepat untuk foto-foto. Kamu bisa juga menyewa perahu untuk menjelajahi Sungai Kampar lebih jauh lagi.

Bukit Naang Bangkinang

Sumber: Instagram @bukitnaang
Sumber: Instagram @bukitnaang

Buat yang ingin sedikit berolahraga, maka kamu bisa mendatangi Bukit Naang Bangkinang. Di sini tersedia berbagai wahana olahraga yang memacu adrenalin, seperti Flying Fox, Air Softgun, Tree Top Adventure, Jembatan Gantung, Arena ATV, sampai Waterboom untuk anak-anak. Tersedia pula taman dan danau buatan buat yang ingin bersantai-santai dan berfoto ria.

Lubang Kolam Kampar

Sumber: Instagram @winaldi.17

Memang sebenarnya tak ada apa pun yang lubang yang berbentuk terowongan ini, karena sebenarnya ini adalah terowongan yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat. Namun, tetap saja tempat ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang gemar berfoto. Bahkan kamu juga bisa belajar sejarah di terowongan ini, karena merupakan saksi bisu masa penjajahan. Karena lokasinya yang dekat dengan sungai, ada beberapa wisatawan yang menggunakan sungai itu untuk lokasi memancing. Selain itu, juga terdapat bangunan bendungan PLTA Koto Panjang yang terlihat jelas dari Lubang Kolam.

Bagaimana menurut kamu? Kampar juga memiliki lokasi yang asyik untuk dikunjungi ‘kan?

Comments

Loading...