OUR NETWORK

Air Terjun Moramo, Indahnya Air Terjun Berundak Dari Sulawesi Tenggara

Sumber: ksmtour.com

Tidak salah memang bila berkunjung ke Sulawesi Tenggara kamu akan fokus dengan pulau atau juga pantai. Tetapi, tidak salah pula bila kamu mencoba sisi wisata yang lain, yang tidak akan lepas dengan air dan panorama alam. Kawasan tersebut adalah Air Terjun Moramo.

Menuju ke tempat wisata ini cukup mudah. Oleh karena itu, sangat cocok bagi siapa pun yang ingin bermain-main dan menikmati hari minggu yang cerah. Terlebih lagi, suhu udara dan kesegaran airnya jangan ditanya. Bisa-bisa membuat kamu lupa diri lho.

Mengenal Air Terjun Moramo

Sumber: Instagram @_aaaallll

Salah satu hal yang mengesankan yang bisa kamu nikmati adalah ketinggiannya yang mencapai 100 meter. Tidak hanya itu saja, bentuk nya pun cukup instagramable dengan berundak-undak. Kalau boleh dihitung ada 7 undakan besar dan kurang lebih ada 60 undakan kecil yang bisa kamu lihat.

Air yang mengalir mengucur deras pada batuan granit yang konon sudah terbentuk sejak ratusan tahun yang lalu lho. Menjadi sangat istimewa bila kamu melihat pancaran airnya yang membentuk warna-warni seperti pelangi. Sungguh, pemandangan yang jarang terjadi di tempat lain.

Sumber: ksmtour.com

Hulu dari air terjun ini adalah sungai Biskori yang berasal dari pegunungan Tombol Osu. Biasanya, sungai ini digunakan untuk membantu irigasi para warga yang berasal dari Jawa dan Bali. Jadi, jangan kaget bila kamu sering menemukan sesajen di sanggah atau tempat sesaji umat Hindu.

Konon katanya, penemu air terjun ini adalah para transmigran yang berasal dari jawa. Sekitar tahun 1980 yang kala itu, ia sedang membuka hutan yang menjerat anoa. Kemudian, pada tahun 1989 barulah dibangun akses jalan dan diresmikan sebagai objek wisata 2 tahun setelahnya.

Cara Menuju ke Lokasi

Objek wisata ini terletak di Suaka Margasatwa Tanjung Peropa atau lebih tepatnya berada di Desa Sumbersari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Dari Bandara kamu bisa melakukan perjalanan dengan menyusuri pesisir pantai kendari. Jarak yang harus kamu lalui kurang lebih 65 kilometer atau bisa ditempuh dengan waktu 1 jam 30 menit hingga 2 jam lamanya. Tergantung dari jalanan dan kecepatan kamu berkendara.

Selama perjalanan kamu juga akan masuk ke kampung nelayan yang ada di kecamatan abeli. Dimana, untuk jalan yang dilalui sudah cukup bagus. Nah untuk biaya tiket masuknya kamu akan dikenakan harga 5 ribu rupiah. Ditambah untuk parkir mobil sebesar 10 ribu rupiah dan motor sebesar 5 ribu rupiah.

Trekking Menuju ke Lokasi

Sumber: Google Maps @arief_s

Dari area parkir kamu harus menyiapkan tenaga kamu karena, kamu harus jalan sejauh 1,2 kilometer. Di area parkir, kamu sudah bisa menemukan beberapa warung yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli makanan dan minuman. baik dingin maupun biasa.

Menuju ke lokasi kamu akan disuguhkan dengan jalanan yang tidak terlalu sulit. Trek lurus yang sudah disemen. Setelah itu, menuju ke jalan tanah, melewati dua buah jembatan, aliran sungai dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Selama perjalanan, suasana dan nuansa hutan sangat terasa, sehingga menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan.

Sumber: backpackerjakarta.com

Setelah melewati aliran sungai dimana, kamu harus berpijak pada bebatuan yang ada, kamu akan diuji dengan anak tangga yang cukup tinggi dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat. Tapi, tenang, disini sudah ada pegangan jadi, kamu bisa menjaga kesimbangan dengan berpegang pada bambu yang disediakan. Total waktu yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit hingga 60 menit.

Disarankan untuk membawa bekal air yang cukup agar tidak kehausan. Jangan gunakan sepatu, pasti basah saat kamu harus melalui aliran sungai. Sepatu yang basah membuat kaki menjadi tidak nyaman. Lebih baik gunakan sandal gunung yang lebih awet.

Keindahan Air Terjun Moramo

Sumber: yopiefranz.com

Ada keunikan lain yang bisa kamu temui saat mengunjungi objek wisata ini. Salah satunya adalah kandungan sulfur dan juga alkali. Selain itu, di dinding batunya kamu tidak akan merasakan licin sedikitpun karena, tidak ada lumut yang akan tumbuh di tempat ini.

Sumber: backpackerjakarta.com

Disini, kamu akan disuguhkan dengan sebuah kolam yang bisa kamu gunakan untuk berenang atau juga berendam. Rasakan pengalaman yang berbeda yang tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Kesimpulan

Air Terjun Moramo adalah keindahan yang tidak boleh kamu lewatkan. Jangan lupa bawa kamera tingkat tinggi ya. Agar semua yang indah-indah bisa kamu abadikan ke dalam foto dan gambar.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…