OUR NETWORK

Air Terjun Tingkat Tujuh, Pesona Alam Milik Aceh Selatan

Pernah gak denger ada tempat wisata yang bernama Air Terjun Tingkat Tujuh? Bagi kamu yang tinggal di Jawa, Kalimantan, dan bagian timur Indonesia, saya yakin nama ini masih akan terasa asing. Namun tidak halnya jika kamu tinggal di Aceh, provinsi yang berada di bagian paling ujung barat Indonesia. Karena memang nama air terjun ini sudah cukup terkenal seantero Aceh, apa lagi kalau bukan karena keindahannya.

Sumber: Instagram @albar_rusman

Lokasi Air Terjun Tingkat Tujuh

Sumber: www.visitacehselatan.com

Secara administrastif Air Terjun Tingkat Tujuh berada di desa Gampong Batu Itam, kecamatan Tapak Tuan, kabupaten Aceh Selatan, Aceh. Jika kamu berangkat dari pusat kota Tapak Tuan, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 8 kilometer atau dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Sumber: Instagram @dina_mayani

Tak begitu sulit untuk menemukan lokasi air terjun yang satu ini, karena sudah banyak petunjuk arah yang terpasang di kanan dan kiri jalan. Kondisi jalan yang sudah teraspal juga membuat para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju ke lokasi. Ketika hendak sampai di air terjun, kamu akan menemukan sebuah gapura yang berada persis di tepi jalan Medan-Tapak Tuan. Dari gapura tersebut, para pengunjung harus masuk dan melanjutkan perjalanan sejauh kurang lebih 2 kilometer untuk bisa sampai di tempat parkir Air Terjun Tingkat Tujuh. Dari area parkir, kamu harus berjalan beberapa ratus meter saja untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

Sumber: Instagram @albar_rusman

Perjalananmu menuju ke Air Terjun Tingkat Tujuh dijamin tak akan membosankan. Karena di sepanjang perjalanan kamu akan ditemani oleh jajaran pepohonan hijau yang rindang nan asri, ada juga perkebunan pala yang menjadi komoditas utama dari kabupaten Aceh Selatan.

Pesona Air Terjun Tingkat Tujuh

Sumber: Instagram @shellyrufita

Sesampainya di lokasi, kamu akan langsung dibuat takjub dengan keindahan yang ditawarkannya. Seperti namanya, Air Terjun Tingkat Tujuh terdiri dari tujuh tingkatan dengan pesona alam yang berbeda satu sama lain, di mana tinggi setiap tingkatannya sekitar 2 hingga 5 meter. Jarak tingkat pertama hingga tingkat keempat cukup dekat, akan tetapi jarak antara tingkat kelima hingga ketujuh cukup jauh.

Sumber: Instagram @lkiata

Aliran air di Air Terjun Tingkat Tujuh berasal dari pegunungan yang berada di atasnya. Jadi tak mengherankan jika airnya sangat segar dan jernih, dengan warna hijau kebiruan. Kondisi itu lah yang mampu menghipnotis para pengunjung untuk segera menceburkan diri ke kolam yang berada di bawah air terjun. Selain itu, kondisi kolam yang tak terlalu dalam juga menjadikannya lokasi favorit para pengunjung untuk berenang atau sekedar bermain air.

Fasilitas di Air Terjun Tingkat Tujuh

Sumber: ihromi

Fasilitas di Air Terjun Tingkat Tujuh bisa dibilang lengkap. Area parkir yang cukup luas membuat para pengunjung tak perlu kebingungan untuk memarkirkan kendaraannya. Di sana juga sudah terdapat toilet umum dan kamar ganti. Bagi para pengunjung yang beragama Islam, mereka bisa menggunakan mushalla yang berada di desa Gampong Batu Itam untuk beribadah. Jika ingin menikmati keindahan Air Terjun Tingkat Tujuh lebih lama, para pengunjung juga bisa memanfaatkan home stay dan hotel yang berada di sekitar lokasi.

Dengan fasilitas yang ada, tentunya berlibur ke Air Terjun Tingkat Tujuh bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan. Karena para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menawan dan fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap.

Aktivitas di Air Terjun Tingkat Tujuh

Sumber: vebma

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Air Terjun Tingkat Tujuh tak ubahnya seperti di air terjun yang lainnya. Selain bermain air dan berenang, di sana kamu juga bisa hunting foto. Karena jajaran pepohonan rindang yang berpadu dengan suasana sejuk dan bebatuan cadas akan menciptakan pemandangan yang cukup menawan. Jika ingin melakukan aktivitas yang lebih santai, rasanya duduk di tepi air terjun sambil menikmati suasana sejuk dan gemuruh jatuhnya air sudah cukup untuk menyegarkan pikiran dan hati.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tingkat Tujuh

Berdasarkan informasi, harga tiket masuk ke Air Terjun Tingkat Tujuh adalah sebesar 5 ribu rupiah. Saya rasa itu adalah harga yang cukup murah untuk bisa menikmati pemandangan dan kesejukan di Air Terjun Tingkat Tujuh.

Comments

Loading...