OUR NETWORK

Air Terjun Mata Jitu, Air Terjun Unik di NTB

Liburan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh beberapa orang. Sebagian besar orang sering menghabiskan waktu bersama keluarga di masa-masa liburan. Maka dari itu kamu harus merencanakan liburanmu dengan baik agar momen liburan bersama keluarga dapat berjalan dengan lancar.

Sumber: Instagram @hafiztravoll

Kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata, yang bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang mau liburan ke daerah NTB. Tempat wisata ini adalah Air Terjun Mata Jitu. Jika kamu lelah dengan suasana perkotaan yang padat, maka berlibur ke tempat wisata ini merupakan pilihan yang tepat, karena suasana di sekitar air terjun sangat sejuk dan tenang. Keindahan alam yang ditawarkan dijamin bakalan bikin kamu betah berlama-lama di tempat ini.

Oke, mari kita bahas lebih lanjut tentang Air Terjun Mata Jitu.

Air Terjun Mata Jitu

Sumber: Instagram @lombok_gilatour⠀

Keberadaan Air Terjun Mata Jitu ini sangat tersembunyi, hal ini membuat air terjun ini kurang terekspos oleh media. Namun di sekitar air terjun ini suasananya sangat menenangkan, gemercik air disertai keheningan alam membuat kamu betah berada di tempat ini.

Air Terjun Mata Jitu kabarnya sudah ada sejak jutaan tahun silam. Keindahan air terjun yang memiliki warna air hijau tua dan muda ini membuat setiap pengunjung yang mengunjungi tempat ini dibuat terkesima. Salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan di air terjun ini adalah mandi. Kondisi air nya yang dingin dan sejuk pasti akan ngebuat kamu gak sabar pengen nyebur ke dalam air.

Sumber: Instagram @nurul_firdha

Air terjun ini memiliki empat undak dan tujuh kolam dibawahnya, keunikan ini yang membuat air terjun ini layak untuk dikunjungi. Dari keunikan yang ada pada air terjun, maka air terjun ini dinamakan Air Terjun Mata Jitu. Kata Mata Jitu berawal dari mata air yang jatuh pada kolam, yang berada di bawah secara berurutan, konsep air terjun ini ini mirip terasering pada sawah.

Namun meskipun jarang di ekspos media, keberadaan dari air terjun ini sudah mulai dikenal oleh banyak wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Ini disebabkan karena tuan putri dari kerajaan Inggris yaitu Lady Diana sudah pernah berkunjung ke Air Terjun Mata Jitu.

Lokasi Air Terjun Mata Jitu

Sumber: Instagram @wisatapuas

Wisata alam yang indah ini berada di Dusun Oiromu, Labuhan Aji, Kab. Sumbawa, Prov. Nusa Tenggara Barat. Air terjun ini terletak di Pulau Moyo, yaitu di utara Kota Sumbawa. Air terjun yang terletak di tengah hutan ini tidak jauh dari Teluk Saleh. Lokasi ini sudah terkenal, sehingga kamu bisa menanyakan letak pasti air terjun ini kepada warga Sumbawa.

Harga Tiket Air terjun Mata Jitu

Harga tiket yang ditawarkan untuk memasuki lokasi wisata Air Terjun Mata Jitu tergolong murah dan terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 50.000,- hingga Rp. 70.000,- per orang yang digunakan untuk menaiki perahu menuju ke air terjun. Perahu untuk menuju ke air terjun dapat menampung hingga 20 orang.

Setelah menaiki perahu kamu bisa memilih akan tetap melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor atau memilih untuk berjalan kaki menuju ke lokasi air terjun, dengan berjalan kaki kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar satu setengah jam. Namun dengan berjalan kaki kamu bisa menikmati keindahan alam yang ada, sebelum akhirnya memasuki lokasi air terjun.

Tips Berkunjung

Sumber: Instagram @bppdntb

Jika kamu sudah memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Mata Jitu, maka sebaiknya kamu mengetahui rute dan bagaimana cara yang diperlukan untuk menuju ke lokasi air terjun. Karena lokasi air terjun berada di tengah hutan, maka kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting guna menuju ke lokasi air terjun. Pastikan kamu sudah mempersiapkan rencana jauh-jauh hari sebelum mengunjungi Air Terjun Mata Jitu.

Air terjun ini sangat direkomendasikan untuk pengunjung yang menyukai keteduhan, karena air terjun berada di tengah hutan, sehingga bisa menghadirkan suasana yang teduh dan tenang.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…