OUR NETWORK

Air Terjun Sampuran Betung Destinasi Wisata Terbaru Pasaman

Source Image: Instagram @dandi_saputra2207

Ada hal yang menarik dari air terjun betung ini. Salah satunya adalah nama dari air terjun itu sendiri. Nama dari Air Terjun Sampuran Betung cukup pasaran di dalam dunia pariwisata.

Setidaknya ada 4 buah destinasi wisata alam air terjun yang mempunyai nama Betung. Air terjun dengan nama Betung pertama terdapat di Lampung. Di provinsi Sumatera Barat juga terdapat sebuah destinasi wisata alam Air Terjun Betung.

Untuk daerah lain terletak di provinsi Banten yang juga mempunyai air terjun bernama Betung. Destinasi wisata tersebut terletak di daerah Serang. Lalu di provinsi Jawa Barat, tepatnya di Sukabumi juga mempunyai hal yang serupa.

Dengan kondisi demikian, pasti cukup menyulitkan dalam menemukan lokasi dari destinasi wisata alam ini. Karena sangat rawan salah menentukan letak dari air terjun yang dituju. Oleh sebab itu, gunakan kata kunci pencarian di Google map yang lengkap supaya tidak dialihkan ke destinasi wisata provinsi lain.

Sumber: Youtube @surga sumatera barat

Terlepas dari kondisi nama Betung, khusus untuk air terjun betung di Sumatera Barat mempunyai nama yang berbeda dengan air terjun / curug bentung lain. Nama dari destinasi wisata tersebut adalah air terjun Sampuran Betung.

Lokasi Air Terjun Betung

Destinasi wisata ini terletak di Jorong Serasah Betung, Tinggiran Hilir, Kec Sungai Aur, Pasaman Barat. Jarak antara lokasi air terjun dengan pusat Kecamatan Sungai Aur sekitar ±10 km. Waktu perjalanan yang diperlukan dari arah kecamatan termasuk cukup lama. Karena memakan waktu selama ±60 menit / 1 jam.

Kondisi jalan yang menuju ke arah destinasi wisata cukup baik. Walaupun ada beberapa jalan yang masih perlu mendapat perbaikan. Tempat wisata ini terletak jauh dari jalur Trans Sumatera HWY. Sehingga bagi wisatawan yang berasal dari luar Sumatra, mungkin akan cukup sulit untuk menemukan Air Terjun Sampuran Betung.

Sumber: Instagram @dandi_saputra2207

Sementara untuk pencarian Google map juga masih cukup sulit. Sebab destinasi wisata ini termasuk ke dalam jajaran tempat wisata terbaru. Lalu juga belum review lengkap tentang destinasi wisata tersebut. Meskipun kini secara perlahan air terjun Sampuran Betung secara perlahan mulai dipadati beberapa wisatawan. Bahkan setiap weekend dan musim liburan, tempat wisata tersebut sangat ramai.

Sedangkan untuk akses menuju ke air telah sangat baik. Bukan lagi menggunakan jalan setapak yang hanya beralas tanah. Namun telah disediakan akses jalan yang cukup memadai. Akses jalan telah di beton. Hal tersebut sangat menjadi akses yang sangat mendukung. Karena tidak ada hambatan apapun untuk menuruni air terjun ketika musim penghujan. Sedangkan untuk akses menurun, telah disediakan tangga dengan pagar di setiap sisinya.

Kondisi Air Terjun Sampuran Betung Sumatera Barat

Sumber: Instagram @infopasbar_

Air Terjun Sampuran Betung tidak begitu tinggi, namun cukup lebar walaupun tidak selebar air terjun Niagara. Tinggi air terjun sendiri hanya mencapai ±5 meter. Sedangkan untuk lebar air terjun mencapai ±35 meter.

Tepat di tengah – tengah arus air terjun terdapat batu yang cukup menonjol. Sehingga seolah membagi air terjun menjadi 2.

Kondisi arus air di setiap titik berbeda – beda. Pada bagian tepi, arus air tidak deras. Tetapi untuk arus air terjun di bagian tengah cukup deras. Walaupun deras, namun tidak begitu membahayakan dan mempunyai resiko hanyut cukup minim.

Sedangkan airnya sendiri masih sangat jernih dan sama sekali belum tercemar. Hal ini membuat destinasi wisata tersebut sangat aman untuk berenang dan melakukan berbagai macam aktivitas di dalam air.

Air terjun Sampuran Betung juga mempunyai kolam yang cukup luas. Sehingga dapat menampung cukup banyak orang di dalamnya. Kolamnya juga tidak begitu dalam dan hanya sekitar ±1 meter.

Di sekeliling air terjun terdapat berbagai macam jenis pepohonan dan membuat suasana di tempat tersebut terasa sangat sejuk. Di tepi air terjun terdapat jajaran bebatuan dengan berbagai macam ukuran. Tekstur batu sangat halus.

Fasilitas Yang Tersedia Di Destinasi Wisata Air Terjun Sampuran Betung

Sumber: Instagram @khairul_amri27

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata tersebut cukup kompleks, walaupun belum terlalu memadai. Setidaknya telah tersedia toilet, tempat parkir luas serta akses jalan yang aman dan mudah.

Untuk fasilitas lain berupa tempat makan. Bangunan dari tempat makan cukup sederhana dan tidak begitu luas. Selain itu juga disediakan jasa sewa ban yang dapat dimanfaatkan untuk anak – anak yang hendak bermain di kolam air terjun.

Di destinasi wisata ini juga tersedia suatu wahana yang cukup menyenangkan, yaitu water bridge. Wahana itu merupakan satu – satunya wahana yang tersedia.

Water bridge sendiri merupakan jembatan air yang hanya mempunyai seutas tali untuk berpegangan. Jembatan tersebut dapat digunakan untuk menyeberang air terjun. Cara menyeberang water bridge cukup mudah, hanya dengan naik di ban, lalu menggeser ban dengan menarik tali yang tersedia.

Aktivitas Di Air Terjun Sampuran Betung

Ada berbagai macam aktivitas sangat menyenangkan yang dapat dilakukan di destinasi wisata tersebut. Aktivitas tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Water bridge

Aktivitas ini menjadi aktivitas yang harus dilakukan ketika berada di dalam kawasan destinasi wisata tersebut. Dengan melakukan water bridge, pengunjung mungkin cukup kesulitan untuk menyeberangi air terjun hanya berpegangan dengan seutas tali.

Walaupun mungkin harus menggunakan tenaga ekstra karena harus melawan arus, tetapi cukup menyenangkan. Terlebih lagi jika dilakukan bersama dengan teman.

2. Seluncur air terjun

Kondisi batu yang menjadi aliran air terjun cukup licin dan seolah membentuk suatu seluncuran alami. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bermain seluncuran.

3. Free cliff jumping

Dengan tinggi hanya sekitar ±5 meter, air terjun tersebut cukup mendukung untuk Free cliff jumping. Terlebih lagi dengan kolam yang mempunyai arus yang cukup tenang. Para wisatawan pun dapat bermain Free cliff jumping sepuasnya.

4. Berenang

Kondisi kolam yang cukup tenang dan mempunyai arus yang tidak begitu deras serta tidak begitu dalam, membuat tempat tersebut cukup aman untuk berenang. Bagi yang tidak pandai untuk berenang pun juga tidak ada masalah, karena dapat memilih berenang di tepi atau menyewa sebuah ban. Begitu pula dengan anak – anak.

5. Pijat refleksi

Arus air terjun yang tidak begitu deras membuat cukup aman untuk didekati. Bahkan berada tepat dibawah air terjun itu sendiri. Namun lebih baik memilih di bagian tepi. Air terjun tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pijat refleksi. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh dari pijat refleksi tersebut. Salah satu manfaat yang utama adalah melepaskan penat.

6. Hunting foto

Khusus untuk aktivitas yang satu ini merupakan satu – satunya yang tidak boleh untuk dilewatkan. Sebaiknya gunakan kamera / smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur water resistant. Sehingga sangat aman ketika digunakan air.

Review tempat wisata tersebut dapat dijadikan sebagai referensi untuk liburan selanjutnya. Dengan mengunjungi destinasi wisata baru, suasana liburan tidak monoton dan lebih berwarna.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…