OUR NETWORK

Berkunjung ke Pulau Burung, Pulau Eksotis di Belitung

Bangka Belitung adalah salah satu provinsi yang terdiri dari gugusan kepulauan di Laut China Selatan. Jadi bukan hal yang mengherankan jika Bangka Belitung memiliki banyak pulau eksotis dengan bentang alam yang unik sekaligus eksotis. Nah, dari sekian banyak pulau cantik yang ada di Belitung, salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Pulau Burung.

Belum pernah kan berkunjung ke Pulau Burung? Jadi gak ada salahnya kamu memasukkannya sebagai salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung. Nah sebelum berkunjung ke Pulau Burung, gak ada salahnya kamu untuk menyimak beberapa uraian yang berikut ini.

Lokasi Pulau Burung

Sumber: www.pegipegi.com

Secara administratif, Pulau Burung berada di pantai utara Belitung di lepas pantai Desa Nelayan Tanjung Binga yang di mana lokasinya masih merupakan bagian dari Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung Barat. Untuk bisa berkunjung ke pulau cantik yang satu ini, kamu bisa menyewa perahu motor yang ada di Pantai Tanjung Kelayang. Dari kota, kamu masih harus menempuh perjalanan sejauh 20 km untuk bisa sampai di Pantai Tanjung Kelayang. Selain itu kamu juga bisa menyebrang dari kampung nelayan Tanjung Binga menuju ke Pulau Burung dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan perahu motor.

Pesona Pulau Burung

Sumber: pesona.travel

Meskipun luasnya hanya sekitar 2 hektar, namun Pulau Burung memiliki pemandangan yang sangat cantik dan eksotis. Dinamakan Pulau Burung karena memang di pulau yang satu ini kamu akan menemukan bongkahan batu granit raksasa dengan formasi yang menyerupai kepala burung dengan badan yang seolah-olah sedang mengerami telurnya. Selain itu, yang menarik dari pulau ini adalah pantainya yang berpasir putih bersih dan lautnya yang masih jernih. Sehingga kamu pun bisa dengan mudah menjumpai berbagai jenis ikan yang lucu di lautan dangkal sekitar Pulau Burung.

Sumber: Instagram @dwioblo

Di sekitar tepi pantai juga terdapat banyak pohon kelapa dan pinus laut yang berdiri berjejer, seakan siap menjadi teman para pengunjung di kala siang hari ketika matahari sedang terik. Keberadaan pepohonan yang cukup rindang juga membuat para pengunjung bisa betah berlama-lama di pulau cantik yang satu ini. Dari Pulau Burung, para pengunjung juga bisa melihat keberadaan pulau-pulau lain di sekitarnya seperti halnya Pulau Pasir, Pulau Kepayang, Pulau Batu Belayar, dan Pulau Lengkuas.

Waktu yang Pas Menikmati Pulau Burung

Sumber: Instagram @jefriadv

Masih kurang puas dengan keindahan yang disajikan? Kamu bisa mendapatkan pemandangan yang lebih eksotis dari Pulau Burung di saat sore hari, di mana matahari mulai tenggelam dan menyisakan seberkas cahaya kemerahan yang akan membuat hasil fotomu terlihat lebih menawan. Matahari sore akan jatuh tepat di depanmu dan batu burung pun akan menjadi latar belakangnya. Sungguh pemandangan yang sangat menawan!

Aktivitas di Pulau Burung

Sumber: Instagram@dnarln

Tidak hanya berfoto, karena di sana kamu juga bisa berenang atau hanya bermain air mengingat ombak di sekitar Pulau Burung cukup tenang dan bersahabat. Jika air laut sedang surut, kamu bisa berjalan melewati laut menuju ke batu burung yang berada tak jauh dari seberang pantai. Namun diharapkan agar para pengunjung tetap berhati-hati, karena banyak bebatuan tajam yang berada di dasar pantai. Selain itu, snorkeling di pantai sekitar Pulau Burung pun bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di sana. Bagi kamu yang berjiwa petualang bisa berkeliling mengitari pulau untuk menikmati setiap jengkal keindahannya.

Fasilitas di Pulau Burung

Sumber: Instagram @om_funkey

Untuk fasilitas jangan khawatir, karena sudah cukup memadai dan kamu bisa menemukan sumur bor sebagai sumber air tawar bersih di Pulau Burung. Di sana terdapat beberapa pondok yang bisa disewa pengunjung agar bisa menikmati keindahan Pulau Burung lebih lama. Bersantai di pondok sambil menyantap buah kelapa yang diambil langsung dari pohonnya bisa menjadi momen yang tak terlupakan, terlebih ditemani juga oleh angin yang semilir dan suara ombak yang mengalun indah secara bergantian.

Bagaimana, apakah tertarik berkunjung ke Pulau Burung? Sebagai orang Bangka Belitung, tentunya berkunjung ke Pulau Burung adalah sebuah kewajiban. Untuk yang berasal dari luar provinsi, setidaknya harus mencoba minimal sekali berkunjung ke Pulau Burung untuk menikmati langsung keeksotisannya.

Comments

Loading...