OUR NETWORK

Air Terjun Ponot, Esoktisnya Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Memang, semua yang berhubungan dengan keindahan harus dilalui dengan sebuah perjalanan yang terjal. Keringat bercucuran, rasa lelah dan ingin menyerah pasti akan hadir mengiringi. Tetapi, saat tekad dan keinginan yang kuat itu menang. Saat itu pula semua yang sudah dikeluarkan akan terbayar lunas.

Sumber: Instagram @wan_achan

Setidaknya itulah sedikit gambaran bila kita ingin menikmati pesona wisata Air Terjun Ponot yang terletak di Sumatera Utara. Sisi menarik dari objek wisata ini adalah ketinggiannya yang membuat Air Terjun Ponot ditetapkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Sekilas Mengenai Air Terjun Ponot

Sumber: Instagram @susiparida.napitupulu.3

Air terjun ini mempunyai dua tingkatan dimana, kalau di total maka kita bisa menemukan angka 250 meter. Angka yang cukup tinggi untuk sebuah air terjun di Indonesia. Debit airnya cukup deras. Sehingga, saat berada di dekatnya ada akan basah kuyup karena, percikannya yang terbawa oleh angin.

Berasal dari aliran Sungai Ponot. Dimana, sungai ini adalah anak dari sungai asahan yang terletak di ketinggian 500 mdpl. Saat menginjakkan kaki pertama kali disini, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam bebatuan besar yang biasa dijadikan sebagai spot foto.

Sumber: Instagram @fahrolrmd

Tidak hanya pada musim penghujan saja yang bisa kita nikmati. Tetapi, disaat musim kemarau, kita juga bisa menikmatinya dengan debit airnya cukup deras walau, tidak sederas di musim penghujan.

Cobalah untuk membasuh muka disini. Rasakan air yang dingin dan menyegarkan. Kejernihannya membuat kita ini berenang dan bermain air. Maklum saja, objek wisata ini terletak di atas ketinggian 700 mdpl. Sehingga, kesejukan, ketenangan, serta kedamaiannya benar-benar terjaga.

Alamat Dan Rute Lokasi

Sumber: Instagram @dickydamara06

Air Terjun Ponot terletak di Desa Tangga, Sampuran Sariamo, Halado, Pintu Pohan Merant. Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21274. Bagi anda yang berasal dari Medan, disarankan dengan naik transportasi umum.

Dengan naik kereta api dari stasiun medan menuju ke Stasiun Aekloba. Dengan kereta api Sribilah yang disediakan dengan dua kelas yaitu eksekutif dengan harga 150 ribu rupiah. Ada juga kelas bisnis dengan harga 130 ribu rupiah.

Keberangkatan dari stasiun medan pukul 7:52 akan tiba di tujuan pukul 12:21. Karena, masih belum adanya transportasi umum. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan kendaran pribadi dengan cara menyewanya. Jarak yang harus ditempuh dari stasiun ini menuju ke objek wisata adalah 61 km atau membutuhkan waktu 1 jam 45 menit.

Sumber: Instagram @like_medan

Dimana, rute yang harus anda lalui adalah Jalan lintas sumatera sejauh 5,5 km. Setelah itu, belok ke kiri menuju ke Jalan Sigura-gura. Dimana, pemandangan yang akan dapati berupa bendungan dan juga eloknya Air Terjun Sigura-sura yang tampak terlihat.

Setelah melewati jalur kurang lebih 53 km dengan jalanan yang berkelok-kelok. Kita akan sampai di titik tujuan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang wajib anda bayar untuk bisa menikmati objek wisata ini adalah 10 ribu rupiah. di tambah dengan uang parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor dan 7 ribu rupiah bagi mereka yang membawa mobil. Jam operasional objek wisata ini akan di buka pukul 8 pagi dan tutup pukul 5 sore.

Penginapan Sekitar

Menikmati air terjun ini memang tidak akan pernah puas. Karena, pesonanya yang membuat kita betah berlama-lama disini. Apalagi, di sekitar air terjun juga masih banyak wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Sumber: Instagram @mumu20_

Oleh karena itu, disarankan untuk menginap saja. jangan khawatir, di dekat Air Terjun Ponot sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa anda pilih.

Comments

Loading...