in

Bukit Cinta Gorontalo, Tempat Terbaik Menikmati Pesona Teluk Tomini

Source Image: Instagram @jalanjalangorontalo

Pernah berkunjung ke Gorontalo? Banyak yang menyebutkan bahwa singgah ke Gorontalo tidak lengkap apabila belum menjelajahi wisata alam yang ada di sana. Hal itu tak lepas dari banyaknya destinasi wisata alam yang bisa kamu singgahi di provinsi termuda di Pulau Sulawesi tersebut, mulai dari danau, pantai, taman bawah laut, hingga perbukitan yang menawan pun ada di sana. Pantai dan taman bawah laut adalah wisata unggulan di Gorontalo, karena memang lokasinya yang diapit dua lautan luas, yaitu Teluk Tomini di sebelah selatan dan Laut Sulawesi di sebelah utara.

Apabila sudah bosan dengan pantai atau taman bawah laut, kamu bisa coba berwisata di Bukit Cinta, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Botubarani. Di sana kamu akan disuguhkan dengan keindahan Teluk Tomini dan perbukitan hijau yang ada di sekitarnya.

Lokasi Bukit Cinta

Sumber: Instagram @indiraratna

Ditinjau dari letaknya secara administratif, Bukit Cinta masuk dalam kawasan Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Akses menuju ke sana tidak terlalu sulit, terlebih tempat ini sangat dekat dengan Pantai Batubarani yang sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia dengan wisata Whale Shark atau berenang bersama hiu paus tersebut. Kamu pun bisa menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan pribadi roda empat menuju ke Bukit Cinta, yang kemudian akan dilanjutkan dengan trekking selama kurang lebih 10 menit. Apabila datang dari pusat Kota Gorontalo, kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 30 hingga 40 menit untuk sampai di Bukit Cinta.

Pesona Teluk Tomini dari Bukit Cinta

Sumber: Instagram @danny_ryuzaki

Sesampainya di Bukit Cinta yang memiliki ketinggian sekitar 150 mdpl, kamu bisa melihat dengan jelas Teluk Tomini, lengkap dengan lautnya yang berwarna biru bersih. Dari puncak bukit juga terlihat Pantai Botubarani yang terkenal itu, kemudian perumahan penduduk dan perbukitan hijau yang ada di sekitar Bukit Cinta juga bisa terlihat dengan jelas. Angin yang berhembus sepoi-sepoi akan selalu menemanimu selama berada di Bukit Cinta.

Spot Foto Favorit

Sumber: Instagram @mita.frans

Bukit Cinta adalah sebuah wisata yang dibangun secara swadaya oleh warga sekitar, yang di mana daya tarik tambahan dari bukit ini adalah keberadaan beberapa spot foto yang instagramable. Spot foto yang paling terkenal di Bukit Cinta adalah sebuah bangunan dek kayu yang bertuliskan 1 Love U, yang lokasinya sedikit menjorok ke jurang dengan latar belakang Teluk Tomini yang biru.

Sumber: Instagram @tiwimael

Selain itu juga masih ada beberapa spot foto terkenal lainnya di Bukit Cinta, di antaranya adalah sebuah panggung yang berbentuk sarang burung yang terbuat dari rangkaian akar-akar pohon. Kemudian ada juga gubuk panggung yang disebut sebagai rumah kasih sayang, hingga ada juga ornament yang berbentuk seperti sayap burung raksasa.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Bukit Cinta

Sumber: Instagram @gieash.yudhistira

Dari pagi hingga sore hari sebenarnya kamu bisa berkunjung ke Bukit Cinta. Namun, ada baiknya berkunjung sebelum pukul 11 siang waktu setempat, karena cuaca di Gorontalo, terlebih di sekitar pantai cukup terik yang bisa membuatmu kurang nyaman untuk menikmati keindahan Bukit Cinta. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung pada waktu sore hari, sekalian untuk menikmati cahaya senja yang menawan di Teluk Tomini.

Selain itu, ada baiknya juga berkunjung pada musim kemarau, karena pada musim penghujan kamu tidak akan mendapati langit yang berwarna biru cerah, beberapa pegunungan di sekitarnya juga tertutup oleh kabut. Belum lagi jalanan yang licin menuju ke Bukit Cinta, sehingga cukup membahayakan keselamatan.

Harga Tiket Masuk

Menurut keterangan, para pengunjung tidak akan dipungut biaya untuk bisa menikmati keindahan Bukit Cinta. Mereka hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar 5 hingga 10 ribu rupiah, harga yang cukup murah untuk sebuah pesona yang ditawaran oleh Bukit Cinta. Walau pun gratis, namun di sana kamu akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap, seperti lahan parkir yang luas, hingga toilet yang cukup bersih.

Penginapan di Sekitar Bukit Cinta

Sumber: Instagram @fikrivasta

Soal penginapan tidak perlu khawatir, karena di sekitar Bukit Cinta dan Pantai Botubarani, telah banyak tersedia tempat penginapan, salah satu di antaranya adalah Century Beach Resort.