OUR NETWORK

Air Terjun Tangga Seribu, Pesona Alam yang Belum Terjamah di Aceh

Wisata alam apa saja yang kamu ketahui di Aceh? Saya yakin kamu pasti bisa menyebutkan banyak tempat-tempat wisata yang menawan di Aceh. Karena memang benar, Aceh adalah provinsi yang dianugrahi oleh Tuhan dengan keindahan alam yang luar biasa. Lukisan Tuhan yang begitu indah seakan bertebaran di seluruh penjuru Aceh, mulai dari pantai yang eksotis hingga air terjun yang menawan. Salah satu air terjun cantik yang berada di Aceh adalah Air Terjun Tangga Seribu.

Sumber: Instagram @albar_rusman

Lokasi Air Terjun Tangga Seribu

Secara administratif, air terjun yang satu ini terletak di desa Ie Jeureneh, kecamatan Tengah, kabupaten Aceh Selatan. Jaraknya tak terlalu jauh dari jalan utama Medan-Tapak Tuan, yakni sekitar 8 kilometer. Namun jika para wisatawan datang dari ibu kota Aceh Selatan, Tapak Tuan, maka mereka harus menempuh perjalanan sejauh 90 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Namun sayang, rute untuk menuju ke Air Terjun Tangga Seribu tidak muda. Karena selain jalan yang belum teraspal, para pengunjung juga harus berjalan kaki menyusuri hutan tanpa petunjuk arah selama kurang lebih 30 menit. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika para pengunjung menyewa pemandu dari warga lokal untuk bisa sampai ke lokasi.

Menurut informasi, Air Terjun Tangga Seribu adalah air terjun yang baru saja ditemukan dua tahun lalu oleh seorang pencari burung. Jadi jangan heran jika air terjun ini masih memiliki suasana yang asri dan alam yang masih sangat alami, karena memang belum banyak terjamah oleh manusia.

Pesona Air Terjun Tangga Seribu

Sumber: Instagram@albar_rusman

Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, para pengunjung akan langsung disuguhi oleh pemandangan alam yang menawan begitu sampai di lokasi air terjun. Pesona alam yang mengagumkan berpadu dengan udara sejuk khas pegunungan seakan menjadi obat yang mujarab untuk menghilangkan rasa lelah.

Sementara itu, dinamakan Air Terjun Tangga Seribu karena memang air di tempat ini jatuh mengalir melewati tebing batu yang berundak layaknya sebuah tangga. Aliran airnya sendiri berasal dari mata air pegunungan yang berada di atasnya, sehingga tak mengherankan jika airnya masih sangat jernih dan menyegarkan.

Aliran airnya yang tak begitu deras membuat kolam yang berada di bawah air terjun tak begitu dalam. Sehingga sering kali dijadikan para pengunjung untuk berenang atau sekedar bermain air menikmati kesegarannya.

Fasilitas di Air Terjun Tangga Seribu

Sumber: wasatha

Keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Tangga Seribu tak sebanding dengan fasilitas yang dimilikinya. Karena di sana masih belum dibangun toilet, mushalla, dan fasilitas penunjang lainnya. Akan tetapi hal itu masih dibilang cukup wajar, karena memang ini adalah air terjun yang baru ditemukan dan tak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Sehingga belum mendapat perhatian yang maksimal dari pemerintah, terutama dinas pariwisata setempat.

Di sana juga masih belum terdapat warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Oleh sebab itu, para pengunjung harus mempersiapkan perbekalan mereka sebelum berangkat menuju ke lokasi Air Terjun Tangga Seribu.

Akitivitas di Air Terjun Tangga Seribu

Sumber: wasatha

Dengan pemandangan dan kesejukan yang dimilikinya, saya rasa duduk bersantai di atas batu yang terdapat di tepi air terjun sudah cukup untuk menghilangkan rasa lelah dan penat. Namun jika ingin menikmati keindahan Air Terjun Tangga Seribu dengan cara yang berbeda, kamu pun bisa bermain air atau berenang di kolam yang berada di bawah air terjun.

Jika membawa kamera atau smartphone, kamu juga bisa berburu foto di sekitar lokasi air terjun. Karena memang Air Terjun Tangga Seribu memiliki bentang alam yang cukup menawan, dengan dikelilingi oleh pepohonan rindang yang asri dan tebing yang berdiri kokoh. Kamu pun seolah akan dibuat betah untuk berlama-lama menikmati keindahan alamnya.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tangga Seribu

Karena belum dikelola secara maksimal dan tak ada fasilitas penunjang, kamu pun tak perlu membayar untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Tangga Seribu. Biasanya kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Bagaimana, tertarik untuk ke sana?

Comments

Loading...