OUR NETWORK

7 Destinasi Wisata Penguji Keberanian Terekstrim di Indonesia

Source Image: mytrip123.com

Sudah bosan dengan destinasi wisata yang itu – itu saja? Ingin mencoba wisata yang memberi kepuasan lebih? Anda dapat mencoba destinasi wisata baru yang tidak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga memberikan kepuasan dengan menguji keberanian dan adrenalin, seperti wisata – wisata ekstrim yang pada saat ini sudah marak dikenal oleh para traveler dan wisatawan.

Beberapa destinasi wisata terekstrim di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk Anda, diantaranya :

Kereta Gantung Pantai Timang, Yogyakarta

Sumber: Instagram @pantai_timang_gunungkidul

Pernahkah Anda merasakan ketegangan saat sedang bergelantungan dengan sensasi takut untuk jatuh dari ketinggian? Maka itulah yang akan Anda rasakan saat mencoba wahana Kereta Gantung Pantai Timang ini. Wahana ini menawarkan sensasi menantang bergelantungan menyeberangi lautan berdebur ombak dengan hanya menggunakan kereta gantung kayu sebagai sarana penyeberangannya.

Sumber: Instagram @pantai_timang_official

Wahana ini tergolong sangat ekstrim karena sarana yang digunakan belum teruji keamanannya karena dibuat dengan alat – alat sederhana seperti kayu, tali jemuran, dan sebuah katrol. Jangan heran, jika nanti ada sedikit goyangan saat meluncur. Selain itu, kereta yang tergantung dengan ketinggian 50 mdpl ini, dikelilingi oleh kumpulan batu karang besar yang menghantarkan hempasan ombak dahsyat hingga setinggi 100 meter. Jadi siap – siap saja untuk basah – basahan terkena hempasan ombak.

Untuk menuju lokasi tidaklah mudah karena letaknya jauh di pinggir laut dengan medan jalan yang bergelombang. Lebih tepatnya, Pantai Timang berlokasi di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul. Dari Kota Jogja – Wonosari – Baron –arah Pantai Siung – terus ke Pasar Dakbong – Pantai Timang. Jaraknya sekitar 50 km atau 2,5 jam.

Lokasi Timang Beach

Untuk masuk ke lokasi Pantai Timang Anda hanya harus membayar tiket sebesar Rp. 5.000 dan sudah termasuk biaya parkir. Namun, jika Anda ingin menaiki kereta gantung akan diberi harga sebesar Rp 150.000. Walaupun cukup mahal, akan terbayarkan dengan mengalaman mendebarkan yang Anda peroleh dari wahana ini.

Panjat Tebing Lembah Harau, Sumatera Barat

Sumber: padangkita.com

Pernah mencoba olahraga panjat tebing? Meskipun melelahkan, olahraga ini memiliki kepuasan tersendiri yang terasa saat berada di puncak. Jika ingin mengukur kemampuan memanjat Anda, bisa kunjungi Lembah Harau yang berlokasi di Desa Harau, Kec Harau, Kab Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dengan ketinggian tebing mencapai hingga 300 m dan permukaan batu curam yang akan sangat menantang.

Walau tidak memanjat, Anda juga bisa hanya menikmati pemandangan eksotik yang ditawarkan Lembah Harau ini yaitu keindahan 4 bukit bak lukisan cantik dengan panorama 4 air terjun yang mengelilinginya. Pas untuk diabadikan dengan lensa kamera Anda.

Sumber: merdeka.com

Untuk menjangkaunya, Anda dapat menggunakan transportasi umum atau pribadi. Dari kota Padang – Payakumbuh sekitar 3 jam dengan ongkos Rp.20.000/orang jika menggunakan bus. Dari Payakumbuh dilanjutkan dengan angkutan umum rute Payakumbuh – Objek wisata. Jika dari Bukittinggi, bus akan membawa Anda menuju pekanbaru dan berhenti di Lembah Harau yang memakan waktu sekitar 1 jam.

Lokasi Lembah Harau

Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 5.000 – Rp. 8.000 yang akan mengantarkan Anda masuk menggunakan opelet. Anda juga dapat menyewa sepeda jika diinginkan. Bagi yang ingin melakukan panjat tebing, akan disediakan pemandu yang akan membimbing untuk melakukannya dengan biaya sekitar Rp.300 ribu – Rp. 350 ribu.

Paralayang Matantimali, Sulawesi

Sumber: laduni.id

Untuk Anda yang tidak takut ketinggian dan ingin merasakan sensasi terbang di udara, wisata ini akan menawarkan kepada Anda olahraga paralayang yaitu terbang melintasi pegunungan dengan menggunakan parasut. Selain itu, Anda akan dapat menikmati panorama indah pegunungan Gawalise dan hamparan Lembah Palu disejauh mata memandang.

Sumber: Instagram @tourdecentralcelebes

Wisata ekstrim ini berlokasi di Desa Matantimali yaitu terletak di atas pegunungan Verbek, sisi kiri puncak Gunung Gawalise. Untuk menjangkau wisata ini, Anda dapat menempuh jarak sekitar 2 km dari Desa Wayu, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah atau 30 km sebelah selatan dari Kota Palu yaitu sekitar 45 menit.

Lokasi Paralayang Matantimali

Bagi Anda yang tertarik mencoba, akan dikenakan biaya lumayan mahal sebesar Rp. 350 ribu – Rp. 500 ribu per paket terbang, namun sepadan dengan sensasi mendebarkan yang dirasakan saat terbang.

Menyapa Satwa Purba Pulau Komodo, NTT

Sumber: Instagram @pulaukomodo

Tentunya Anda pernah mendengar satwa purba Komodo bukan? Satwa purba Indonesia ini merupakan satwa langka dan dilindungi yang terdapat hanya di habitat aslinya yaitu Pulau Komodo. Predator ini adalah sejenis kadal besar dengan ukuran 2-3 meter panjangnya dan berat ±165 kg. Komodo dapat melumpuhkan mangsanya dengan menggunakan air liurnya yang beracun sehingga mangsanya akan terkapar dalam hitungan menit dan mereka mulai menyantapnya.

Sumber: nativeindonesia.com

Bagi Anda yang ingin menyaksikan keganasan hewan ini dapat berkunjung langsung ke Taman Nasional Pulau Komodo dan rasakan sensasi menegangkan tinggal di alam liar yang dipenuhi oleh Komodo ini. Namun, Anda tak perlu khawatir karena akan ada pemandu / penjaga wisata berpengalaman yang selalu menemani Anda guna menghindari hal – hal yang tak diinginkan.

Untuk menjangkau wilayah ini ada dua rute yaitu naik pesawat dari Pulau Lombok menuju Pulau Komodo, atau dengan rute dari Kupang menuju Ende dengan pesawat terbang, lalu lanjut menuju Labuhanbajo sekitar 10 jam. Dari Labuhanbajo menggunakan speedboat menuju Pulau Komodo selama 3 jam.

Lokasi Pulau Komodo

Untuk dapat masuk dan menjelajah Taman Nasional Komodo ini, Anda hanya perlu merogoh saku sebesar Rp. 90 ribu/orang.

Gunung Berapi dalam Laut, Banua Wuhu, Sulawesi Utara

Anda suka melakukan olahraga diving atau menyelam? Namun ingin sesuatu yang tidak biasa? Anda dapat mencoba mengunjungi wisata laut di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara ini. Tidak hanya menyelam, Anda juga dapat menyaksikan aktivitas gunung berapi sekaligus.

Sumber: Instagram @sumurdiladang

Gunung berapi Banua Wuhu ini merupakan gunung berapi aktif yang terletak di dasar laut dengan ketinggian 400 meter dan memiliki kawah – kawah aktif yang siap mengeluarkan gelembung – gelembung panas hingga 38 derajat celcius sepanjang tahun. Jika Anda ingin menyaksikan keunikannya, Anda harus menyelam ke dalam laut, dan rasakan suhu air yang meningkat. Walaupun penasaran, Anda tidak boleh mencoba menyentuh lubang kawah dengan tangan kosong jika tidak ingin tangan Anda melepuh.

Sumber: Instagram @sumurdiladang

Meskipun berbahaya, namun Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan yang dapat Anda nikmati disini, kehidupan biota laut nan eksotik dan terumbu karang berwarna – warni dapat ditemukan di kedalaman 10-20 meter di dasar laut.

Banua Wuhu terletak di Pulau Mahangetang, Desa Mahangetang, Kec Tatoareng, Kab Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Untuk menuju lokasi ini, Anda dapat melalui 2 jalur yaitu jalur udara dan jalur laut. Jika Anda menggunakan jalur udara, dari Bandara Internasional Sam Ratulangi langsung menuju Tahuna, kemudian ke Pulau Mahangetang.

Lokasi Banua Wuhu 

Jika melalui jalur laut, maka dari Pelabuhan Manado menuju Tahuna dengan menggunakan kapal selama 5-6 jam, dilanjutkan ke Pulau Mahangetang. Saat hendak menyelam pun harus menaiki speedboot selama 1 jam menuju sppot yang tepat. Adapun untuk diving ini biaya yang dikeluarkan tidaklah murah, Anda harus menyiapkan biaya hingga jutaan rupiah untuk dapat menikmatinya.

Selancar di Mentawai

Sumber: travel.tribunnews.com

Olahraga air seperti berselancar atau surfing merupakan salah satu olahraga air favorit yang sangat diminati khususnya oleh wisatawan asing. Salah satu spot berselancar terbaik yang diminati di Indonesia yaitu pantai – pantai di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Ombak – ombaknya besar dan tinggi menggulung hingga 4,5 meter, sehingga tidak cocok digunakan untuk berenang.

Sumber: Instagram @botikresort

Tertarik mencobanya? Untuk ke pantai ini, dari Bandara Internasional Minangkabau lakukan penerbangan menuju Bandara Rokot, Pulau Sipora, Mentawai. Sedangkan untuk jalur laut ada 2 rute, yaitu melalui pelabuhan Muaro sekitar 9,8 km dari Kota Padang menggunakan jasa kapal MV Mentawai Fastboat dengan harga Rp. 295 ribu/orang, dan melalui pelabuhan Bungus sekitar 18,6 km dari Padang menggunakan kapal Ambu Ambu Fery dan KMP Gambolo dengan harga kisaran Rp.75 ribu – Rp.400 ribu/orang.

Lokasi Mentawai


Untuk berselancar / surfing, Pemerintah saat ini sudah menetapkan biaya retribusi yaitu sebesar Rp. 100 ribu/15 hari untuk wisatawan lokal, dan Rp 1 juta/15 hari untuk wisatawan asing.

Bungee Jumping, Kuta, Bali

Sumber: Instagram @kitaina.id

Kegiatan ekstrim lainnya yang dapat Anda coba yaitu olahraga Lompat Bungee (Bungee Jumping) di Kuta, Bali. Di Kuta, terdapat salah satu wahana Bungee Jumping tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 45 meter. Dan akan menguji keberanian dan adrenalin Anda dengan melompat ke bawah dengan diikatkan tali di ujung kaki dan dilontarkan berayun – ayun sambil mengarahkan pandangan ke bawah. Tak perlu khawatir keselamatan, karena perlengkapan yang digunakan sudah terbilang lengkap bersertifikat dan ada petugas yang akan senantiasa memandu Anda.

Sumber: phinemo.com

Wahana yang berlokasi di Jalan Pura Puseh, Pantai Seminyak, depan Double Six Club, Kuta ini, dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Jika Anda datang dari luar kota, dari Bandara Internasional Ngurah Rai – Jl. Airport Ngurah Rai – Jl. By Pass Ngurah Rai – Jl. Sunset Road – Jl. Raya Kerobokan (rambu Seminyak/Legian/Kuta), lurus terus lalu belok kanan ke Jl. Sunset Road (rambu Denpasar/Nusa Dua) hingga tiba di  Pantai Seminyak.

Lokasi Bungee Jumping, Kuta, Bali

Untuk dapat mencoba wahana ini terbilang cukup mahal, Anda harus merogoh saku sebanyak Rp.850 ribu/orang. Namun itu sepadan dengan pengalaman menyenangkan dan memuaskan yang akan Anda dapatkan di wisata ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…