OUR NETWORK

8 Tempat Terbaik Untuk Berkemah di Jawa Timur

Kamu yang berjiwa seorang pecinta alam bebaas pasti tidak asing dengan kemah. Kegiatan yang satu ini membuat kamu secara langsung bercengkrama dengan alam bebas. Kamu akan sangat menikmati suasana syahdunya alam yang mempesona ini. Tempat berkemah sangat beragam mulai gunung, bukit, pantai dan lainnya.Kamu yang sudah berkali-kali berkemah pasti tak akan pernah bosan dengan kegiatan ini. Dimanapun lokasinya, alam selalu memberikan yang terbaik untuk dinikmati. Ketika kamu berkemah di gunung atau pantai, kamu ankan merasa kedingininan, tapi kamu akan ketagihan dengan suasananya, sehingga kamu akan kembali lagi. Kami ada beberapa rekomendasi keren untuk kamu yang akan memulai berkemah dengan suasana alam yang mempesona. Berikut adalah tempat berkemah di Jawa timur.

Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo

Sumber: Instagram @_tntbtet_

Kamu yang seorang pendaki, nama Ranu Kumbolo pasti tidak asing ditelingamu. Ya, karena Ranu Kumbolo merupakan salah satu tempat camping terfavorit. Tempat ini ada di T aman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kamu yang sudah pernah kesini pasti akan kembali lagi untuk berkemah.

Ketika kamu memutuskan untuk bermalam disini, maka kamu nggak akan meyesal. Karena kamu akan menemukan hal yang menakjubkan keesokan harinya. Sunrise, ya sebuah mahakarya buatan Tuhan Yang Maha Esa. Sunrise di Ranu Kumbolo merupakan sunrise yang unik. Karena Matahari datangnya persis dari tengah-tengah bukit yang berada ditimur.

Kamu yang sering menggambar 2 gunung lalu ada matahri yang timbul ditengahnya. Kurang lebih seperti itu gambarannya. Ditemani secangkir kopi dan bau sejuk embun pagi yang segar, menambah nikmat susasana pagi ini.

Selain Ranu Kumbolo ada tempat lagi di kaki gunung Semeru yang keren juga. Yaitu di Ranu Regulo, tempatnya disebelah Ranu Pani. Disini sunrisenya kurang maksimal. Jika kamu hanya sekedar melepas penat untuk menghilangkan stress kamu bisa mencobanya. Tapi jika kamu mengejar sunrise tempat ini kurang begitu baik.

Kalimati

Sumber: Instagram @khoirdan

Selain Ranu Kumbolo, dan Ranu Regulo masih ada satu lagi tempat camp favorit yang biasa digunakan para pendaki, yaitu Kalimati. Tempat ini merupakan tempat yang berada di kaki gunung Semeru, dihiasai oleh rumput gunung yang khas. Dengan background megahnya gunung Semeru yang perkasa. Kamu dapat view bagus jika cuacanya cerah, karena backgroundnya keren banget.

Selain menggunakan gunung Semeru sebagai backgroundnya. Kamu juga dapat menggunakan rumput gunungnya atau disebut sabana sebagai alternatif background foto. Jika beruntung kamu juga dapat melihat kepulan asap kawah Sendangsaloka yang mengeluarkan awan panas.

Pantai pulau merah

Sumber: Instagram @feankvdelden2

Beralih ke pantai, kamu yang senang dengan pantai pasti tau spot spot pantai bagus ini. Letaknya di Banyuwangi, merupakan tempat berkemah di Jawa timur yang bagus. Kamu bisa menikmati sunset yang indah dari sini. Ditambah pulau yang cukup besar berdiri kokoh saat kita sampai disana. Menambah keelokan pantai Pulau Merah, sangat luar biasa.

Saat berkemah kamu bisa sekaligus bersama teman-teman menyalakan api unggun. Sambil menyanyikan lagu atau bersenda gurau menambah kenikmatan berkemah. Dipantai pulau merah juga banyak wisatawan domestik yang berkemah. Sedangkan wisatawan mancanegara memilih homestay.

Pantai Plengkung

Sumber: Instagram @abangfakhri

Pantai dengan ombak no 4 terbaik di dunia ini, sudah pasti dikenal para peselancar-peselancar, baik dari yang amatir sampai profesional. Terletak di Banyuwangi merupakan tempat berkemah di Jawa timur yang baik. Walaupun disana  ada home stay, tapi bermalam dibawah bulan dan bintang secara langsung sangat menyenangkan. Apalagi kalau cuacanya cerah, semuanya dapat terlihat dilangit malam.

Ketika pagi kamu juga masih dapat melihat sunrise. Bagi kamu yang suka berselancar saatnya utuk mencoba mantabnya ombak pantai Plengkung. Dijamin kamu pasti akan mencobnya lagi dan lagi. Kamu juga akan kembali lagi untuk bermain selancar lagi.

Kawah ijen

Sumber: Instagram @ratetamiracels

Dengan predikat sebagai salah satu fenomena langka blue firenya. kawah Ijen sangat terkenal diantara para wisatawan. Jika kamu berniat mengunjungi Kawah Ijen kamu dapat berkemah disekitar basecamp kawah gunung Ijen. Karena tidak boleh mendirikan tenda diatas terlalu beresiko dengan belerang yang ada.

Tapi kamu akan tetap mendapatkan suasana yang menenangkan hati, karena di base camp banyak para pendaki yang akan mendaki kawah Ijen pada diniharinya untuk melihat blue fire. Ketika mulai pukul 2 dinihari. Semua akan bergegas untuk membeli tiket dan mulai melakukan pendakikan. Jika kamu ingin melihat blue fire, atau anda bertemu dengan penjual belerang dan penyewa masker kamu belok kiri. Tapi jika kamu ingin melihat sunrise, kamu bisa lurus terus keatas maka kamu akan melihat sunrise yang indah sekali.

Pantai Balekambang

Sumber: Instagram @harikantajwad

Tempat ini sangat mempesona, dengan bangunan yang mirip di Tanah Lot Bali. Banyak penduduk Hindu yang pergi untuk sembayang disana. Kamu juga bisa berkemah disepanjang bibir pantai. Karena kamu akan merasakan tenangnya debur ombak yang merileksknan pikiranmu. Seolah semua stress dan tekanan menghilang.

Kamu juga bisa memotret langit malam yang indah itu. Dengan menggunakan kamera DSLR untuk membuat foto milky way. Karena biasanya disana saat cuaca cerah semuanya sangat mempesona. Langit-langit yang bertabur bintang membuat semuanya tampak menyapa para wisatawan. Termasuk kamu, yang sedang mencoba merilekskan pikiran.

Gunung Raung

Sumber: Instagram @pendaki.keren

Gunung yang terkenal dengan trek ekstrim ini merupakan salah satu spot favorit para pendaki untuk berkemah. Dengan pemandangan cakrawala yang sangat mempesona dari pojok Timur sampai Barat dan Utara samapai Selatan. 360 derajat semua memanjakan mata dengan suguhan awan yang bergelombang dan berkelompok. Ditambah dengan gugusan gunung Bromo, Tengger Semeru dan beberapa gunung di Bali yang nampak dari gunung Raung. Menambah rasa plong dalam hati.

Selama kamu berkemah di gunung Raung kamu harus mengatur logistik secara benar agar tidak kehabisan bahan makanan. Jika kamu hanya ingin camp ceria saja kamu dapat mendirikan tenda dibawah puncak bendera. Jika kamu ingin sampai puncak Sejati, kamu harus menggunakan Carabimner Tali, Helm dan perlengkpan safety lainnya.

Pantai Papuma

Sumber: Instagram @willysugiarto89

Keindahan pantai Papuma Jember ini menambah daya tarik para wisatawan termasuk kamu. Untuk menjelajahi pantai yang berada di Jember ini. Pantai yang indah dengan air berwarna biru jernih, cocok sebagai tempat berkemah di Jawa timur. Kamu bisa berkemah juga bermain hamoock. Jadi ketika kamu bosan tidur ditenda kamu bisa tidur di hamoock.

Semilir angin saat kamu berkemah di pantai Papuma membuat kamu lebih santai menghadapi semua permasalahan hidup. Selain itu kamu juga bernyanyi bersama teman-temanmu saat berkemah untuk melepas penat. Dengan minum kopi dan sebuah jagung bakar untuk menambah santai suasana.

Demikian beberapa tempat tempat berkemah di Jawa timur yang keren-keren dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai masalah-masalahmu. Entah itu tuntutan dan tekanan dari kantor, ataupun masalah lainnya. Kebahagian seseorang sangat  menentukan kehidupan orang tersebut. Sehingga dengan membuat kamu lebih santai dan bahagia. Kamu bisa mencoba beberapa tempat berkemah di Jawa timur tadi, agar kamu bisa merilekskan dirimu sendiri.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BZ9EQjTARMo/
instagram.com/p/BZi7R4zg2s0/
instagram.com/p/BZ1xXIugyDP/
instagram.com/p/BZfX-HGn9JY/
instagram.com/p/BMivfRpjQFz/
instagram.com/p/BZiPQoCF1-o/
instagram.com/p/BZiwwH0hwnn/
instagram.com/p/BYwwmo1lU27/
instagram.com/p/BSGQQkWA0Ba/

Comments

Loading...