in

Curug Awang, Niagaranya Indonesia

Foto Dari Instagram@prawitamb

Berlibur ke daerah jawa barat memang menyenangkan. Apalagi, pergi ke Geopark Ciletuh yang seakan tidak akan pernah habis dengan tempat-tempat yang indah. Salah satu contohnya adalah Curug Awang. Dimana, panoramanya membuat kamu susah lupa.

Dilihat dari bentuknya yang memanjang. Banyak wisatawan dari mana pun sepakat menjulukinya sebagai air terjun niagara mininya Indonesia. Dengan debit airnya yang sangat deras. Menghadirkan pesona lain yang tidak akan pernah kamu bayangkan.

Mengenal Curug Awang

Sumber: phinemo.com

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat musim penghujan. Debit air sangat deras, airnya akan menutupi seluruh tebing sehingga, nama niagara mini dirasa cukup tepat. Bila kamu berkunjung di musim kemarau hanya sebagian tebing saja yang akan tampak. Tetapi, di musim ini kamu bisa menikmati dua air terjun sekaligus dengan warna jernihnya.

Daya Tarik Curug Awang

Sumber: blog.reservasi.com

Keindahan Curug Awang terlihat dengan ketinggiannya yang mencapai 40 meter. Dan mempunyai lebar kurang lebih 60 meter. Pemandangan hijau sawah dan tebing sudah bisa kamu lihat dari spot foto yang bertuliskan Curug Awang.

Bila kamu menjelajahnya saat pagi hari, kamu akan bertemu dengan para warga yang sedang menggarap sawahnya. Tidak ada salahnya untuk menyapa mereka. Karena, sebagian besar penduduk sekitar sangat ramah.

Sumber: tempatwisatadisukabumi.blogspot.com

Setelah sampai di lokasi, kamu akan disambut dengan bebatuan besar-besar yang ukurannya hampir sama dengan hewan seperti gajah atau juga kerbau. Banyak yang menyarankan untuk menikmati tempat ini dari kejauhan saja. Apalagi, saat musim penghujan. Derasnya debit air, membawa angin yang super kencang, bisa-bisa kamu akan basah kuyup.

Cara Menuju ke Titik Lokasi

Sumber: Instagram @morgan_nou

Objek wisata ini terletak di Kawasan Geopark Ciletuh,  Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Apabila kamu berangkat dari Jakarta, kamu akan menempuh waktu kurang lebih 7 jam. Jalur yang akan kamu tempuh adalah Jakarta, Bogor, Cijeruk, Cibadak, Cikidang, Pelabuhan Ratu, Simpenan, Jampang Kulon, hingga Tamanjaya. Setelah itu, melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi air terjun.

Dari area parkir menuju ke curug sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 200 meter. Disini, kamu tidak akan dikenakan biaya masuk. Hanya biaya parkir saja untuk motor 2 ribu rupiah dan untuk mobil sebesar 5 ribu rupiah.

Tips Menuju ke Lokasi

Sumber: Instagram@photojabar

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati air terjun niagara mininya Indonesia ini. Ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan. Mungkin, bisa membantu kamu selama perjalanan menikmati kawasan ini.

Pertama, bawalah bekal dari rumah. Berupa makanan dan juga minuman. Karena, di tempat ini belum banyak warung yang tersedia. Apalagi, trek yang disajikan cukup menguras tenaga.

Sumber: ladypinem.com

Jalanan menuju ke lokasi memang belum terlalu ramah. Oleh karena itu, siapkan benar kendaraanmu. Bila, kurang nyaman dikendarai lebih baik diperbaiki terlebih dahulu agar nyaman saat melibas treknya.

Jangan lupa memakai sepatu yang nyaman digunakan. Karena, jalanan berupa bebatuan harus kamu libas. Perhatikan pula treknya, jika licin jangan terlalu terburu-buru untuk sampai ke lokasi.

Penginapan Sekitar

Penginapan menjadi salah satu faktor penting menentukan kenyamanan selama menjelajah ke bagian dari Geopark Ciletuh. Salah satu rekomendasinya adalah Homestay Ibu gede Geopark Ciletuh yang jaraknya hanya 8 kilometer saja.

Tempat ini terletak di Kampung Ciloa, desa ciwaru, Kecamatan Ciemas, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Harga yang diberikan mulai dari 950 ribu rupiah.

Harga yang mahal ini dikarenakan kamu bisa membawa hingga 8 tamu sekaligus lho. Jadi, sangat disarankan bagi kamu yang membawa rombongan keluarga. Fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah AC dan kipas angin.

Bila kamu menginginkan penginapan hanya untuk 2 orang, kamu bisa memilih Villa Tenjo Gunung yang jaraknya hanya 10 km saja dari lokasi. Harganya kurang lebih 659 ribuan. Bisa untuk 3 orang dengan fasilitas televisi, air minum kemasan, televisi, dan wifi gratis 

Kesimpulan

Curug Awang menjadi bagian yang tidak boleh kamu lewatkan. Kesejukan, keindahan, dan suasananya yang masih asri menjadi sajian istimewa yang harua kamu nikmati. Jadi, kapan kamu mau mengunjungi kawasan ini?