in

Berkunjung ke Sumatera Barat? Jangan Lupa Mampir ke Danau Talang

Source Image: gatra.com

Berkunjung ke Sumatera Barat tidak akan terasa lengkap jika kamu tidak mencoba menikmati suasana alamnya. Karena memang provinsi yang beribu kota di Padang tersebut dianugrahi dengan pemandangan alam yang cukup menawan, mulai dari pantai, gunung, danau, air terjun, hingga pulau yang eksotis. Bagi kamu yang suka dengan kesejukan alam dan pemandangan yang hijau nan asri, berwisata di danau, air terjun, atau pun pegunungan adalah pilihannya.

Nah, dari sekian banyak tempat wisata yang menyajikan pemandangan hijau nan asri di Sumatera Barat, salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Danau Talang. Berada di pinggang Gunung Talang, Danau Talang dikelilingi oleh perbukitan hijau dengan suasana yang tenang nan damai. Jadi gak heran kalau danau ini juga terkadang disebut dengan Telaga Sunyi. Meskipun namanya tidak seterkenal Danau Singkarak yang go international, namun dijamin keindahan Danau Talang tidak akan pernah membuatmu menyesal.

Lokasi Danau Talang

Sumber: www.gatra.com

Menurut informasi Danau Talang berada di Kenagarian Kampung Batu Dalam dan Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat atau hanya berjarak sekitar 5 km dari Danau Diatas dan Danau Dibawah atau yang biasa disebut dengan nama Danau Kembar. Jika dibandingkan dengan Danau Kembar, Danau Talang memang masih belum terlalu dikenal oleh wisatawan, terutama yang berasal dari luar daerah.

Untuk menuju ke Danau Talang, para pengunjung yang datang dari Kota Padang harus menempuh perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam menggunakan transportasi darat melalui Arosuka (ibu kota Kabupaten Solok) menuju Alahan Panjang, atau sekitar satu jam perjalanan dari Kota Solok. Dari simpang Polsek Danau Kembar, para pengunjung harus mulai berhati-hati dalam menempuh perjalanan menuju ke Danau Talang, mengingat jalanannya yang cukup menanjak dan banyak dipenuhi lubang.

Sumber: gubuakkopi.wordpress.com

Untuk bisa sampai di tepi danau, para pengunjung masih harus menempun perjalanan dengan berjalan kaki selama berpuluh-puluh menit dengan melewati jalanan berbatu yang berada di tengah-tengah perkebunan milik warga. Meskipun harus menempuh perjalanan yang tidak mudah, namun para pengunjung dipastikan tidak akan kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan oleh Danau Talang.

Pesona Danau Talang

Sumber: www.gatra.com

Sesampainya di tepi danau, para pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan perbukitan hijau yang mengelilinginya ditambah dengan Gunung Talang yang berdiri dengan gagah. Air di Danau Talang juga cukup bersih, dan yang pasti sangat menyegarkan karena berasal dari mata air pegunungan. Saking jernihnya, bebatuan yang berada di dasar danau pun bisa terlihat dengan jelas. Sekedar informasi bahwa Gunung Talang pernah meletus hebat, dan bebatuan yang berada di dasar danau adalah material hasil letusan di masa lalu.

Sumber: www.wisatatrend.com

Sementara itu lokasinya yang berada di tengah-tengah perbukitan hijau dan dikelilingi oleh perkebunan membuat Danau Talang memiliki suasana yang sejuk nan damai. Berada di Danau Talang akan sangat cocok bagi kamu yang menyukai kesunyian atau yang ingin melepaskan penat dari beban kehidupan sehari-hari.

Aktivitas Danau Talang

Sumber: www.wisatatrend.com

Selain bisa bersantai sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkannya, para pengunjung juga bisa memancing di Danau Talang. Karena memang Danau Talang memiliki sumber daya ikan yang cukup melimpah. Jadi jangan heran kalau saat berkunjung ke Danau Talang kamu akan menemukan banyak sampan milik warga lokal yang terparkir di tepian danau, karena memang banyak dari penduduk sekitar yang memancing di Danau Talang.

Untuk spot foto sudah jangan ditanya, dijamin banyak spot foto yang menarik dan tentunya sangat Instagramable. Maka dari itu jangan lupa untuk menyiapkan tempat penyimpanan yang besar agar bisa menampung semua foto-fotomu.

Fasilitas di Danau Talang

Sumber: bangduns.com

Sangat disayangkan fasilitas di Danau Talang bisa dibilang kurang memadai, padahal memiliki daya tarik alam yang sangat mengesankan. Selain akses menuju ke sana yang masih sulit dan harus melalui jalanan terjal untuk bisa sampai di tepi danau, di Danau Talang kamu juga tidak akan menemukan toilet atau pun warung tempat penjual makanan dan minuman. Oleh sebab itu kamu harus mempersiapkan perbekalan dari rumah, dan jangan lupa untuk membawa air mineral. Karena setelah memarkir kendaraan kamu akan melalui perjalanan yang menanjak dan cukup terjal untuk sampai di tepi danau.

Tiket Masuk Danau Talang

Untuk saat ini tidak ada tiket masuk menuju ke Danau Talang, alias gratis. Paling kamu hanya akan ditarik untuk biaya parkir kendaraan.