OUR NETWORK

Air Terjun Biroro, Oase di Tengah Panasnya Kota Makassar

Source Image: beingindonesian.tumblr.com

Makassar adalah ibu kota Sulawesi Selatan, yang berlokasi di daerah pesisir. Layaknya kawasan pesisir pada umumnya, cuaca di Kota Makassar sangat terik dan membakar kulit, oleh sebab itu berlibur ke pegunungan atau ke tempat sejuk biasanya akan menjadi pilihan utama bagi warga Kota Daeng. Bagaimana, apakah sudah memiliki destinasi wisata alam untuk liburan akhir pekan?

Sebenarnya tidak terlalu sulit mencari wisata alam pegunungan atau yang menghadirkan udara sejuk di sekitar Kota Makassar, karena bentang alamnya cukup menjanjikan. Ya, tidak jauh dari Kota Makassar, tepatnya di Kabupaten Gowa, terdapat Air Terjun Biroro, wisata alam yang masih sangat alami dengan menghadirkan udara sejuk dan suasana yang sangat damai.

Lokasi Air Terjun Biroro

Sumber: gomalino.blogspot.com

Lokasi tepatnya air terjun ini berada di Kelurahan Bonto Lerung, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa. Dari pusat Kota Makassar, para wisatawan hanya perlu menempuh jarak sejauh 70 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan untuk bisa sampai di Air Terjun Biroro. Perjalanan menuju ke lokasi akan dipenuhi dengan jalanan yang berkelak-kelok, tanjakan dan turunan tajam, layaknya di pegunungan pada umumnya. Oleh sebab itu, pastikan kendaraan berada dalam kondisi terbaik, sebelum akhirnya memulai petualangan menuju ke Air Terjun Biroro di Kabupaten Gowa.

Sesampainya di Desa Bonto Lerung, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan cara berjalan kaki atau trekking sejauh 200 meter. Trekking menuju ke air terjun bisa jadi akan memberikanmu sensasi yang berbeda, karena akan melewati hutan bambu dan hijaunya areal persawahan milik warga, yang terlihat semakin cantik dengan bentuk yang berundak atau terasering. Perjalanan menuju ke Air Terjun Biroro baru akan berakhir setelah menemukan jembatan bambu, yang mana lokasi air terjun tidak jauh dari jembatan tersebut.

Pesona Air Terjun Biroro yang Masih Alami

Sumber: Instagram @dharmafatahna

Air Terjun Biroro memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dengan air yang sangat jernih dan terasa menyegarkan, karena berasal langsung dari Gunung Bawakerang. Tepat di bawah air terjun terdapat kolam alami, yang konon kedalamannya hingga menyentuh angka 8 meter. Di samping kanan dan kiri air terjun terdapat pepohonan hijau, menjadikan suasana terlihat semakin alami dan sejuk dipandang mata. Di aliran sungainya terdapat bebatuan besar yang bisa digunakan untuk duduk-duduk bersantai menikmati pesona alam yang disuguhkan oleh Air Terjun Biroro.

Aktivitas Terbaik di Air Terjun Biroro

Sumber: Instagram @color_sky8

Walaupun memiliki kolam alami dengan air yang menyegarkan, para wisatawan dilarang untuk berenang di kolam tersebut. Selain cukup dalam, derasnya aliran air terjun juga menjadi alasan lainnya, dan tidak menutup kemungkinan aliran air terjun akan menjatuhkan material yang di bawa dari pedalaman hutan yang ada di atasnya. Oleh sebab itu, di sana para wisatawan hanya bisa duduk-duduk bersantai menikmati pesona alam Air Terjun Biroro.

Sumber: Instagram @om_mangg

Tapi tidak usah khawatir, pesona yang mengagumkan, ditambah dengan suasana yang damai dan alam yang menyejukkan, para wisatawan dijamin akan betah untuk berlama-lama di sana. Mereka juga bisa memanfaatkan landscape Air Terjun Biroro untuk menjadi latar belakang foto terbaik. Dijamin, hasilnya sangat instagramable!

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Sumber: Instagram @dharmafatahna

Harga tiket masuk ke Air Terjun Biroro sangat murah meriah, karena setiap pengunjung hanya akan ditarik biaya sebesar 5 ribu rupiah per orang. Untuk fasilitasnya juga sudah cukup lengkap, yang mana di sana telah tersedia toilet yang cukup bersih dan sejumlah tempat sampah.

Penginapan di Air Terjun Biroro

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, di sekitar Air Terjun Biroro juga telah tersedia beberapa alternatif penginapan dengan harga yang terjangkau. Ada Lembah Biru Lagoon Homestay dengan biaya sewa 280 ribu rupiah per malam, dengan jarak sekitar 3 km dari lokasi air terjun. Kemudian ada pula Pondok Mini Malino, yang berjarak 3 km dari Air Terjun Biroro, dengan biaya sewa sekitar 140 ribu rupiah per malam.

Bagaimana, menarik bukan? Tidak perlu berpikir panjang, segera siapkan hari liburmu untuk berkunjung ke Air Terjun Biroro, nikmati setiap jengkal pesona dan keindahan alam yang ditawarkannya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…