OUR NETWORK

Bukit Tempurung Indahnya Senja di Jambi

Menikmati segala keindahan yang telah diberikan oleh Tuhan adalah sebuah kewajiban. Salah satunya adalah berkeliling Indonesia dan melihat keajaiban alam yang luar biasa sempurna. Seperti, di Pulau Sumatera yang rasanya tidak ingin kalah menghadirkan pesona menawannya yaitu bukit Tempurung yang berada di Jambi.

Sumber: Instagram @yayangseptelda98

Bukit ini memang terasa sangat spesial. Lantaran keindahannya, seakan tidak ada tandingannya. Anda benar-benar di bawa ke atas langit dengan suasana dan nuansa yang berbeda. Rasa-rasanya objek wisata ini adalah tempat yang pas untuk melepas lelah maupun penat yang hadir sepanjang hari.

Mengenal Bukit Tempurung

Objek wisata yang menjadi tujuan wajib wisatawan ini sudah diresmikan pada akhir tahun 2018. Dimana, sebelum diresmikan sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Mereka menilai, pemandangannya begitu luar biasa. Apalagi, tempat ini bisa dikatakan menjadi surganya selfi warga Kota Jambi.

Sumber: Instagram @handika.27

Jadi, siapa sih yang sanggup menolak pesona secantik Bukit Tempurung? Menariknya, pada saat upacara peresmian bukit ini. Penduduk sekitar mengadakan sebuah acara ritual keagamaan sekaligus menyambut tahun baru 2019 dengan cara yang berbeda. Dengan dzikir, doa, sholat maghrib berjamaah dan sholat subuh berjamaah di puncak bukit.

Sumber: Instagram @septiandaswandy

Sejarah mencatat sebelum menjadi sebuah bukit tempat ini menjadi titik peneropongan belanda untuk memantau seluruh keadaan desa dan wilayah sekitarnya. Hanya saja, setelah kemerdekaan teropong tersebut diambil oleh para warga. Begitu Pula dengan tugu peneropongan yang dihancurkan.

Konon katanya Tugu ini dulunya dihancurkan karena terdengar kabar bila di bawahnya tersembunyi harta karun yang ternyata tidak ada sama sekali.

Fasilitas Bukit Tempurung

Nah, tidak hanya bukit di atas awan saja yang bisa anda nikmati disini. Melainkan berbagai macam permainan anak bisa pula menjadi alasan mengapa anda harus berlama-lama di tempat ini. Selain itu, bagi anda yang suka menikmati malam bersama dengan para bintang di langit, anda bisa mendirikan tenda di area camping yang sudah disediakan.

Sumber: Instagram @bukit_tempurung

Ada juga ayunan yang menyenangkan, selanjutnya anda juga bisa menikmati olahraga panahan. Kamu hanya bisa menyewanya. Anda juga bisa bertarung dengan teman atau saudara sekaligus belajar tentang panahan.

Alamat Dan Rute Lokasi

Bukit Tempurung terletak di Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun, Jambi. Jaraknya pun cukup jauh kurang lebih 90 kilometer dari Kota sarolangun. Atau membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi anda yang menggunakan mobil waktu yang dibutuhkan akan lebih lama. Lantaran, jalanan yang harus dilalui kurang begitu ramah. Sayangnya, anda wajib menggunakan kendaraan pribadi karena belum adanya transportasi umum. Selama perjalanan, anda akan menemukan talun sebanyak tujuh tingkat dengan air murni dari perbukitan.

Harga Tiket Masuk

Baiklah, setelah anda melihat berbagai macam keseruan dan keindahan Bukit Tempurung ini. Selanjutnya akan kami bawa anda menuju ke harga tiket yang harus kalian bayangkan bila berkunjung ke tempat wisata kebanggan Kota Jambi ini.

Tiket Masuk Rp 3.500,-
Sewa Tenda Rp 50.000,-
Ayunan Rp 2.000,-/ 2 menit
Panahan Rp 2.000,-/ 10 Anak panas
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 3.000,-

Penginapan Sekitar

Sumber: Instagram @sisiulya

Penginapan adalah tempat wajib yang membuat liburan anda semakin menarik dan menyenangkan. Sayangnya, di dekat bukit Tempurung belum tersedia, penginapan sehingga, anda harus mencarinya di kabupaten sarolangun.

Salah satu rekomendasinya adalah Hotel Abadi Sarolangun. Menuju ke objek wisata ini kurang lebih 4 jam 40 menit. Di tempat ini anda akan dimanjakan dengan berbagai macam pelayanan menarik. Harganya pun cukup murah hanya 400 ribu rupiah per malam.

Sumber: Instagram @_rizafahlevi

Tempatnya sangat bersih, nyaman dan membuat anda lupa. Selain itu, penginapan ini mempunyai pelayan yang super ramah dan bersahaja. Cocok digunakan bagi anda sekeluarga yang ingin menikmati bagaimana nyamannya tinggal di kabupaten Sarolangun. Terletak di Jl. Lintas Sumatera No.1, Jambi.

Bukit Tempurung Jambi adalah keindahan nyata di atas bukit yang pemandangannya memang tidak setengah-setengah. Mengunjungi objek wisata ini adalah keharusan bagi anda yang membutuhkan tempat untuk melepas penat. Jadi, kapan kamu akan pergi ke tempat ini? Bukit Tempurung sudah menunggu anda.

 

Comments

Loading...