in

Bukit Puti Gonjoli Pusat ParaLayang Yang Menjadi Wisata Bukit Dengan Landscape Alam Paling Luas

Sumber Gambar: Google Maps @rahmat afriansyah

Bukit Puti Gonjoli adalah destinasi wisata alam yang berupa area bukit dengan lanscape view yang sangat luas. Selain itu destinasi wisata ini juga menjadi salah satu lokasi dari olahraga paralayang. Dengan lokasi yang dijadikan sebagai take off paralayang, kondisi angin di destinasi wisata ini sangat baik dan stabil. Namun bukan hanya sekedar aktivitas paralayang yang dilakukan di bukit ini, namun juga ada kegiatan lain, yaitu camping. Jadi Bukit Puti Gonjoli menjadi lokasi favorit untuk take off paralayang dan juga camping.

Lokasi Bukit Puti Gonjoli

Bukit Puti Gonjoli terletak di Pinaga, Aua Kuniang, Pasaman, Sumatera Barat. Letak dari lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari Gunung Talakmau. Karena itu, bukit ini menjadi area observasi terbaik untuk menyaksikan pesona Gunung Talakmau.

Walaupun lokasi ini tidak terletak di pusat kota Padang, mempunyai akses yang cukup baik. Waktu perjalanan yang dibutuhkan dari pusat kota Padang cukup menguras waktu. Lamanya waktu perjalanan akan memakan setengah hari penuh, sekitar ±4 jam.

Sumber Gambar: brisik.id

Waktu perjalanan yang cukup lama mungkin dapat membuat tubuh lelah selama perjalanan. Sehingga mengharuskan supaya untuk mengambil waktu sebentar untuk beristirahat. Perjalanan menuju ke Bukit Puti Gonjoli menjadi semakin lama. Bahkan dapat mencapai seharian penuh.

Lamanya waktu perjalanan bukan menjadi suatu hal yang cukup rumit. Karena pada dasarnya Bukit Puti Gonjoli telah menjadi pusat take off paralayang. Sebagai pusat kegiatan tersebut, destinasi wisata ini akan selalu dikunjungi oleh para wisatawan dan juga para atlet paralayang yang berasal dari lokal hingga mancanegara.

Rute Lokasi Menuju Ke Bukit Puti Gonjoli

Cara terbaik untuk menuju ke destinasi wisata Bukit Puti Gonjoli cukup muda. Sebab rute lokasi menuju ke destinasi cukup baik dan tidak rumit. Sehingga dapat dihafal dan dimengerti dengan cukup mudah. Terutama dari arah kota Padang.

Rute lokasi menuju ke destinasi wisata Bukit Puti Gonjoli dari arah kota Padang, cukup dengan menyelusuri sepanjang jalur trans Sumatera HWY. Ikuti jalur trans Sumatera HWY menuju ke arah utara. Setelah sampai di bank Nagari panti, belok ke arah barat yang menuju ke Jl Pasaman – Lubuk Basung. Setelah sampai di daerah Pinaga, akan ada petunjuk arah lokasi Bukit Puti Gonjoli. Ikuti saja petunjuk arah yang ada hingga sampai di destinasi.

Penggunaan alat transportasi terbaik adalah motor. Sebab akses menuju ke puncak dengan sepeda motor cukup mudah. Dengan kata lain, dapat mengendarai motor hingga sampai di atas bukit.

Daya Tarik Bukit Puti Gonjoli

Bukit Puti Gonjoli ini memiliki daya tarik yang terletak pada panorama alam yang disuguhkan dari puncak bukit. Selain itu akan ada berbagai macam moment – moment alam yang terlihat sempurna dari atas bukit ini.

Berikut ini adalah daya tarik dari Bukit Puti Gonjoli:

1. Pesona sunrise dan sunset

Pesona sunrise dan sunset di atas Bukit Puti Gonjoli cukup istimewa. Sebab bukan hanya sekedar menyuguhkan warna matahari yang sangat apik, namun juga pesona alam yang membentang luas. Dari atas bukit ini pesona sunrise dan sunset sangat kompleks. Sebab matahari akan terlalu dengan sangat jelas. Begitu pula dengan lanscape alam yang seolah – olah bumi terlihat sepenuhnya.

Untuk pesona sunset dapat disaksikan dengan mudah. Hanya dengan mengunjungi bukit tetap berada di atas hingga senja. Lalu tunggulah moment dimana matahari turun. Sedangkan untuk sunrise, hanya dapat disaksikan bagi pengunjung yang camping di atas bukit tersebut. Namun bagi yang camping, usahakan untuk bangun pagi – pagi. Supaya tidak tertinggal moment sunrise. Walaupun suasana pagi hari di atas bukit memang cukup dingin dan sangat pas untuk tidur.

2. Landscape pemandangan alam yang cukup luas

Untuk dapat menyaksikan pesona landscape dari ketinggian, Bukit Puti Gonjoli adalah tempat observasi terbaik. Meskipun bukit hanya setinggi ±850 di atas permukaan laut, namun pesona alam yang disuguhkan sangat kompleks dan luas. Bahkan luasnya pesona alam yang disuguhkan setara dengan pesona alam dari puncak gunung.

Sumber Gambar: Google Maps @rahmat afriansyah

Dari atas bukit dapat melihat pesona dari Gunung Talakmau. Lalu dapat pula menyaksikan pesona alam dari sungai, area perkebunan hingga persawahan. Bahkan dapat pula menyaksikan hamparan samudra hindia.

3. Pesona negeri awan

Untuk awan dan kabut, juga hanya dapat disaksikan pada moment tertentu. Terutama ketika sedang dalam cuaca dingin, biasanya pada musim. Kondisi kabut dan awan di area Bukit Puti Gonjoli ini cukup tebal. Sehingga semua landscape alam yang ada tertutup seutuhnya dengan kabut dan awan. Tetapi hal ini justru menjadi suatu moment yang cukup istimewa. Dimana area tersebut bagian negeri awan.

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Begitu pula dengan awan yang selalu melintas di sekitar bukit. Seluruh wilayah pun akan tertutup dengan awan. Selain itu dapat pula menyaksikan suatu proses dimana awan mengeluarkan air hujan.

4. Menyaksikan lomba / latihan rutin paralayang

Bukit Puti Gonjoli memang telah menjadi area khusus untuk paralayang. Di area ini banyak dijumpai para atlet paralayang yang berasal dari beberapa daerah hingga mancanegara. Para atlet pun berlatih secara rutin di bukit ini.

Sumber Gambar: wisataterbaru.net

Selain digunakan sebagai tempat latihan paralayang, Bukit Puti Gonjoli juga dijadikan sebagai area perlombaan paralayang. Baik untuk kelas lokal, nasional sampai tingkat internasional.

Aktivitas Di Bukit Puti Gonjoli

Ada berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan di Bukit Puti Gonjoli ini. Jenis aktivitas tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Menyaksikan hamparan luasnya panorama alam

Sumber Gambar: Google Maps @rahmat afriansyah

Aktivitas utama yang dapat dilakukan di destinasi wisata ini adalah menyaksikan seluruh alam semesta yang terlihat dari atas bukti. Kondisi alam yang dapat terlihat dari atas bukit sangat kompleks dan luas. Bahkan view dari atas bukit dapat menjangkau Samudra Hindia.

2. Camping

Sumber Gambar: Google Maps @Penghuni Tenda

Kondisi atas bukit ini masih sangat natural dan berupa tanah. Hal itu justru menjadi suatu keistimewaan dari Bukit Puti Gonjoli ini. Dengan kondisi tanah datar, sangat mendukung untuk dijadikan sebagai camping ground. Untuk aktivitas camping di bukit ini cukup istimewa. Karena itu manfaatkan setiap menit yang ada supaya tidak tertinggal beberapa moment tersebut, terutama moment sunrise.

3. Hunting foto

Kondisi destinasi wisata ini memang tidak dilengkapi dengan area spot foto. Selain itu, sebaiknya tidak berharap di destinasi wisata ini akan dilengkapi dengan spot foto. Karena Bukit Puti Gonjoli merupakan pusat paralayang. Akan terlihat sangat aneh apabila suatu tempat yang digunakan sebagai olahraga dilengkapi dengan spot foto yang cukup instagramable.

Sumber Gambar: Google Maps @Rahmat Hakiki Almalay

Tetapi di puncak Bukit Puti Gonjoli ini terdapat sebuah spot yang cukup istimewa, yaitu bendera merah putih. Walaupun cukup sederhana namun hunting foto dengan bendera merah putih dapat melengkapi pesona alam nusantara.

4. Melihat para paralayang yang sedang berlatih / berlomba

Sumber Gambar: Youtube @
Gadis PasBar

Moment satu ini sangat khas akan Bukit Puti Gonjoli yang menjadi pusat paralayang. Setiap hari dapat menyaksikan para atlet yang sedang berlatih paralayang. Dapat juga menyaksikan perlombaan paralayang secara langsung. Saat diadakan perlombaan, langit pun akan terlihat berwarna dengan aksi paralayang.