in

Curug Cimarinjung Yang Penuh Dengan Keindahan

Sumber Gambar: Google Maps @Three Djhana

Sukabumi bisa dikatakan adalah surga wisata di Jawa Barat yang sayang untuk kamu lewatkan. Pesonanya memang tidak bisa diduakan dengan kota lainnya. Kecantikan alam yang bagaikan lukisan tersebut menjadi alasan utama, mengapa kamu harus memasukkan kota ini terutama Curug Cimarinjung di daftar paling atas tempat liburan kamu.

Titik Lokasi Dan Cara Menuju Ke Curug Cimarinjung

Lokasi Curug Cimarinjung sendiri terletak di Daerah Geopark Ciletuh. tepatnya di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bila kamu berangkat dari pusat Kabupaten Sukabumi, jarak yang harus kamu lalui kurang lebih 99 kilometer dengan waktu tempuh hampir 4 Jam lamanya. 

Akses dan jalanan yang berliku-liku menjadi penyebab utama mengapa waktu tempuhnya sangat lama. Bila tidak sabar menggunakan kendaraan. Kamu juga bisa menggunakan alternatif selanjutnya, menggunakan kapal. Tujuan pertama yang harus kamu raih adalah Pantai Palangpang.

Dari sini, sudah banyak nelayan yang menyewakan kapalnya dengan harga Rp50 ribu. kemudian, berjalan kaki sedikit dan lanjutkan menggunakan ojek yang sudah menunggu. Perjalanannya kurang lebih satu jam. Kamu bisa membayar ojeknya dengan harga Rp30 ribu. Bisa lebih murah bila, kamu pintar menawar.

Perlu diakui, jalanan yang akan kamu lewati tidak mudah. Ada banyak jurang dan juga kelokan yang cukup tajam. Jadi, perlu perhatian penuh agar tidak terjatuh. Tetapi, pemandangan bagaikan sebuah lukisan bisa menjadi penawar yang menjanjikan.

Mengenal Sekilas Curug Cimarinjung

Sumber Gambar: Instagram@reviamelia19

Curug Cimarinjung ini mempunyai tinggi kurang lebih 45 meter. Dimana, letak sebenarnya berada diantara dua desa yaitu Ciwaru dan Girimukti. Tetapi, karena aksesnya mudah dari Desa Ciwaru, banyak wisatawan yang lebih mengingat desa ini sebagai letak utama air terjun.

Objek wisata akan selalu ada di setiap waktu. Tetapi, waktu yang paling tepat mengunjungi kawasan ini adalah awal musim penghujan dan juga akhir. Debitnya sudah deras, dan tidak menyebabkan banjir mendadak. Airnya pun juga masih sangat jernih. Jadi, cocok bagi kamu yang ingin selfie-selfie disini.

Fakta Menarik Tentang Keindahan Curug Cimarinjung

Sumber Gambar: Google Maps @Avid Candra

Perpaduan alam yang tidak bisa dibohongi cantiknya. Dimana, tebing-tebing dengan lekukannya yang berwarna coklat itu menjadi pemandangan lain yang wajib kamu nikmati. Di sekitarnya, kamu juga bisa melihat pepohonan yang tumbuh rindang menghadirkan suasana asri dan teduh.

Hal lain yang tidak kalah menariknya adalah adanya dua buah batu besar yang seakan menghalangi aliran airnya. Membentuk sebuah kolam alami dan juga arus sungai yang mengesankan. Tak sedikit wisatawan memanfaatkan momen ini untuk foto-foto.

Sumber Gambar: Google Maps @UDAR1DER CHANNEL

Menariknya, di sekitar kawasan sudah terdapat warung-warung yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli berbagai macam logistik. Seperti air minum, makanan kecil, sudah tersedia pula toilet walaupun, sedikit kurang terawat. Namun, cukup bersih untuk yang tidak bisa menahan.

Masuk ke objek wisata di Sukabumi ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 3 ribu untuk sekali masuk. Masih ditambah dengan uang parkir sebesar Rp3 ribu bagi pengguna motor dan Rp5 ribu bagi yang menggunakan mobil. Bagaimana, cukup murah bukan berkunjung ke tempat ini?

Tips Mengunjungi Curug Cimarinjung

Sumber Gambar: Google Maps @Hubert Trapp

Keindahan Curug ini memang tidak ada duanya. Tetapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan bila ingin mengunjunginya. Pertama adalah waktu. Sebenarnya, tidak ada batasan waktu untuk bisa sampai ke kawasan ini. Tetapi, usahakan datang pagi maksimal siang. Kawasan geopark ini belum banyak menawarkan penerangan. 

Jadi, saat kamu pulang terlalu larut malam akan sangat berbahaya. Dengan kondisi gelap, apalagi saat musim penghujan, jalanan kebanyakan licin. Bila kamu hendak menginap, sebaiknya, pilih penginapan yang dekat dengan kawasan ini. Maklum saja, di tempat ini memang belum dibangun penginapan. Sehingga, kamu harus mencarinya sendiri.

Sumber Gambar: Google Maps @Oktaviandry

Terakhir, jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya. Ingat, sampah bisa merusak alam dan lingkungan. Bila itu terjadi, alam akan murka dan akibatnya, manusia yang tak bersalah menjadi korban karena, keganasannya. Jadi, hargai lingkungan dengan buang sampah pada tempatnya ya.

Kesimpulan

Curug Cimarinjung adalah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Sukabumi. Menghadirkan panorama yang tidak biasa. Tidak heran bila banyak wisatawan yang datang silih berganti menyaksikan keajaiban yang diturunkan Tuhan untuk Sukabumi.