OUR NETWORK

Air Terjun Baho Ndra, Keindahan Tersembunyi di Gunungsitoli Sumut

Sumatera Utara (Sumut) adalah salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera, berbatasan langsung dengan Aceh di sebelah barat, dan berbatasan dengan Sumatera Barat serta Riau di sebelah timur. Provinsi yang beribu kota di Medan tersebut memiliki luas wilayah sekitar 72.981 km persegi dengan penduduk sekitar 13.937.797 berdasarkan sensus pada tahun 2017 yang lalu. Sumatera Utara memiliki 33 kabupaten atau kota, yang di mana masing-masing memiliki keindahan tersendiri dan tak dimiliki oleh wilayah lainnya.

Bicara soal keindahan, di Sumatera Utara ada salah satu kabupaten/kota yang memiliki bentang alam yang sangat mempesona, yakni Gunung Sitoli. Karena lokasinya yang berada di Pulau Nias dan persis di tepi lautan Samudera Hindia membuatnya memiliki deretan pantai yang eksotis dengan warna laut kebiruan dan pasir putih yang halus bagaikan kristal. Selain itu ada juga air terjun, yang di mana kesejukan dan keasriannya bisa menghipnotis siapa saja yang datang berkunjung. Salah satu air terjun yang layak dikunjungi di Gunungsitoli adalah Air Terjun Baho Ndra.

Lokasi Air Terjun Baho Ndra

Sumber: Instagram@goniastour

Menurut informasi air terjun yang satu ini berada persis di Desa Simanaere, Kecamatan GunungSitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota, karena hanya berjarak sekitar 17 km dengan waktu tempuh selama 32 menit. Namun jika datang dari Sibolga, maka para pengunjung harus menggunakan kapal fery untuk menyebrang menuju ke Pulau Nias, dengan biaya sebesar 65 ribu rupiah per orang dan biaya retribusi sebesar 4.000 rupiah ketika memasuki area pelabuhan.

Hanya saja lokasinya yang cukup tersembunyi di balik hutan belantara membuat para pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dari tempat parkir kendaraan menuju ke lokasi dengan melalui jalan setapak yang membelah hutan. Meskipun demikian, para pengunjung dipastikan tidak akan merasa lelah karena di sepanjang perjalanan akan ditemani oleh rindangnya pepohonan berpadu dengan suara kicauan burung yang mampu memecahkan keheningan.

Pesona Air Terjun Baho Ndra

Sumber: Instagram@goniastour

Setelah sampai di lokasi, lelahmu selama di perjalanan dijamin akan langsung dibayar tuntas oleh keindahan yang disuguhkan oleh Air Terjun Baho Ndra. Air terjun ini sendiri tidak terlalu tinggi, karena hanya memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan kedalam kolam di bawahnya hanya 0,5 hingga 2 meter.

Air Terjun Baho Ndra juga tidak memiliki aliran air yang cukup deras. Namun airnya terasa sangat dingin dan menyegarkan karena langsung bersumber dari pegunungan disekitarnya, sehingga masih belum tercampur oleh limbah. Selain itu, lokasi air terjun yang dikelilingi oleh tebing batu dan pepohonan hijau seakan membuatnya semakin terlihat asri. Suasana yang hening juga menciptakan kedamaian yang bisa membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di sana.

Aktivitas di Air Terjun Baho Ndra

Sumber: Instagram@onohulo

Selain bisa menikmati indahnya pemandangan alam sekitar, di sana kamu juga bisa bermain air atau bahkan berenang tepat di bawah air terjun. Karena memang air terjun ini tidak memiliki aliran air yang deras, sehingga tidak membahayakan para pengunjung. Meskipun demikian, para orang tua tetap harus memberi pengawasan jika berkunjung ke Air Terjun Baho Ndra bersama dengan sang buah hati. Karena kondisinya yang masih alami membuat beberapa bebatuan yang ada di sekitar air terjun cukup licin ditumbuhi oleh lumut.

Sumber: Instagram@rahmani.rahma93

Selain itu kamu juga bisa hunting foto di Air Terjun Baho Ndra. Di sana kamu dijamin akan menemukan banyak spot foto yang Instagramable, dengan latar belakang alam yang masih alami tanpa sentuhan sedikit pun dari tangan manusia.

Fasilitas Air Terjun Baho Ndra

Lokasinya yang berada di tengah hutan membuat Air Terjun Baho Ndra tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Di sana kamu tidak akan menemukan toilet dan bahkan warung penjual makanan atau minuman ringan. Karena memang Air Terjun Baho Ndra masih sangat alami dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Meskipun demikian, dengan keindahan yang ditawarkan saya rasa bukan hal yang salah jika Air Terjun Baho Ndra masuk dalam destinasi liburanmu. Dijamin kamu tidak akan kecewa setelah berkunjung ke air terjun yang satu ini, yang ada justru kamu akan ketagihan.

Comments

Loading...