OUR NETWORK

Air Terjun Sibohe, Kawasan Dengan Nyanyian Alam yang Merdu

Sumber: travsharing.com

Singkawang menjadi alternatif wisata bila kamu ingin menjelajah ke daerah Kalimantan. tempat ini memang memiliki patahan surga yang  sama dengan daerah lainnya. Keindahan alam masih menjadi daya tarik utama yang tidak boleh kamu sia-siakan. Salah satunya adalah Air Terjun Sibohe.

Mengenal Air Terjun Sibohe

Tempat ini memang belum diperhatikan oleh pemerintah setempat. Tetapi, warga sekitar sudah peduli dengan hadirnya beberapa fasilitas yang sudah disediakan di tempat ini. Salah satunya adalah area parkir yang cukup luas. ada lagi tempat untuk mengganti baju, mengingat kawasan ini mempunyai sebuah kolam yang cukup tenang dan menarik dijadikan sebagai tempat berendam.

Sumber: inimulti.com

Beberapa warung pun bisa terlihat di tempat ini. Mereka menjadikan beberapa kebutuhan seperti air minum dan makanan dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah. Kamu bisa menikmati air dingin yang pastinya menyegarkan. 

Daya Tarik Air Terjun Sibohe

Sumber: Instagram@roday95

Setibanya di lokasi air terjun, kamu akan disuguhkan dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Bebatuan juga tampak berserakan kesana-kemari. Menariknya lagi, ada sebuah kolam alami yang sangat jernih. Tidak heran bila banyak wisatawan yang tidak tahan akan godaan tempat tersebut,

Dilihat dari air terjunnya sendiri memang tidak terlalu tinggi. Tetapi, debitnya cukup deras untuk mengisi kolam tersebut. Suasananya juga sangat bersahabat untuk kamu yang ingin bersantai tanpa harus basah kena air. suara debit airnya yang cukup keras ditambah dengan kicauan burung menghadirkan nuansa yang sangat menarik.

Sumber: travsharing.com

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah pukul 1 siang. Dimana, sinar matahari yang sangat terik sudah naik ke atas dan memberikan warna yang berbeda. Tetapi, jangan sampai terlena ya. Sehingga, kamu lupa untuk segera beranjak dari tempat ini. Kondisi yang gelap membuat kamu tidak disarankan untuk pulang terlarut.

Cara Menuju ke Air Terjun Sibohe

Sumber: Instagram@tuan_abud_88

Letak objek wisata ini sendiri berada di Desa Sibohe, Kelurahan Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur, Kabupaten Singkawang. Menuju ke tempat ini kamu bisa menggunakan jalur laut menuju ke Pelabuhan Singkawang. dari sini, kamu bisa mengambil jalan Yos Sudarso. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 32 menit dengan jarak 11,4 kilometer.

Setibanya kamu di area parkir, kamu harus berjalan turun dengan kontur tanah yang cukup licin bila datang di musim penghujan. Jadi, disarankan untuk berhati-hati agar tidak terpeleset dan terjatuh. Walaupun lelah, kamu bisa melihat pemandangan yang membuat semua keringat yang keluar seakan terbayar lunas.

Penginapan Sekitar

Di sekitar Air Terjun Sibohe sudah ada beberapa penginapan yang bisa kamu pilih, Bila ingin menginap di dekat objek wisata ini. Ada SETC Homestay yang menyediakan kamar dengan harga yang sangat cocok bagi kamu seorang backpacker. Letaknya berada di jalan raya pajintan, Kecamatan Singkawang Timur, Singkawang.

Sumber: traveloka.com

Harganya hanya 100 ribuan saja dengan luas kamar kurang lebih 18 meter persegi. Tersedia fasilitas wifi gratis dan tidak mendapatkan sarapan pagi. Fasilitas lain, kamu akan mendapatkan kipas angin, meja tulis, dan air minum kemasan yang sudah disediakan.

Ada juga kamar standar plus dengan luas mencapai 24 Meter persegi dengan harga 140 ribu rupiah. Bagi kamu yang membawa 4 orang, disini juga tersedia kamar mewah dengan kapasitas maksimum 4 orang dan sudah menggunakan AC. Harganya mulai dari 180 ribu rupiah saja.

Kesimpulan

Saat menyusuri kawasan ini setidaknya kamu harus lebih berhati-hati. Karena, tidak ada pegangan yang bisa kamu manfaatkan untuk berjalan ke lokasi. Serta ada banyaknya anjing liar yang sering kamu temui. Biasanya mereka akan mengincar makanan kamu.

Keindahan Air Terjun Sibohe ini akan tetap bertahan bila kamu ikut menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jadi, bila kamu datang membawa sampah, jangan lupa membawa kantongnya sekalian ya. Kemudian, buanglah di tempat yang seharusnya. Agar tempat ini masih tetap asri.

Air Terjun Sibohe adalah bukti bahwa Indonesia tidak hanya punya Bali saja atau juga kawasan wisata ternama di Pulau Jawa saja. Indonesia masih punya patahan surga yang mengesankan di wilayah Kalimantan. Keindahannya memang tidak bisa dibohongi. jadi, kapan kamu akan datang ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…