in

5 Hal Menyenangkan Yang Bisa Kalian Lakukan Di Desa Wisata Apar, Kota Pariaman

Sumber Gambar: Google Maps @Reddi Ridwan

Kota Pariaman adalah pemekaran dari wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Kota Pariaman berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia dan terletak dipantai barat pulau Sumatera. Secara astronimis Kota Pariaman berada  antara 00° 33‘ 00 “ – 00° 40‘ 43“  Lintang Selatan dan 100° 04‘ 46“ – 100° 10‘ 55“ Bujur Timur. Kota Pariaman sangat terkenal dengan panorama alamnya. Salah satunya adalah Desa Wisata Apar.

Desa Wisata Apar merupakan salah satu Desa Wisata yang masuk dalam nominasi 50 Besar ADWI ( Anugerah Desa Wisata Indonesia) tahun 2021. Desa ini merupakan tempat yang pertama kali didatangi oleh Bapak Sandiaga Salahudin Uno untuk menilai langsung 50 besar nominasi ADWI. Beliau datang sebagai Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI.

Desa Apar mempunyai potensi yang sangat menguntungkan untuk para wisatawan dan penduduk lokal. Mulai dari kawasan konservasi penyu, pantai yang sejuk, Taman Wisata Hutan Mangrove dan STIB ( Sekolah Tinggi Ilmu Baruak).

Semua ini terbukti dengan terpilihnya desa ini sebagai 5 TOP Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Terbaik se-Provinsi Sumatera Barat. Dalam acara “ Penganugerahan Apresiasi Kelompok Sadar Wisata Tahun 2021” se-Sumatera Barat. Pada hari Senin 27 september 2021 di Hotel Grand Zurri, Padang dengan tema Kelompok Sadar Wisata sebagai Penggerak Pariwisata. Selamat kepada Desa Wisata Apar.

Lalu apa saja yang dapat sahabat wisato lakukan di desa ini? Berikut 5 hal yang bisa kalian lakukan di sini!

1. Mengenal Habitat Penyu Di Kawasan Konservasi Penyu

Sahabat wisato yang sangat senang bersahabat dengan alam. Kalian yang suka jalan-jalan, namun ingin menambah pengetahuan. Pas sekali untuk kalian mengunjungi Kawasan Konservasi Penyu.

Sumber Gambar: Google Maps @Agusti Rabaini

Kawasan ini terletak di Jl. Syekh Abdul Arif, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Jika kalian menempuh jalur darat dari Kota Pariaman memerlukan waktu sekitar 10menit. Terdapat beberapa penyu yang ditangkarkan disini. Antara lain, penyu hijau, penyu lekag dan penyu sisik.

Sumber Gambar: Google Maps @Juli Juwita

Ada beberapa fasilitas disini yang dapat kalian nikmati. Seperti ruang inkubasi peneluran penyu, hatchery, dan ruang karantina penyu.

2. Taman Wisata Hutan Mangrove

Back to nature kata yang sangat tepat untuk sahabat wisato yang berkunjung ke Taman Wisata Hutan Mangrove.  Wilayah seluas 11 hektare dilengkapi dengan bermacam fasilitas yang menyegarkan tubuh dan fikiranmu.

Sumber Gambar: Google Maps @alasroban

Seperti gazebo, insta spot, trekking, dan menara pandang. Atau kalian juga bisa menyusuri hutan mangrove ini dengan perahu kuno yang sudah disediakan. Selain itu kalian juga bisa menikmati olahan makanan dan minuman dari buah mangrove.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Baruak

Baruak yang dimaksud disini adalah binatang beruk. Primata yang terkenal kecerdasannya. Di Sekolah Tinggi Ilmu Baruak beruk-beruk liar dilatih untuk memanjat pohon kelapa.

Sumber Gambar: Google @food.detik.com

Mereka bersekolah bagaimana memetik buah kelapa dan dogan. Menjadikan mereka patuh dengan perintah pelatih dan melayani para wisatawan. Para beruk-beruk ini melayani wisatawan dengan memanjat pohon kelapa lalu dengan sigap beratraksi. Atraksi berupa memetik kelapa tua atau pun dogan untuk diberikan kepada wisatawan. Semua ini berdasarkan perintah pelatihnya.

4. Menikmati Sunset Dan Sunrise

Sumber Gambar: Google Maps @UPT Konservasi Penyu Pariaman

Di pantai-pantainya terlihat susunan ombak saling kejar mengejar. Ombak ini sangat bagus untuk para wisatawan yang gemar berselancar. Kalian juga bisa menikmati sunset di sore hari. Usahakan sahabat wisato datang bukan dalam cuaca penghujan atau langit yang mendung. Tidak hanya sunset kalian juga bisa menikmati sunrise dengan semilirnya angin yang berhembus. Kalian juga bisa bermain pasir bersama orang tersayang. Jangan lupa bawa alas untuk duduk dan juga makanan ringan serta minum juga ya sahabat wisato.

5. Merenungi Ciptaan Tuhan

Sumber Gambar: Google Maps @Riri Arian

Di Desa Wisata Apar yang kaya dengan kreativitas penduduknya dan keindahan panorama alamnya. Dapat membuat sahabat wisato merenungi ciptaan tuhan yang sangat berbagai macam bentuknya. Bahkan kalian bisa terus bersyukur mata kalian tidak buta dan dapat melihat dengan indah.

Sudahkah kalian bersyukur hari ini sahabat wisato? Ya benar. Bersyukurlah dimulai dari hal-hal kecil, maka kita semua bisa melihat rencana besar tuhan dibalik rasa syukur kita.

Bagaimana sahabat wisato? Sudah memasukkan Desa Wisata Apar ke dalam catatan kalian saat liburan nanti? Baca Juga : Nikmatnya Sambal Pecak Mas Bray