OUR NETWORK

Berburu Spot Foto Instagenic di Bukit Pelangi Riau

Sumber: terasriau.com

Bukit Pelangi atau Rainbow Hill menjadi nama sejumlah destinasi wisata di Indonesia, tiga berada di Pulau Jawa dan satu di Pulau Sumatera. Objek wisata bernama Bukit Pelangi di tiga lokasi yang berbeda di Pulau Jawa, adalah Rainbow Hill yang ada di Desa Gunung Geulis, Sukaraja, Bogor, kedua di  Kawasan Gunung Anjasmara, Mojokerto, Jawa Timur dan ketiga di Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung, Ponorogo, Jawa Timur.

Bukit Pelangi yang ada di tiga lokasi di Pulau Jawa tersebut menyuguhkan pesona yang hampir sama, yaitu kawasan perbukitan yang dipermak sedemikian rupa dengan dihiasi taman bunga dan berbagai ornamen-ornamen yang unik dan menarik sehingga menjadi spot foto yang instagramable.

Sumber: marischkaprudence.blogspot.com

Suguhan yang berbeda akan Anda jumpai di Bukit Pelangi yang ada di Pekanbaru Riau. Rainbow Hill yang lokasinya tidak jauh dari danau Kayangan atau sekitar 10 km dari pusat Kota Pekanbaru ini menyuguhkan nuansa yang berbeda, yaitu kawasan perbukitan yang tanahnya berwarna-warni menyerupai pelangi dan tercipta secara alami tanpa ada campur tangan manusia.

Bukit Pelangi yang ada di Pekanbaru ini lebih mirip dengan Rainbow Mountains yang ada di Peru, Painted Hills yang ada di Oregon Amerika Serikat serta Gunung Pelangi yang ada di Zhangye Danxia, Tiongkok.

Sumber: phinemo.com

Satu lagi perbedaan antara Bukit Pelangi yang ada di Pekanbaru dengan 3 Bukit Pelangi yang ada di Jawa adalah soal retribusi. Jika Bukit Pelangi yang ada di Jawa mengenakan retribusi alias tiket masuk kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi, maka Bukit Pelangi yang ada di Pekanbaru dapat dikunjungi secara gratis karena memang belum dikelola secara profesional.

Karena belum dikelola secara profesional, promosi terhadap objek wisata yang satu ini juga sangat minim. Itu sebabnya sedikit sekali informasi dan ulasan tentang bukit ini jika dicari di google.

Sumber: phinemo.com

Selain itu, karena belum dikelola, maka objek wisata ini juga tampil apa adanya tanpa dukungan fasilitas dan infrastruktur. Padahal jika dikelola dengan profesional, potensi yang dimiliki bukit ini sangat besar, bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan objek wisata yang memiliki nama sama yang ada di Pulau Jawa.

Untuk berkunjung ke Bukit Pelangi, wisatawan dapat mengikuti rute yang menuju ke Danau Kayangan yang ada di Desa Limbungan dengan jarak sekitar 10 km. Tidak jauh dari lokasi danau, tepatnya di sebuah gapura yang menyerupai pintu tol, hentikan dan parkir kendaraan di sekitar lokasi tersebut.

Sumber: marischkaprudence.blogspot.com

Tidak jauh dari situ, akan terlihat sebuah bukit kecil dengan tanah berwarna kemerah-merahan. Sepintas lalu tidak ada sesuatu yang menarik dari bukit tersebut, karena bentuknya memang tidak jauh berbeda dengan bukit-bukit pada umumnya.

Tapi cobalah untuk mendaki dan menyusuri bukit tersebut, maka tidak berapa lama kemudian, Anda akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan. Di atas bukit yang gersang tanpa rerumputan dan pepohonan tersebut terpampang gundukan-gundukan tanah dan lembah-lembah yang berwarna-warni, mulai dari abu-abu muda, coklat muda, coklat tua, kuning, oranye hingga pink.

Sumber: pikdo.net

Kombinasi warna tanah yang memukau tersebut menjadi semakin menarik saat berpadu dengan kondisi tanah yang mengering dan menciptakan retakan-retakan serta hamparan langit yang membiru. Sehingga saat diabadikan dengan lensa kamera, akan tercipta gambar panorama yang tidak biasa dan tentu saja sangat indah.

Menariknya, warna tanah yang menghiasi bukit tersebut dapat berubah setelah turun hujan. Curahan air yang menggerus tumpukan tanah, akan membuat retakan tanah menjadi lumpur dan mengalir menutupi bagian tanah yang lain. Selanjutnya, setelah panas datang dan tanah kembali mengering, akan tercipta tanah dengan kontur dan retakan yang baru serta menciptakan kombinasi warna yang juga baru.

Sumber: tripzilla.id

Pesona luar biasa dan tidak biasa yang dimiliki Rainbow Hill tersebut menjadikan tempat ini objek yang menarik bagi mereka yang gemar berburu spot foto, utamanya kaum muda. Bergaya di depan kamera dengan latar belakang bebukitan yang berwarna-warni, akan membuat Anda serasa berada di negeri anta beranta.

Tidak heran, meski Bukit Pelangi ini baru diketemukan dan belum dikelola secara profesional, namun setiap hari sudah dibanjiri oleh pengunjung.

Comments

Loading...