OUR NETWORK

Air Terjun Datar Lebar, Pesona Indah Dibalik Perbukitan

Siapa bilang Sumatera tidak memiliki keindahan layaknya di Pulau Jawa atau juga Bali. Pulau terbesar di Indonesia ini memang namanya belum dikenal. Tetapi, tahukah anda, bila kawasan ini mempunyai air terjun yang tidak kalah indahnya.

Namanya adalah Air Terjun Datar Lebar yang memiliki keindahan tidak hanya melalui pemandangannya saja melainkan, jalur menuju ke objek wisata ini pun menghadirkan kerinduan. Karena, membutuhkan kekuatan ekstra agar anda bisa mencapai titik lokasi.

Mengenal Air Terjun Datar Lebar

Sumber: Instagram @moanskywardz

Air Terjun Datar Lebar ini mempunyai tinggi kurang lebih 20 meter. Di samping kanan dan kirinya anda akan menikmati dua buah batu besar yang membuat pemandangannya pun semakin menyenangkan.

Air terjunnya pun cukup deras, sehingga ada kolam yang cukup besar. Biasanya banyak wisatawan akan memanfaatkan untuk berenang. Hanya saja, anda harus berhati-hati karena, derasnya debit air bisa menjadikan banjir yang akan membahayakan diri anda.

Sumber: Instagram @agustina.setiawati

Disamping kanan dan kirinya terdapat pepohonan yang menjulang tinggi. Sehingga, saat anda memutuskan untuk duduk-duduk di bebatuan yang bervariasi ini suasana sejuk dan asri akan terasa. Percikan air terjun juga terkadang mampu menembus kulit anda. Kesegaran maksimal akan anda dapatkan apalagi, kalau anda datang saat siang hari.

Alamat dan Rute Lokasi

Objek wisata ini sendiri terletak di Datar Lebar,  Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Dari Kota Bengkulu membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Anda bisa memarkirkan kendaraan bermotor dan mobil di area parkir yang sudah disediakan. Tetapi, setelah itu anda harus berjalan cukup jauh. Track yang harus anda lalui pun bukan tergolong mudah. Melintasi hutan belantara menyajikan keindahan yang luar biasa, nuansa hijau langsung anda rasakan sejak pertama kali berjalan.

Sumber: Instagram @gita.apr

Jangan lupa bagi anda yang mengunjungi objek wisata ini membawa perbekalan yang cukup seperti air minum serta beberapa makanan. Karena di tempat ini belum tersedia warung-warung yang menjajakan makanan atau minuman. Perjalanan menuju ke lokasi air terjun sedikit licin, sehingga anda harus berhati-hati agar tidak jatuh terpeleset. Apalagi, pada saat musim penghujan jalanan seperti kurang bersahabat dengan anda.

Perjalanan dari area parkir menuju ke titik lokasi kurang lebih 1,5 jam. Perjalanan yang cukup panjang dan jauh memang. Tetapi anda tidak akan pernah rugi karena, keindahannya memang tidak setengah-setengah.

Pesona lain dari Air terjun Datar Lebar

Pesona lain yang bisa anda nikmati di tempat adalah kebersihan lingkungan yang benar-benar mengesankan. Sehingga, anda diwajibkan untuk membuang sampah pada tempatnya Agar kebersihan tempat ini tetap terjaga dengan baik.

Sumber: Instagram @muhammadhidayatullah_

Jangan lupa pula membawa kamera jahat anda, agar keindahan yang tercipta di tempat ini tidak terlewatkan begitu saja. Menariknya lagi, air terjun ini akan selalu hadir di setiap musim. Hanya saja, di musim kemarau debit airnya tidak terlalu deras seperti di musim penghujan.

Jika terpesona dengan objek wisata ini, anda bisa mengunjunginya sebelum pukul 3 sore dan anda wajib pulang dari air terjun sebelum jam 4 sore. Maklum saja, perjalanan di area hutan memang cukup membahayakan lantaran tidak adanya penerangan.

Penginapan Sekitar

Sumber: pedomanbengkulu.com

Bagi anda yang lelah melakukan perjalanan menuju ke air terjun ini, anda bisa menginap di penginapan yang letaknya tidak jauh dari objek wisata. Berikut rekomendasi yang bisa anda lihat di bawah ini.

Penginapan pertama adalah hotel Umro yang letaknya 43 menit atau 22,3 Kilometer. Penginapan ini terletak di Jl. Kepahiang – Pagar Alam, Pasar Ujung, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Dari segi fasilitas cukup mumpuni dengan kamar yang bersih kamar mandi yang sudah dilengkapi dengan shower. Pihak pengelola pun sangat ramah dan bersahaja, sehingga anda akan merasa pulang ke rumah lainnya.

Dengan harga 300 ribuan membuat penginapan ini terasa sangat nyaman dan bisa anda jadikan rekomendasi saat berkunjung ke Datar Lebar. Menikmati pesona air terjun datar lebar adalah sebuah kewajiban. Lantaran, pesonanya mampu meluruhkan semua penat yang seakan menyiksa diri anda. Walau, perjalanan panjang yang tidak mudah harus anda lewati terlebih dahulu. Jadi, jangan sampai melewatkan keindahan Air Terjun Datar Lebar.

 

Comments

Loading...