OUR NETWORK

Air Terjun Rampah Tumaung, Destinasi Wisata Alam Alternatif Borneo

Source Image: Instagram @_anisaherliani

Ngomong-ngomong soal Kalimantan, destinasi wisata alam apa yang paling berkesan bagimu? Kalimantan memang dikenal memiliki hamparan hutan hujan tropis yang sangat luas, namun Pulau Borneo itu juga mempunyai sederet wisata alam yang tak kalah menarik. Bagi penyuka wisata bahari, Kalimantan terkenal memiliki Pulau Derawan dan Tanjung Kunyit, yang memiliki pemandangan eksotis, termasuk Pantai Teluk Tamiang dengan pantai pasir putihnya. Untuk kamu yang menyukai tantangan, bisa juga berwisata di Goa Batu Sawar, yang memiliki medan sangat ekstrem. Namun, bagi kamu yang merindukan suasana ketenangan dan suasana alam yang damai, bisa berkunjung ke Air Terjun Rampah Tumaung. Dijamin, kamu tidak akan menyesal berkunjung ke tempat yang satu ini.

Lokasi Air Terjun Rampah Tumaung

Sumber: Instagram @ansyar__m

Secara administratif, Air Terjun Rampah Tumaung terletak di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jaraknya sangat jauh dari Kota Banjarmasin, kira-kira sekitar 195 km dengan waktu tempuh sekitar 5 hingga 6 jam perjalanan. Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan alam khas Kalimantan, termasuk hutan dan areal persawahan yang hijau. Sesampainya di lokasi parkir, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki atau treking selama satu hingga dua jam, tergantung stamina.

Tidak jauh dari lokasi parkir, kamu akan menemukan jalan bercabang, ambil jalan lurus menuju ke Air Terjun Rampah Tumaung, sementara belok ke kanan akan menuju ke pemukiman penduduk. Terus berjalan hingga melewati 4 kali tempat duduk atau peristirahatan, hingga kemudian melalui Jembatan Cinta. Di tempat peristirahatan yang paling ujung, kamu akan menemukan gerbang bertuliskan ‘500 Meter Lagi Menuju Air Terjun Rampah Tumaung’. Dari gerbang tersebut, jalanan akan terus menurun, dan kamu harus berjalan menyusuri sungai hingga akhirnya sampai di Air Terjun Rampah Tumaung.

Pesona Air Terjun Rampah Tumaung

Sumber: Instagram @oza_dbackpackholic

Air Terjun Rampah Tumaung berada di tengah-tengah hutan, sehingga memiliki suasana yang masih sangat alami. Dikelilingi pepohonan tinggi, membuat udara di sekitar air terjun terasa sangat menyejukkan. Sementara itu, Air Terjun Rampah Tumaung memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan lebar kurang lebih 7 meter. Aliran airnya pun cukup deras, sehingga membentuk sebuah kolam alami tepat di bawah air terjun. Derasnya air terjun membuat para pengunjung dilarang bermain air atau berenang tepat di bawah air terjun, melainkan harus sedikit menjauh demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu juga disarankan untuk mengambil gambar Air Terjun Rampah Tumaung dari jarak yang cukup jauh, karena apabila mengambilnya dari jarak dekat, smartphone atau kamera digitalmu akan basah terkena percikan air terjun.

Sungai Berbatu di Air Terjun Rampah Tumaung

Sumber: visitkalsel.com

Aliran air dari Air Terjun Rampah Tumaung menuju ke sungai berbatu yang cukup cantik. Saking cantiknya, kamu pun bisa memanfaatkan bebatuan di sungai tersebut sebagai latar belakang foto terbaikmu. Apabila tidak ingin basah-basahan, kamu juga bisa memanfaatkan bebatuan sungai sebagai tempat untuk duduk-duduk santai, sembari menikmati pesona alam yang disuguhkan Air Terjun Rampah Tumaung.

Fasilitas di Air Terjun Rampah Tumaung

Sumber: visitkalsel.com

Usai dari area parkir kendaraan, jalan menuju ke Air Terjun Rampah Tumaung sudah cukup bagus, walau pun masih berupa tanah makadam. Di sekitar lokasi air terjun juga terdapat beberapa gubuk, yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk meletakkan barang atau berteduh apabila hujan datang mengguyur. Namun sayangnya di sana masih belum terdapat toilet yang layak, padahal itu adalah fasilitas utama di tempat wisata. Tidak terdapat pulang warung yang menjual aneka cemilan, sebagai penunda rasa lapar.

Sumber: Instagram @akbar_setiawan03

Bagaimana, apakah kamu tertarik berlibur di Air Terjun Rampah Tumaung? Lokasinya yang jauh di pedalaman hutan dan dibutuhkan waktu satu hingga dua jam treking, membuat air terjun yang satu ini sangat cocok untuk kamu para pecinta petualang. Jadi, langsung saja segera siapkan hari liburmu untuk bersenang-senang di Air Terjun Rampah Tumaung.

Ingat, jangan mengambil apa pun di tempat wisata kecuali gambar, jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak, dan jangan membunuh apa pun kecuali waktu. Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…