OUR NETWORK

Keindahan Dam Betuk, Bendungan Rasa Danau Buatan

Source Image: wisataalammerangin.blogspot.com

Dam Betuk merupakan sebuah bendungan yang terletak di Tambang Baru, Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Awalnya, bendungan ini dibangun dengan tujuan sebagai sumber irigasi untuk kebun karet yang ada disekitarnya. Namun karena keindahannya yang seperti danau buatan telah membuat tempat ini ramai dikunjungi, sehingga warga setempat berinisiatif untuk menjadikan bendungan ini sebagai salah satu objek wisata. Sampai sekarang tempat ini masih ramai dikunjungi dan menjadi salah satu unggulan objek wisata di Desa Tambang Baru.

Sumber: Instagram @praesaadhari

Memiliki luas sekitar 100 hektar, bendungan ini hanya berjarak sekitar 30 meter dari Kota Bangko, salah satu kota yang ada di Kabupaten Merangin. Anda bisa mengendai kendaraan roda empat atau roda dua jika ingin berkunjung. Jika anda menempuh perjalanan melalui Kota Bangko, maka anda akan sampai di tempat tujuan kurang lebih selama 45 menit. Perjalanan anda tidak akan terasa melelahkan karena jalan menuju bendungan sudah beraspal dan tidak ada jalan yang rusak. Di sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan pohon karet yang menghiasi setiap sisi kanan dan kiri jalan utama.

Anda juga akan menemui segerombolan monyet pada saat anda menuju ke bendungan. Disarankan untuk tetap berhati-hati dan menjaga jarak jika anda menemui segerombolan monyet. Jika anda sudah menjumpai gapura waduk anda akan menjumpai satu pos dimana anda harus membayar tiket masuk. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5000 untuk satu orang. Dam Betuk bisa dikunjungi setiap hari dan dibuka selama 24 jam penuh.

Daya Tarik Dam Betuk Bagi Masyarakat

Sumber: wisataalammerangin.blogspot.com

Dam Betuk mempunyai daya tarik tersendiri sehingga tidak pernah sepi dari kunjungan. Apalagi saat akhir pekan, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat favorit yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga. Para pengunjung biasanya menggelar tikar dipinggir bendungan untuk menikmati pemandangan yang disajikan. Tak sedikit juga para pengunjung yang memilih untuk berjalan-jalan mengelilingi bendungan untuk menjelajahi lebih dalam keindahan yang ada.

Jika anda berkunjung ke bendungan ini, anda akan merasakan suasana yang sangat asri. Perpaduan antara bendungan yang terbentang luas, dilengkapi dengan pemandangan pohon dan perkebunan yang mengelilingi bendungan adalah pemandangan yang sangat cocok untuk bersantai. Semilir angin yang dihasilkan oleh pohon karet dan kelapa sawit yang ada disekitar bendungan membuat anda merasakan ketenangan dan suasana pedesaan yang dapat memberikan rasa segar pada pikiran yang penat.

Sumber: gramho.com

Jika anda datang pada sore hari sebelum matahari tenggelam, anda akan bisa menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan. Dam Betuk sangat disarankan untuk dikunjungi pada sore hari agar pengunjung dapat melihat pemandangan spesial yang menjadi keunggulan dari bendungan. Tak jarang tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para remaja untuk digunakan sebagai spot foto untuk diunggah di akun media sosialnya masing-masing. Hal ini dianggap warga setempat sebagai salah satu media untuk mempromosikan objek wisata bendungan tersebut.

Kekurangan Yang Dimiliki Dam Betuk

Jika anda berminat untuk mengunjungi bendungan ini bersama dengan sanak keluarga, disarankan untuk membawa perlengkapan seperti tikar dan alat lainnya. Karena kurangnya fasilitas yang disediakan oleh pengelola masih menjadi hal yang perlu diperhatikan. Tak jarang pengelola mendapatkan kritik dan saran dari para pengunjung. Salah satu hal yang selalu dikritik oleh pengunjung adalah masalah kebersihan. Namun masalah ini bukan sepenuhnya kesalahan dari pengelola bendungan, karena banyaknya sampah ditimbulkan oleh para pengunjung yang sering membuang sampah sembarangan.

Bagi para pengunjung diharapkan agar dapat bekerjasama untuk menjaga kebersihan dan kelestarian objek wisata. Sebaiknya pengunjung bisa membawa kantong kresek jika terlalu malas untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Selain itu diharapkan juga pengelola bendungan bisa meningkatkan fasilitas yang disediakan dan memperbaiki segala bentuk kritik dan saran yang diberikan oleh pengunjung. Hal ini akan memberikan dampk yang sangat positif bagi pengelola dan objek wisata bendungan tersebut, diharapkan Dam Betuk akan menjadi wisata unggulan Desa Tambang Baru dan dapat memajukan perekonomian warga setempat.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…