OUR NETWORK

Bukit Tanarara, Bukit Nan Cantik dan Mempesona

Bukit Tanarara, Bukit Nan Cantik dan Mempesona
Sumber Gambar : Instagram @herriraga
Sumber Gambar : Instagram @herriraga

Apakah kamu sudah pernah menyaksikan salah satu film yang sudah tayang di bioskop yang berjudul “Marlina Pembunuh 4 Babak”. Jika iya, maka salah satu lokasi yang digunakan untuk syuting film tersebut adalah Bukit Tanarara. Bukit ini sangat terkenal dengan keindahan panorama alam. Di bukit Tanarara terdapat padang savana yang mampu membuat kamu terpukau ketika berkunjung ke tempat ini.

Pemandangan Bukit Tanarara sudah tidak diragukan lagi, pasalnya banyak wisatawan yang datang ke Sumba Timur hanya untuk mengunjungi Bukit Tanarara. Kamu perlu mengetahui fakta menarik tentang Sumba, bahwa Sumba sering dikenal dengan sebutan “Negeri Seribu Bukit”. Hal ini karena Sumba memiliki banyak perbukitan yang indah.

Berikut ini adalah beberapa hal menarik yang harus kamu ketahui tentang Bukit Tanarara.

Keindahan Bukit Tanarara

Sumber: Instagram @jodiastriawan

Sekilas Bukit Tanarara mirip dengan bukit Teletubies. Bukit Tanarara memiliki salah satu keunikan yaitu bukit yang permukaannya diselimuti dengan rumput. Lekak lekuk yang ada pada perbukitan ini membuat pesona pemandangan di bukit ini menjadi sangat indah dan membuat bukit ini menarik untuk dikunjungi.

Bukit Tanarara konon terbentuk dari karang, hal unik ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Perlu kamu ketahui bahwa ketika liburan tiba banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang datang untuk melihat keindahan Bukit Tanarara. Pesona sunrise di Bukit Tanarara juga sangat indah, jika kamu ingin menikmati sunrise, maka kamu harus datang lebih pagi.

Sumber: Instagram @umbupraing93

Meskipun hanya perbukitan namun Bukit Tanarara memiliki udara yang sejuk loh Guys. Di Bukit Tanarara juga terdapat banyak spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan. Tidak heran jika beberapa fotografer yang datang ke tempat ini sering menghasilkan banyak foto yang bagus.

Bukit Tanarara Sekilas Mirip Grand Canyon

Sumber: Instagram @vokamo_com

Salah satu hal yang menjadi kelebihan Bukit Tanarara adalah keindahan bukit yang menyerupai Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Memang jika dilihat secara landskape Bukit Tanarara mempunyai banyak kemiripan dengan Grand Canyon.

Namun perbedaan yang menonjol antara Bukit Tanarara dan Grand Canyon adalah warna dan suasananya. Warna rumput dari Bukit Tanarara sering berubah-ubah sesuai musim, sedangkan Grand Canyon tidak pernah berubah warna dalam segala musim dan kondisi.

Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung

Sumber: Instagram @travelsatuarah

Ada baiknya kamu berkunjung ke bukit ini pada sore hari, karena jika berkunjung pada siang hari, maka panas dan terik matahari membuat suasana menjadi tidak menyenangkan. Suasana pada sore hari akan membuat kamu bisa bersantai di Bukit Tanarara, lalu pada sore hari kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam di bukit ini.

Lokasi Bukit Tanarara

Bukit Tanarara terletak di Katiku Luku, Matawai La Pawu, Kab. Sumba Timur, Prov. Nusa Tenggara Timur. Jika kamu berangkat dari kabupaten Sumba Timur, maka Bukit Tanarara berjarak sekitar 19 kilometer.

Rute Untuk Menuju Bukit Tanarara

Bukit Tanarara berjarak 68 kilometer dari Kota Waingapu. Diperlukan perjuangan yang ekstra untuk bisa trekking ke Bukit Tanarara. Kamu bisa langsung menuju Tanarara, di Desa Maubokul. Kamu bisa mengikuti rute yang disediakan oleh GPS, namun jangan sungkan bertanya kepada warga setempat ya, hal ini bertujuan agar kamu tidak tersesat ketika menuju ke lokasi wisata ini. Untuk menuju ke Bukit Tanarara, kamu juga bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4.

Harga Tiket Masuk Bukit Tanarara

Untuk memasuki Bukit Tanarara kamu tidak akan dikenakan biaya apapun. Kamu dapat masuk ke area wisata ini dengan gratis. Kamu juga bisa menyewa kendaraan untuk tiba di lokasi wisata ini, tentu opsi ini hanya bagi beberapa wisatawan yang tidak membawa kendaraan.

Tips Wisata Bukit Tanarara

Sumber: Instagram @piknikinitrip

Karena kondisi rumput di bukit ini sering berubah-ubah sesuai dengan musimnya, maka sangat disarankan kamu mengunjungi Bukit Tanarara pada musim hujan. Karena pada musim hujan, warna rumput dari Bukit Tanarara terlihat lebih hijau dan cerah.

Sumber: Instagram @_febrian

Jika kamu tidak menyukai warna coklat, maka jangan berkunjung ke bukit ini pada musim kemarau, karena pada musim kemarau rumput di perbukitan ini akan berubah warna menjadi kecoklatan.

Keindahan yang ditawarkan oleh Bukit Tanarara pasti akan membuat kamu semakin tertarik untuk mengunjungi tempat wisata perbukitan di Sumba ini. Jadikan Bukit Tanarara sebagai salah satu destinasi wisata kamu ketika kamu berkunjung ke Sumba ya Guys.

 

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…