spot_img

Air Terjun Segerincing, Wisata Alam Di Jambi

Air Terjun Segerincing adalah air terjun yang memiliki keindahan begitu menawan. Ini bisa menjadi referensi teman teman semua apabila akan berkunjung ke Kota Jambi. Membahas keidahan kota Jambi tidak akan pernah ada habisnya nih guys. Berbagai wisata alam, wisata budaya dan juga wisata sejarah.

Lokasi Air Terjun Segerincing

Air Terjun Segerincing terlatak pada sebuah desa di Jambi. Desa ini bernama Desa Tuo yang terletak di daerah Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Lokasi Air Terjun ini berjarak sekitar tujuh puluh lima kilometer dari Kota Bangko. Perjalan menuju sini dapat ditempuh selam kurang lebih 2 jam.

Teman teman tidak perlu bingung karena terdapat berbagai macam angkutan umum dan juga travel yang dapat kita gunakan ketika menuju ke lokasi air terjun indah ini.

Air Terjun Segerincing
Sumber Gambar: Info Wisata Indonesia

Perjalanan ketika sampai sulit karena melewati jalur yang berupa tanah berkerikil. Jalan yang memang akan dilalui akan ekstrim apalagi harus dilalui dengan mobil, tetapi apabila para pengunjung menggunakan sebuah motor mereka tidak akan kesusuhan melewati jalan ini.

Oh iya apabila teman teman membawa kendaraan bermobil, teman teman bisa untuk memarkirkan mobil terlebih dahulu di permukiman warga dan bisa melanjutkan ke lokasi ini air terjun ini dengan berjalan kaki. Hitung hitung sekalian untuk berolahraga nih guys hehehehhe.

Keindahan Air Terjun Segerincing

Sumber Gambar: Google Maps @Handiko Wibhidianseno

Air terjun yang begitu indah ini memiliki ketinggian mencapai tujuh puluh meter dengan serta lebar pancurannya adalah enam meter. Karena air terjun ini begitu tinggi, disekitar air terjun ini tercipta semacam percikan percikan air yang telihat meyerupai embun dengan radius mencapai lima puluh meter.

Percikan percikan air ini terjadi karena disebabkan oleh air yang jatuh menghantam bebatuan sungai, sehingga terlihat membentuk sekumpulan embun.

Air Terjun Segerincing
Sumber Gambar: air-terjun-sigerincing

Fenomena ini terlihat begitu menarik dan selalu menjadi pemandangan yang memanjakan mata para pengunjung. Nah ada fakta menarik nih, jika kita beruntung mengunjungi air terjun eksotis ini kita bisa melihat fenomena pelangi di air terjun ini.

Air terjun ini memiliki suasana alam yang begitu asri, lokasi nya yang berada di kejauhan hiruk pikuk keramaian menjadi taya tarik penting air terjun ini. Air terjun ini mempunyai aliran sungai dibawahnya, airnya juga begitu jernih dan memiliki kedamaian sekitah setengah meter dan bisa digunakan untuk mandi.

Sumber Gambar: Google Maps @Adit Bangko

Air terjun ini bersumber dari sebuah sungai yang bernama Sungai Siau yang berhulu di Gunung Masurai, itulah alasan mengapa air disini begitu jernih. Karena air di sini begitu jernih, wisatawan bisa langsung meminum air tersebut tanpa harus dimasak terlenih dahulu. Disini para wisatawan juga bisa mendapat berbagai ikan yang berenag bebas, dan terlihat dengan jelas dari permukaan.

Fasilitas Yang Ada Disini

Air Terjun Segerincing
Sumber Gambar: Wisatakita.com

Ketika sampai disini para wisatawan harus menuruni anak tangga terlebih dahulu. Tangga ini terbuat dari beton, teman teman diharapkan untuk hati hati ketika melalui nya karena tangga nya cukup lici, apalagi ditumbuhi oleh lumut sehingga akan begitu licin ketika dilewati.

Kurangnya perhatian pemerintah pada wisata ini, fasilitas yang ditemukan pun masih sangat minim. Bahkan ketika jalan menuju lokasi air terjun ini juga msaih begitu ala kadarnya dan sampai saat ini belum dilakukan perbaikan oleh pemerintah.

Selain itu fasilitas seperti ruang ganti, kamar mandi dan juga mushola di sekitar air terjun ini juga belum dibangun. Sebaiknya ketika berkunjung kesini teman teman harus mebawa bekal, karena disini masih sulit untuk ditemukan warung.

Wisatawan yang berkunjung kesini juga tidak terlalu banyak. Kira kira setiap harinya hanya ada 10 sampai 20 pengunjung yang berkunjung. Pengunjung biasanya memadati tempat wisata ini ketika libur lebaran dan juga ketika libur Panjang.

Nah bagaimana? Apakah kalian tertarik mengunjungi Air Terjuan Segerincing ini?

 

 

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.