OUR NETWORK

Bukit Pangonan, Keindahannya Sudah Hadir Sejak Tahun 1937

Indonesia memang dikenal memiliki berbagai macam keindahan yang tidak bisa dibandingkan di negara lain. Pesonanya seakan mampu menghipnotis orang banyak untuk datang lagi dan lagi sesuka hati. Seperti halnya panorama yang disajikan bila anda berkunjung ke Lampung. Namanya adalah Bukit Pangonan.

Sumber: nibaru.id

Kawasan ini bisa dikatakan wisata kekinian. Karena, sudah tersedia banyak spot-spot kece yang bisa anda manfaatkan untuk foto-foto. Menurut sejarah yang beredar objek wisata ini dulunya digunakan sebagai saluran irigasi pada tahun 1937 yang diberi nama Talang Pringsewu.

Mengenal Bukit Pangonan

Nama Pangonan sendiri berasal dari kata angon. Jadi, kebiasaan warga sekitar selalu angon kambing atau sapi mereka di kawasan ini. Karena, melihat pemandangannya yang memukau dan sedang viralnya wisata perbukitan. Akhirnya, oleh Yudhi Saputra dan beberapa warga membangun tempat wisata ini.

Sumber: Instagram @fndi.rchdwn_

Bukit Pangonan ini diresmikan pada 23 oktober 2013. Baru 3 tahun memang tetapi, sudah menjadi wisata andalan di Pringsewu. Bila anda ingin melihat talang yang dibangun masa pemerintahan belanda, disinilah tempatnya dengan nuansa klasik belanda yang begitu kental. Ketinggian bukit pangonan berada di 150 mdpl. Tidak terlalu tinggi memang tetapi, anda sudah bisa merasakan udara yang sejuk. Terkadang kabut-kabut tipis pun tampak di depan mata yang menjadikan kawasan ini semakin indah merona. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah sore hari sekitar pukul 4 sore. Dimana, anda bisa melihat penampakan senja yang turun perlahan-lahan. Menghadirkan rona yang benar-benar aduhai.

Sumber: Instagram @letsgetl0st__

Jangan lupa untuk membawa peralatan pertempuran sendiri seperti, kamera karena, disinilah tempatnya untuk anda narsis dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Seperti, kupu-kupu, gardu pandang, sayap malaikat dengan background pepohonan yang menjulang tinggi. Bagi anda yang ingin sesuatu berbeda, di tempat ini ada wahana perahu kano, menyusuri sungai, ada pula motocross, bola gila dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan pula beberapa warung makan yang menyediakan beberapa makanan khas dan minuman menyegarkan.

Alamat dan Cara Pergi ke Sana

Sumber: Instagram @falahkhaqul

Bukit Pangonan terletak di Desa Fajar esuk rt. 4/rw. 3, kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Buka setiap hari pada pukul 7 pagi hingga 6 sore. Bagi anda yang berada di luar pulau sumatera, anda bisa memanfaatkan beberapa alat transportasi seperti kapal, pesawat, atau juga bus.

Dari pelabuhan bakauheni menuju ke titik lokasi kurang lebih 2 jam 25 menit. Menempuh jarak kurang lebih 142 kilometer. Jalan yang harus ditempuh melalui tol bakauheni Terbanggi Besar.

Harga Tiket Masuk

Sumber: Instagram @travellerscantik

Untuk harga tiket masuknya pun tidak terlalu mahal. Anda harus merogoh kocek sebesar 3 ribu rupiah untuk sekali masuk. Bagi yang lelah dan ingin bersantai sejenak. sudah ada hammock yang bisa disewa dengan harga 10 ribuan untuk 1 jam. Bila hanya 10 menit anda akan dikenakan biaya 2 ribu.

Penginapan Sekitar

Bagi anda yang berada di luar kota pasti penginapan menjadi sasaran utama untuk menginap dan beristirahat dari lelahnya perjalanan. Nah, di dekat Bukit Pangonan terdapat sebuah penginapan bernama Cendrawasih Homestay dimana, jaraknya hanya 5,1 kilometer atau 15 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sumber: Instagram @masdain_309

Dilihat dari penginapannya memang sederhana. Tetapi, jangan khawatir soal kebersihannya bisa dikatakan nomor satu. Letaknya berada di Jl. Mawar No.3, Pringsewu Timur, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Untuk harga per malam per kamarnya berkisar 100 ribu sampai 150 ribu.

Fasilitas yang diberikan adalah televisi, free wifi, toilet, dan sarapan pagi. Anda juga bisa menikmati sajian minuman teh dan kopi. Selanjutnya, ada Urban style front one hotel.  Jaraknya hanya 5 kilometer dari titik lokasi dengan waktu tempuh 13 menit saja. Terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.999, Lampung. Untuk harga per malam per kamarnya mulai dari 250 ribu hingga 300 ribu rupiah. Hotelnya cukup nyaman dengan berbagai macam pilihan kamar.

Bukit Pangonan adalah keindahan yang tidak akan pernah ada habisnya bila terus dieksplor. Bahkan, berada di tempat ini selama berjam-jam pun tidak apa. Suhu yang sejuk, angin yang berhembus tanpa henti menjadi alasan kuat mengapa anda tidak boleh meninggal kan kawasan ini.

Comments

Loading...